UPAYA PEMBINAAN ROHANI DAN MENTAL

Firdaus Firdaus

Abstract


Mental adalah semua unsur-unsur jiwa termasuk pikiran, emosi, sikap (attitude) dan perasaan yang dalam keseluruhan dan kebulatannya akan menentukan corak laku, cara menghadapi suatu hal yang menekan perasaan, mengecewakan atau menggembirakan, menyenangkan. Setiap makhluk yang dianugerahi potensi ruh, hati dan akal di dunia ini memiliki fitrah untuk mengabdi kepada Sang Pencipta alam semesta. Makhluk itu adalah dari bangsa Jin dan manusia. Manusia sebagai makhluk individu memiliki unsur jasmani dan rohani. Unsur fisik yaitu berupa jasmani (raga) dan unsur psikis berupa rohaninya (jiwa). Jika unsur tersebut sudah tidak menyatu lagi maka seseorang tidak dapat disebut sebagai individu lagi. Kedua unsur tersebut harus berjalan dengan seimbang dan harus tercukupi pemenuhannya. Kedua unsur tersebut dapat terganggu dengan adanya penyakit, khususnya penyakit rohani. Penyakit rohani tersebut tentunya akan sangat berpengaruh kepada kesehatan jasmani seseorang, serta akan berpengaruh pula pada keadaan sosialnya.

Keywords


Pembinaan, Rohani, Mental

Full Text:

PDF

References


Ahmad Thib Raya dan Siti Musdah Mulia, 'Menyelami Seluk-Beluk Ibadah dalam Islam'. Jakarta Timur : Kencana, 2003 Aliah B. Purwakania Hasan, Pengantar Psikologi kesehatan Islami, Jakarta: Rajawali Press, 2008 Ali Aziz, 60 Menit Terapi Shalat Bahagia, Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2013 Aisyah Abdurrahman Bintusy Syathi‟, Manusia Sensitivitas Hermeneutika Al-Qur‟an, terj. M. Adib al-Arief , Yogyakarta: LKPSM, 2005 Djalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta, Raja Grafindo, 1997 Kartini Kartono, Hygiene mental dan kesehatan mental dalam Islam, Bandung: Mandar Maju, 1989 M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur‟an: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan, 2007 Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada 2011.

Muhammad Utsman Najati, Psikologi dalam Al-Qur‟an: Terapi Qur‟ani dalam Penyembuhan Gangguan Kejiwaan, terj. M. Zaka al-Farisi, Bandung: Pustaka Setia, 2005 Pusat Pembinaan & Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989 Purwa Atmaja Prawira, Psikologi Kepribadian Dengan Perspektif Baru, Jogjakarta: Ar – Ruzz Media, 2006 Rudhy Suharto, Revolusi Ruhani:''Islam dan Kesehatan Jiwa'', Jakarta: Pustaka Intermasa, 2002 Siti Musdah Mulia, Menyelami Seluk Beluk Ibadah Dalam Islam,. Jakarta: Prenada Media, 2003 Toto Tasmara, Kecerdasan Ruhaniah (Transcendental Intelligence):Membentuk Kepribadian yang Bertanggung Jawab, Profesional, dan Berakhlak., Jakarta: Gema Insani Press. 2001 Yusria Ningsih, Kesehatan Mental, Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2011 Yahya Aziz, Manis Taubatnya Peselingkuh, Surabaya: Menara Madinah, 2013 Zakiah Daradjat, Pendidikan Agama Dalam Pembinaan Mental, Jakarta: Bulan Bintang, 1982




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v9i1.1410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.