PERAN KELUARGA MENURUT KONSEP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM

https://doi.org/10.24042/ajsla.v10i1.1426

Khoiriyah Ulfa

Abstract


Perkembangan pada masa anak merupakan periode yang cepat serta terdapat perubahan dalam banyak aspek perkembangan. Pengalaman masa kecil mempunyai pengaruh yang kuat terhadap perkembangan berikutnya. Pengetahuan tentang perkembangan anak dapat membantu mereka mengembangkan diri dan menemukan pengalaman baru serta mampu memecahkan masalah yang dihadapinya melalui pemahaman tentang factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Bagi kebanyakan anak, lingkungan keluarga merupakan lingkungan pengaruh inti, setelah itu sekolah dan kemudian masyarakat. Berdasarkan aliran diatas bahwa konsep kepribadian perspektif Islam akan lebih dekat pada aliran kovergensi yang tidak mengabaikan konsep fitrah. Adapun kedekatannya, adalah bahwa Islam menegaskan kepribadian manusia memiliki fitrah dan sumber daya insani, serta bakat-bakat bawaan, meskipun semua itu masih merupakan potensi yang mengandung berbagai kemungkinan.

Keywords


Peran Keluarga, Perkembangan Kepribadian, Psikologi Islam

Full Text:

PDF

References


Abdul Mujib. Fitrah dan Kepribadian Islam; Sebuah Pendekatan Psikologis. Cet.I; Jakarta: Darul Falah, 1999. Ahmad D. Marimba. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Cet. VIII: Bandung: PT. Al-Ma‟arif, 1989. Baharudddin. Psikilogi Pendidikan:Refleksi Teoritis terhadap fenomena . Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci al-Qur‟an, 1992. Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balain Pustaka, 2002. D.P.,Cassell‟s Latin Dictionary. New York: Mac Millan Publishing Co, 1982. Fuad Ikhsan. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Putra, 2005. Gunadarsa dan Singgih. Psikologi untuk keluarga. Jakarta : Gunung Mulia, 2007. Jahya Judrik. Psikologi Perkembangan. Jakarta:Prenadamedia Group, 2011. M. Nasir Budiman. Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an . Cet.I; JakartaL Madani Press, 2001. M. Napis Djueni. Kamus Kontemporer Istilah Politik-Ekonomi Indonesia Arab Cet. I; Bandung: Teraju, 2005. M. Quraish Shihab. Menabur Pesan Ilahi; Al-Quran dan Dinamika Kehidupan . Cet. I; Jakarta: Lentera Hati, 2006. M. Quraish Shihab. Tafsir al-Misbah; Pesam, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. volume I Cet. VI; Jakarta: Lentera Hati, 2006. Papalia Diane.,et al. Human development (psikologi perkembangan). edisi 9. alih bahasa: Anwar, A.K. Jakarta : Kencana, 2008.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam Cet. I; Jakarta: Kalam Mulia, 1994. Suparno, paul. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius 2001. Syamsu Yusuf. Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Rineka Cipta, 2006. 2001. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional . Cet. I; Bandung: Fokusmedia, 2003. Umar Tirharahardja dan La Sula, Pengantar Pendidikan, Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 1996. Zakiyah Daradjat. Pendidikan Agama dan Akhlak bagi anak dan remaja. Jakarta: PT logos Wacana Ilmu, 2001.




DOI: https://doi.org/10.24042/ajsla.v10i1.1426

Article Metrics

Abstract views : 913 | PDF downloads : 644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.