HINDU, PLURALITAS DAN KERUKUNAN BERAGAMA

Firdaus Firdaus

Abstract


Pluralitas adalah fakta sosial yang tak terelakkan. Sayangnya, dalam konstelasinya tidak hanya melahirkan kerjasama tetapi juga konflik. Wacana-wacana analitik menjadi sebuah gagasan yang rasional sebagai upaya preventif dan ekpektasif. Dalam kontek kerukunan beragama, partisipasi teorik dan praksis dari elemen agama menjadi signifikan dan efektif. Persamaan persepsi tentang pluralitas menjadi titik tolak penting dalam menentukan langkah-langkah strategis berikutnya. Karenanya, dialog agama adalah jalan yang ideal untuk saling mengenal dan memahami masing-masing pihak. Dari sanalah, mutiara-mutiara kebijakan terwacanakan, terungkap dan menjadi referensi penting untuk mewujudkan ekspektasi kolektif. Isu pluralitas dan kerukunan sungguh berada dalam tantangan bagi agama-agama, termasuk Hindu.

Keywords


Hindu, Pluralitas, Kerukunan Beragama

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI, Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Kehidupan Keagamaan, Kompilasi Peraturan Perundang-undangan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta, 2007. Hakim, Lukman, “Pandangan Islam tentang Pluralitas dan Kerukunan Umat Beragama dalam Konteks Bernegara”. Jurnal Multikultural & Multireligius, Harmoni, Vol.X, Nomor 1, Januari-Maret 2011. Kusumohamidjojo, Budiono. 1999. Kebhinekaan Masyarakat Indonesia, Suatu Problematik Filsafat Kebudayaan. Jakarta:Gramedia, 1999. Ma’arif, A. Syafi’i dkk. Politik Identitas dan Masa Depan Pluralisme Indonesia. Jakarta: Paramadina, 2010. Morales, Frank Gaetano. Semua Agama Tidak Sama. Jakarta:Media Hindu, 2006. Mubarok, Husni, “Memahami Kembali Arti Keragaman: Dimensi Eksistensial, Sosial dan Institusional”. Jurnal Multikultural & Multireligius, Harmoni, Vol.IX, Nomor 35, Juli-September 2010. Nasikun. Sistem Sosial Indonesia. Jakarta: Grafindo Persada, 1995. Nasution, Harun. Islam Rasional:Gagasan dan Pemikiran. Bandung: Mizan, 1995. Nietzsche, F. “Sabda Zarathustra”, diterjemahkan oleh Sudarmaji dan Ahmad Santoso. Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2000. Prabhupada, AC Bhaktivedanta Swami. Bhagavad-gita Menurut Aslinya. Jakarta : Hanuman Sakti, Lisensi The Bhaktivedanta Book Trust International, Inc., 2006. Pudja, G. Bhagawad Gita (Pancama Veda). Surabaya: Paramita, 1999. Siwananda, Sri Swami. Intisari Ajaran Hindu. Surabaya: Paramita, 2003. Titib, I Made. Veda Sabda Suci (Pedoman Praktis Kehidupan). Surabaya: Paramita, 1998.

Titib, I Made. Keutamaan Manusia dan Pendidikan Budhi pekerti. Surabaya: Paramita, 2004. Vivekananda, Swami. 2005. “Hindu dan Agama Universal (Bunga Rampai Pemikiran dan Kisah Swami Vivekananda”, diterjemahkan oleh Hira D. Ghindwani, Jakarta: Media Hindu, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v11i1.1440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.