OPTIMALISASI FUNGSI RADIO SEBAGAI MEDIA DAKWAH

M. Nasor

Abstract


Suara radio merupakan perubahan bentuk energi elektromagnetik dari gelombang radio yang ditangkap oleh pesawat radio, kemudian diubah melalui loudspeaker (pengeras suara) menjadi energi bunyi sehingga bisa kita dengar. Suara radio bisa berisi tentang siaran agama/dakwah, hiburan (musik dan humor), pendidikan, berita, iklan, dan lainnya. Dakwah yang memiliki tujuan seperti di atas sehingga berhasil dengan baik, sudah tentu membutuhkan seperangkat media. Dari berbagai media massa tersebut, radio merupakan salah satu media massa yang digemari oleh masyarakat, karena beritanya dapat didengar langsung oleh pendengar. Media massa ini sangat banyak memberikan kontribusi dan pengaruh yang besar terhadap perkembangan dakwah pada masyarakat. Radio telah banyak andil, fungsi, dan peran aktifnya dalam kegiatan dakwah, baik aspek pengembangan maupun pada aspek pengamalan ajaran Islam/dakwah pada masyarakat.

Keywords


Optimalisasi, Fungsi Radio, dan Media Dakwah

Full Text:

PDF

References


Appleboum L. Ronald and Anatol W.E. Karl, 1974, Strategies For Persuasive Communication, Bell & Howell C., Ohio. Arief S. Sadiman, dkk. 2012, Radio dan Media Teknologi Sebagai Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta. Assegaff, Ja’far H, 1982, Hubungan Masyarakat Dalam Praktek, Ghalia Indonesia, Jakarta. Bungin, Burhan, 2006, Sosiologi Komunikasi, Kencana Prenada Media Group, Jakarta. Depag. RI, 1993, Al-Qura’an dan Terjemahnya, Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir, Jakarta. Depari, Erward, 1978, Peranan Komunikasi Massa Dalam Pembangunan, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Downloads, www.geogle.com Kredibiltas Da’i Dalam Penyiaran Radio,Tanggal 15 September 2011.

Downloads, www.geogle.com, Karakteristikkekuatan Dalam Penyiaran Radio, Tanggal 15 Desember 2015).

Downloads, www.geogle.com, Karakteristik Dalam Penyiaran Radio, Tanggal 19 September 2015). Effendy, Onong, 1983, Human Relation dan Publik Relations Dalam Menejemen, PT Alumni, Bandung. Eni Maryani, 2011, Media Dan Perubahan Sosial Suara Perlawanan Melalui Radio Komunitas, Penerbit Rosda Karya, Bandung.

Everett M. Roger, 1969, Modernization Among Peason; The Impact of Communication, Holt, Rinehart and Wiston Inc., New York. Krech, David, Cruthfild, Richard, 1962, Individual In Society, A Text Book of Social Psycology, MC. Grow Hill Kogokusha LTD, Tokiyo. Malik, Deddy Djamaluddin dan Yasel Iriyanta, 1994, Komunikasi Persuasif, Rosyda Karya, Bandung. Mar’at, 1982, Sikap Manusia, Perubahan, serta Pengukurannya, Ghalia Indonesia, Jakarta. Morrisan, 2014, Periklanan Radio-Komunikasi Pemasaran Terpadu, Penerbit Kencana Prenadamedia Group, Jakarta. Nasor, 1993, Ilmu Jurnalistik I, Percetakan Gunung Pesagi, Bandar Lampung. Nazaruddin, 1974, Pers, Radio, Film, dan Televisi, Penerbit Erlangga, Jakarta. Yosep Ilardo, 1981, Speaking Persuasively, Mc. Millan




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v12i1.1447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.