Efek Mediating Etika Kerja Auditor Terhadap Hubungan Antara Independensi Dan Kompetensi Dengan Komitmen Profesi

Fauzan Akbar Albastiah, Fauzi Isnaen

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris Efek Mediating Etika Kerja Auditor terhadap hubungan antara Kompetensi dan Independensi dengan Komitmen Profesi”. Metode pendekatan pada penelitian menggunakan metode kuantitatif dan alat olah data yaitu SPSS, Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di wilayah DKI Jakarta.. Data dianalisis menggunakan Analisa Jalur (Path Analysis) dengan model persamaan struktutal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung Independensi dan Etika Kerja Auditor berpengaruh positif terhadap Komitmen Profesi, sedangkan Kompetensi tidak berpengaruh signifikan terhadap Komitmen Profesi. Penelitian juga menunjukkan bahwa Kompetensi berpengaruh positif terhadap Etika Kerja Auditor, sedangkan Independensi tidak berpengaru signifikan terhadap Etika Kerja Auditor. Kemudian dalam penelitian ini menghasilkan bahwa Etika Kerja Auditor memediasi parsial hubungan antara Kompetensi dan Komitmen Profesi, sedangkan Etika Kerja Auditor tidak memediasi hubungan antara Independensi dan Komitmen Profesi. Keterbatasan pada penelitian ini yaitu terletak pada penggunaan variabel penelitian yang masih memungkinkan peneliti-peneliti yang baru untuk menambahkan variabel-variabel yang lain untuk diteliti. Impilkasi penelitian ini untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan berkaitan dengan efek mediating etika kerja auditor terhadap hubungan antara independensi dan kompetensi dengan komitmen profesi, sehingga informasi yang ada pada hasil penelitian bisa digunakan oleh kantor akuntan public sebagai acuan dalam menjalankan aktivitas.

Keywords


Independensi, Kompetensi, Etika Kerja Auditor dan Komitmen Profesi.

Full Text:

PDF

References


Agoes, S. (2017). Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik 1.

Aji, B. B., & YUYETTA, E. N. A. (2010). Analisis dampak dari locus of control pada tekanan kerja, kepuasan kerja, dan kinerja auditor internal. Universitas Diponegoro.

Albastiah, F. A., & Isnaen, F. (2021). Efek Mediating Etika Kerja Auditor Terhadap Hubungan Antara Independensi Dan Kompetensi Dengan Komitmen Profesi (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di DKI Jakarta Tahun 2019). Al-Mal: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 2(01), 17–38.

Alfianto, S., & Suryandari, D. (2015). Pengaruh Profesionalisme, Komitmen Organisasi dan Struktur Audit terhadap Kinerja Auditor. Accounting Analysis Journal, 4(1).

Arens, A. A., Elder, R. J., & Beasly, M. S. B. (2017). Auditing and Assurance Service An Integrated Service. Terjemahan Herman Wibowo, Jakarta PT Raja Grafindo Persada.

Ariyanto, D., & Jati, A. M. (2010). Pengaruh Independensi, Kompetensi, Dan Sensitivitas Etika Profesi Terhadap Produktivitas Kerja Auditor Eksternal (Studi Kasus Pada Auditor Perwakilan Bpk Ri Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 5(2).

Christine, C. d. (2011). Responsible Leadership for Audit Quality, How dothe Big Four Manage The Personal Ethics OfTheir Employees?. Journal. .

Cohen, S. (1980). Aftereffects of stress on human performance and social behavior: a review of research and theory. Psychological Bulletin, 88(1), 82.

Curtis, M. B., Conover, T. L., & Chui, L. C. (2012). A cross-cultural study of the influence of country of origin, justice, power distance, and gender on ethical decision making. Journal of International Accounting Research, 11(1), 5–34.

DeCenzo, D. A., Robbins, S. P., & Verhulst, S. L. (2016). Fundamentals of human resource management. John Wiley & Sons.

Dewangga, A. a. (2015). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap audit report lag. " Diponegoro Journal Of Accounting 4.3 , 40-47.

Direktori IAPI, D. (2017).

Gorys Keraf, D. (2009). Diksi dan gaya bahasa. Gramedia Pustaka Utama.

Heider, F. (1958). The naive analysis of action.

Heider, F. (1958). The naive analysis of action.

Ivancevich, J. K. (2014). Organizational behavior and management Management. Tenth Edition. McGraw Hill.

Kurnia, W., Khomsiyah, K., & Sofie, S. (2014). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Tekanan Waktu, dan Etika Auditor terhadap Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi Trisakti, 1(2), 49–67.

Kusuma, N. F. B. A. (2012). Pengaruh Profesionalisme Auditor, Etika Profesi dan Pengalaman Auditor terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(3).

Mangkunegara, A. A. A. P. (2011). Manajemen sumber daya manusia perusahaan.

Messier, W. F., Glover, S. M., & Prawitt, D. F. (2011). Auditing and Assurance Service: a systematic approach. Eight Edition. Salemba Empat. Jakarta.

MM, T. Y. (2010). Perilaku organisasi.

Mulyadi. (2008). Sistem akuntansi. Jakarta : Salemba Empat.

Munawir, S. (1986). Analisa laporan keuangan.

Nasution, A. P. (2018). Pengaruh Independence In Fact & Independence In Appearance Dalam Mempertahankan Sikap Independensi Pada Internal Auditor Badan Pengawas Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 8(1), 154–164.

Nugraha, I. B. S. A., & Ramantha, I. W. (2015). Pengaruh profesionalisme, etika profesi dan pelatihan auditor terhadap kinerja auditor pada kantor akuntan publik di bali. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 13(3), 916–943.

Nuruzzaman, M., & Arifin, M. (2008). Evaluasi Atas Akuntansi Piutang Dan Kaitannya Atas Penyajian Laporan Keuangan Studi kasus pada PT. Sinar Sosro. Jurnal Ilmiah Kesatuan Nomor, 10(69), 1.

Purba, S., Astuti, A., Gulo, J., Nur, N. K., Hastuti, P., Boy, E., Mawati, A. T., Noradina, N., Hasnidar, H., & Muttaqin, M. (2020). Etika Profesi: Membangun Profesionalisme Diri. Yayasan Kita Menulis.

Putri, C. D. (2013). Pengaruh Corporate Governance Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Di Dalam Sustainability Report (Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi, 1(3).

Putri, R. F., Maksum, A., & Abubakar, E. (2013). Pengaruh Persepsi Profesi, Kesadaran Etis dan Independensi Auditor Terhadap Komitmen Profesi Akuntan Publik di Kota Medan. Jurnal Telaah Dan Riset Akuntansi, 6(2), 140–149.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.

Rahayu, T., & Suryono, B. (2016). Pengaruh independensi auditor, etika auditor, dan pengalaman auditor terhadap kualitas audit. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(4).

Robbins, S. P. (2017). "Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba empat.

Safira, K. (2018). Pengaruh komitmen organisasi, profesionalisme, dan perilaku etis terhadap kinerja internal Auditor dengan kepuasan kerja sebagai variabel

Safiâ, T. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Audit Judgement. Accounting Analysis Journal 4.4.

intervening pada Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Universitas Bangka Belitung.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. john wiley & sons.

Sudja, I. N., & Kusmaningtyas, A. (2013). Pengaruh kompetensi, kepemimpinan diri, sistem penghargaan, lingkungan kerja, terhadap komitmen pada profesi dan profesionalisme guru SMA Negeri di Bali. DIE, Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 9(2), 102–194.

Tuanakotta, T. M. (2015). Audit kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/al-mal.v2i01.7685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
Al-Mal: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.