PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KOMUNIKASI INTERPERSONAL

M. Nasor

Abstract


Kehidupan manusia akan selalu berinteraksi dan melakukan komunikasi (termasuk komunikasi interpersonal) dengan orang lain. Melalui komunikasi interpersonal akan selalu terjadi tatap muka yang lebih mudah dalam menyampaikan pesan. Fokus komunikasi interpersonal dalam praktiknya terdapat empat arus untuk membangun masyarakat/sumber daya manusia yaitu: memberikan infomasi/nasehat pada masyarakat atas dan bawah, membangun keberlangsungan antara orang-orang yang berada pada level yang sama dalam sebuah komunitas, dan membangun keberlangsungan antara orang-orang yang berbeda pada level yang sama dalam sebuah komunitas. Pemberdayaan masyarakat yang memiliki pribadi yang luhur membutuhkan proses pembelajaran tertentu dan porses ini tidak akan berjalan tanpa komunikasi (interpersonal) antara penentu kebijakan dengan kliennya yang disiapkan untuk menjadi masyarakat yang mandiri. Jadi dapat dipahami, kontribusi komunikasi interpersonal dalam pemberdayaan masyarakat memiliki akhlakul karimah sangatlah besar. Masyarakat tidak akan bisa menjadi kader pemberdayaan yang layak dibutuhkan oleh masyarakat mestinya tidak menafikan komunikasi interpersonal. Jenis komunikasi ini dapat berjalan secara baik dan terus menerus, dapat dikatakan bahwa penentu kebijakan dalam pemberdayaan masyarakat akan memperoleh hasil yang memuaskan.

Keywords


Pemberdayaan Masyarakat, Kebijakan Sosial, dan Komunikasi Interpersonal.

Full Text:

PDF

References


Alexander, What Is Communication?, Journal of Communication, New York, 1989. Berelson, Bernard and Garry A. Steiner, Human Behavior: An Inventory of Scientific Finding, New York: Harcout Brace Javanovich, 1964. Calhoun, James, F., Psichology of Ajusment and Human Relationship, terj. Ny. RS. Satmoko, Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan, Semarang: IKIP Press, 1995.

Effendy, Onong Uchjana Effendy, Teori dan Praktek Ilmu Komunikasi, Bandung: Mandar Maju, 2006. Fattah, Nanang, Landasan Menejemen Pendidikan, Bandung: Remaja Karya, 2003. Fisher, Aubrey, Teori-Teori Komunikasi, Penyunting Jalaluddin Rakhmat, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1986. Hasan, Muhammad Tolhah, Islam & Masalah Sumber Daya Manusia, Jakarta: Lantabora Press, Jakarta, 2005. Herawati, Tin, Program-Program Pemberdayaan Keluarga, Bogor: Pembekalan Kuliah FEMA IPB, 2013. Hokenstad, M.C. Khinduka S.K., and James Midgley, Profiles in International Social Work, Washington D.C: NASW Press, 1977. Indrajit, Wisnu dkk., 2014, Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Gagasan Manajemen Pengembangan Masyarakat Untuk Memutus Mata Rantai Kemiskinan, Malang: Intans Publishing, 2014. Lunandi, A.G. Meningkatkan Efektifitas Komunikasi Antarpribadi, Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2001. Mar’at, Sikap Manusia, Perubahan dan Pengukurannya, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1982. Padangaran, Ayub M. Manajemen Proyek Pengembangan Masyarakat, Konsep, Teori, dan Praktek, Kendari: Unhalu Press, 2011. Spicker, Paul, Social Policy: Themes and Approaches, London: Prentice-Hall, 1995. Suharto, Edi, Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat, Bandung: Refika Aditama, 2010. Supratiknya, Komunikasi Antarpribadi dan Tinjauan Psikologis, Kanisius: Kanisius, 2010. Tim Penyususn, Community Based Research Sebuah Pengantar, Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel, 2015. Trenholm, Sarah and Arthur Jensen, Interpersonal Communication, California: Wadsworth Publishing Company Inc., 2006. Widjaja, AW. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi, Jakarta: Bina Aksara, 2004. Winami, Tir, Memahami Pemberdayaan Masyarakat Desa Partisipatif, Yogyakarta: Aditya, 1998.

Wiryanto, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Gramedia, 2004. Wright, Charles R., Sosiologi Komunikasi Massa, Penyunting Jalaluddin Rakhmat, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1986.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v11i1.1435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.