PAHAM TEOLOGI RASIONAL MU'TAZILAH DI INDONESIA

M. Baharudin

Abstract


Studi terhadap sejarah perkembangan dan pemikiran dalam Islam khususnya dalam bidang teologi telah menarik minat para ulama Islam dan para ilmuan baik itu muslim maupun non Muslim untuk melakukan kajian secara mendalam terhadap perkembangan pemikiran teologis dalam masyarakat Islam. Dalam konteks ke Indonesiaan sejarah pemikiran teologis cukup berkembang dan menarik untuk dikaji, ditengah arus globalisasi pembangunan dan pro dan kontra modrenisasi pemikirin ditengah-tengah umat Islam Indonesia. Dari sisi ini penulis mencoba mengkaji keberadaan pemikiran teologis Mu’tazilah. Mu'tazilah adalah suatu Aliran pemikiran dalam Islam yang berusaha membahas masalah dasar-dasar agama dengan cara filosofis dan menjauhi kemusyrikan dan menyesuaikan kepercayaan agama dengan akal pikiran. Aliran ini di Indonesia belum begitu dikenal karena tidak pernah didiskusikan dengan cara yang baik, karena dianggap mempunyai pendapat-pendapat yang menyimpang dari ajaran agama Islam yang benar.

Full Text:

PDF

References


Abu baker Aceh, Ilmu Ketuhanan(Ilmu Kalam), Tinta Mas, Jakarta,1966 Abdul Aziz Dahlan, Sejarah perkembangan pemikiran Islam, Bagian Pertama, Bagian Teologi, Beunibi Citra, Jakarta, 1987 Abu Hasan Al Asy’ari, Al Ibanah, Mesir, Kairo, Tanpa Tahun. A.Hanafi, Telogi Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1979 A.Hanafi, Pengantar Theologi Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1980 Ahmad Amin, Fajar Islam, Terjemahan Zaini Dahlan, Bulan Bintang, Jakarta 1965 A.Rifai Hasan, Perspetik Islam Dalam Pembangunan Bangsa, PLP2PM, Jakarta, 1987 Bakir Yusuf Barnawi, Konsep Iman dan Kufur Dalam Theologi Islam, Surabaya, 1987 Deliar Noer, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942, LP3ES, 1973 Dawam Raharjo, Insan Kamil(Konsepsi Manusia Menurut Islam), Grafiti Press, Jakarta, 1987. Fajlur Rahman, Membuka Pintu Ijtihad, Terjemahan Anas Mahyudin, Perpustakaan Salman, Bandung, 1983 Fajlur Rahman, Islam and Modernitas, Penterjemah Ahsin Mohammad, Pustaka, Bandung, 1985 Harun Nasution, Theologi Islam Aliran-aliran Sejarah Analisa Perbandingan, Universitas Indonesia, 1972 -----------------, Kaum Mu’tazilah dan Pandangan Agama, Yayasan Threedharma Utama, Jakarta, 1979 -----------------,Akal dan Wahyu Dalam Islam. Universitas Indonesia, Jakarta, 1983 ----------------, Kedudukan Akal dan Wahyu Dalam Islam, Idayu, Jakarta, 1982

Wawancara Penulis dengan Harun Nasution, tanggal 21 September 1988 Hasbullah Bakry, Disekitar Filsafat Skolastik Islam, Tinta Mas, Jakarta, 1961 KH.Sirajuddin Abbas, I’tiqad Ahlussunah Wal Jama’ah, Pustaka Tarbiyah, Jakarta, 1982 M.Nasir, Capeta Selekta, Bulan Bintang, Jakarta, 1973 M.Amin Abdullah, Kalam dan Filsafat Islam Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Era Pembangunan Jangka Panjang II, Makalah disampaikan dalam Studium General, Difakultas Ushuluddin IAIN Raden Intan Lampung 10 Agustus 1993 Nurcholis Madjid, Khasanah Intelektual Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1984 Ulumul Qur’an, No I Vol.IV, Th. 1993 W.Montgomery Watt, Islamic Theology And Philosophy, Endinburg University Press, 1979.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v5i1.477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.