PENYIARAN AGAMA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Manajemen Dakwah)

Suhandi Suhandi

Abstract


Cukup banyak metode yang telah dikemukakan dan dipraktikkan oleh para da‟i dalam menyampaikan dakwah, seperti ceramah, diskusi, bimbingan dan penyluhan, nasihat, panutan dan sebagainya. Dan tentu saja semuanya dapat diterapkan sesuai dengan sistuasi dan kondisi yang dihadapi. Namun demikian, metode bukanlah satu-satunya nyang dapat menetukan tingkat keberhasilan suatu dakwah yang dilakukan, keberhasilan dakwah juga ditunjang dengan berbagai aspek lainnya; seperti kepribadian (kekharismatikan) seorang da‟i, materi yang disampaikan, kondisi objek dakwah (audience), kondisi tempat dan sarana lainnya yang dapat mendukung kegiatan dakwah.

Keywords


Dakwah, Metode,Doktrin

Full Text:

PDF

References


Dimyati Ahmad, Integrasi Dana dan Dakwah Bil Lisan, Suara Muhammadiyah, 1992),. Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002. Ghazali Bahri, Dakwah Komunikatif (Membangun Kerangka Dasar Ilmu Komunikasi), , CV. Pedoman Ilmu Jaya, Jakarta, 1995. H.M.S. Nasaruddin Latif, Teori dan Praktek Dakwah Islamiyah, Firma Dara, Jakarta, tt. Harun Nasution, Islam Rasional: Gagasan Dan Pemikiran, Mizan, Bandung, 1998.

Isbandi Rukminto Adi, Pemikiran-Pemikiran dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ekonomi UI Jakarta, 2002 Ismail R. Faruqi, Menjelajah Atlas Dunia Islam, Mizan, Bandung, 2001. Kuswoto Agus Toha, Komunikasi Islam dari Zaman ke Zaman, Arikha Media Cipta, Jakarta, 1990. M. Munir, Manajemen Dakwah, Kharisma Putra Utama, Jakarta, 2009. M. Syafaat Habib, Buku Pedoman Dakwah, Cet I, Wiajaya, jakarta, 1992. Majma‟ al-Lughah al-„Arobiyah, 1972. Moh. Ali Aziz, Ilmu Dakwah, Trenada Media, Jakarta, 2004. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur‟an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyrakat, Mizan, Bandung, 1992. Syamsuri Shiddiq, Dakwah dan teknik berkhutbah, Al-Ma’arif, Bandung, 1975. Syukir Asmuni, Dasar-Dasar Setrategi Dakwah Islam, Al-Ikhlas, Surabaya, 1983.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v9i2.1418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.