MODERNISASI DALAM PERSPEKTIF PERUBAHAN SOSIAL

Ellya Rosana

Abstract


Masyarakat senantiasa berubah, dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat merupakan hal yang wajar dan tidak dapat dihindari, walaupun perubahan pada masyarakat yang satu akan berbeda dengan perubahan pada masyarakat yang lain. Demikian halnya dengan proses modernisasi. Modernisasi pada masyarakat tertentu akan berbeda dengan masyarakat yang lain baik dari prosesnya maupun pada penerimaannya, tergantung dari kebutuhan dan keinginan dari masyarakatnya. Perubahan yang terjadi karena proses modernisasi akan membelenggu masyarakat pada budaya konsumtif, hedonisme, dan lain sebagainya. Modernisasi merupakan salah satu bentuk perubahan sosial masyarakat dari masyarakat tradisional menuju masyarakat yang maju mengikuti perkembangan masyarakat lainnya yang dianggap lebih dahulu maju. Masyarakat pun harus cerdas dalam memilih mana dari proses modernisasi tersebut yang akan dapat merubah masyarakat ke arah yang lebih baik, sehingga manfaat dari modernisasi tersebut dapat dirasakan.

Keywords


Modernisasi, Perubahan Sosial

Full Text:

PDF

References


Abdulsyani, Sosiologi Skematika Teori dan Terapan, Jakarta: Bumi Aksara, 1994. Etzioni, Halivy, Eva, dan Amitai Etzioni (ed), Social Change : Sources, Patterns, and Concequences, Edisi Ke-2, Basic Books: New York, 1971. Fakih, Mansour, Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi, Yokyakarta: INSISTPress, 2009. Leibo, Jefta, Sosiologi Pedesaan Mencari Strategi Pembangunan Masyarakat Desa Berparadigma Ganda, Yogyakarta: Andi Offset, 1995. Light, Donald, Suzanne Keller, dan Craig Cahlohun, Sociology, Alfred A. Knopf (edisi ke-5), New York, 1989. Moore, Wibert E., Sociale Verandering dalam Social Change, diterjemahkan oleh A. Basoski, Prisma Boeken, Antwepen: Utrecht, 1965.

Robert H. Lauer, Perspektif Tentang Perubahan Sosial, Jakarta : Rineka Cipta, 1993. Soekanto, Soerjono, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1990. Soemardjan, Selo dan Soeleman Soemardi, Setangkai Bunga Sosiologi, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1964. Sugihen, Bahreint T, Sosiologi Pedesaan (Suatu Pengantar), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997. Sunarto, Kamanto, Pengantar Sosiologi, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004. Sztompka Piotr, Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: Prenada Media, 2004. Tumun, Melvin M., Competing Status systems dalam Labor Commitment and Social Change, ed. Moore and Feldman. Wulansari, Dewi, Sosiologi Konsep dan Teori, Bandung: Refika Aditama, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v10i1.1423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.