KONFLIK DAN INTEGRASI SOSIAL (Telaah Buku A. Malik MTT berjudul “Pura dan Masjid; Konflik dan Integrasi

Kiki Muhamad Hakiki

Abstract


Buku yang ada dihadapan kita ini adalah merupakan hasil penelitain terkait dengan konflik dan integrasi sosial yang berada di masyarakat etnis suku Tengger. Dilihat dari pembahasannya, buku ini berupaya mengelaborasi dua permasalahan besar; Pertama, apa yang menyebabkan konflik pada masyarakat suku Tengger?. Kedua, apakah faktor-faktor pemicu konflik itu juga dapat menumbuhkan integrasi pada masyarakat Tengger?. Dari hasil penelitian dengan menggunakan teori konflik ditemukan bahwa konflik yang terjadi di Tengger dominan terjadi karena faktor pemahaman terhadap agama yang berbeda meskipun juga faktor lainnya seperti (motif ekonomi, politik, budaya) juga ikut menjadi pemicu. Faktor-faktor penyebab konflik itu juga ditemukan dengan analisa pendekatan teori fungsionalisme struktural ternyata dapat menumbuhkan integrasi sosial antar masyarakat suku Tengger.

Keywords


Konflik, Integrasi sosial, Masyarakat Tengger

Full Text:

PDF

References


A. Malik MTT, Pura dan Masjid; Konflik dan Integrasi Pada Suku Tengger Kec. Sumber Kab. Probolinggo, (Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Departemen Agama RI, 2007). Atho’ Mudzhar, “Masjid dan Bakul Keramat; Konflik dan Integrasi di Bugis Amparita”Ujung Pandang, Pusat Pelatihan Penelitian Ilmu-ilmu Sosial Universitas Hasanuddin. Clifford Geertz, Agricultural Involution, Penj. Supomo, (Jakarta: Bharataraka , 1997). George Ritzer, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Penyadur. Alimandan, (Jakarta: Rajawali, 1985). Ian Craib, Modern Sosial Theory; From Parson to Hebermas, Penj. Paul S. Baut dan T. Effendi (Jakarta, Rajawli, 1992). K.J. Veeger, Kumpulan Materi Seminar Evaluasi Hasil Penelitian Budaya Masyarakat Tengger, Pusat Penelitian Madura, Jawa dan Nusantara, Universitas Jember. Nency J, Smit Hefner dan Robert Hefner, Masyarakat Tengger dalam Sejarah Nasional Indonesia, Nasional Science Fundation, USA, t.t. _______, Japa Mantra Hindu Kuna dalam Tradisi Tengger, Boston: Departemen Antropologi, Institut Pertanian Bogor, 1985.

Robert W. Hefner, Hindu Javanese: Tengger Tradition and Islam, New Jersy, Published by Princenton University Press, 1985. Robert W. Hefner, Ritual dan Cultural Religions of Java reproduction in Non Islamic Java, American Ethnologis. Robert W. Hefner, Geger Tengger: Perubahan Sosial dan Perkelahian Politik, Penj. Wisnuhardana dan Imam Ahmad, LKiS Yogyakarta, 1987. Simanhadi Widyaprakoso, Masyarakat Tengger: Latar Belakang Daerah Taman Nasional Bromo, Kanisius, Yogyakarta, 1994 Stephen K. Sanderson, Macro Sosiology, Penj. Farid Wajdi, (Jakarta: Rajawali, 1993) Supriyono, Dibalik Keindahan Gunung Bromo, Probolinggi Jawa Timur, 1991.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v9i2.1414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.