PSIKOLOGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN DAKWAH DA’I DI MASJID FAJAR IKHLAS KELURAHAN SUMBEREJO KECAMATAN KEMILING

Yunidar Cut Mutia Yanti

Abstract


Psikologi komunikasi menjelaskan tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan melakukan pendekatan kejiwaan terhadap mad’u nya. Karena dengan menguasai psikologi komunikasi, seorang da’i dapat menyesuaikan materi dan cara penyampaian dakwah terhadap mad’u nya. Sehingga dapat terjadi dakwah yang efektif. Atas hal tersebut seorang da’i harus menggunakan ilmu psikologi komunikasi yang baik agar mampu memahami keadaan atau kejiwaan dari mad’u nya. Karena pada dasarnya kejiwaan seseorang berbeda-beda, oleh karena itu diperlukan cara berkomunikasi atau menyampaikan pesan dengan cara-cara yang berbeda pula. Sehingga akan terjadi dakwah yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah para da’i dan anggota Majelis Fajar Ikhlas. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Da’i di Masjid Fajar Ikhlas para Da’i belum sepenuhnya menggunakan ilmu Psikologi Komunikasi, oleh karena itu dakwah yang disampaikannya kurang efektif.


Keywords


Psikologi, Komunikasi, Da’i, Dakwah

Full Text:

PDF

References


Awaludin Pimay, dalam Hand Out.Pengantar Ilmu Dakwah.

Cholid Naburko dan Abu Achmadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Fariza Makmun, Dakwah Pembangunan, Lampung:Pusikamla, 2009.

Hafied Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Jalaludin Rakhmat, Psikologi Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Kiki Muhamad Hakiki dan Zaenal Muttaqien, Konflik dan Integrasi Sosial (Telaah Buku A. Malik MTT berjudul “Pura dan Masjid; Konflik dan Integrasi Pada Suku Tengger Jawa Timur), Al-AdYaN/Vol. IX, N0. 2/Juli-Desember/2014

Lalu Muchsin Effendi dan Faizah, Psikologi Dakwah, Jakarta: Kencana, 2006.

Lexy J. Moeleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

M. Hasan Iqbal, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Onong Uchjana Efendi, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

P. Joko Subagyo, Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Sumanto, Teori dan Aplikasi Metode Penelitian, Jakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service), 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/adyan.v12i2.2112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.