ETIKA ISLAM DAN SEMANGAT PLURALISME AGAMA DI ERA GLOBAL

Idrus Ruslan

Abstract


Pandangan negatif para orientalis yang sangat mencolok adalah bahwa Islam anti toleransi dan menolak globalisasi serta tidak memiliki spirit pluralisme agama ternyata tidak benar. Hal ini dapat dilihat di dalam al-Qur’an yang merupakan kitab suci kaum muslim, mengisyaratkan tema-tema tersebut. Dalampandangan Islam, pluralisme agama adalah design Tuhan, karenya Islam sangat melarang pemaksaan terhadap suatu kaum untuk memeluk agama tertentu. Selain itu, Islam juga sangat menganjurkan untuk merespon globalisme secara positif dan kreatif, ini berarti globalisme tidak mungkin dihindari. Yang perlu untuk disadari adalah efek negatif dari globalisasi itu sendiri dan itu harus menjadi perhatian semua agar tidak tidak terjebak kepada paham liberalisme. Dalam konteks Indonesia, menyadari pluralisme agama sebagai suatu yang tidak bisa dihindari, maka akan melahirkan sikap toleransi yang bertanggungjawab, sehingga konflik yang mengantasnamakan agama dapat dihentikan.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Masykuri. 2003, “Toleransi Beragama dalam Masyarakat Demokrasi dan Multikultural” dalam W.A.L. Stokhof dan Murni Djamal (redaktur), Konflik Komunal di Indonesia Saat ini, Jakarta – Leiden : INIS dan Pusat Bahasa UIN Syarif Hidayatullah. Al-Faruqi, Ismail Raji. 1982, Tawhid : Its Implications for Tought and Life, Kuala Lumpur : Polygraphic Sdn, Bhd. Ali, Mursyid. 2000, Problema Komunikasi Antar Umat Beragama, Jakarta : Balitbang. Al-Maraghi, Ahmad Musthafa. 1985, Tafsir al-Maraghi, terj. Bahrun Abu Bakar, Semarang : Toha Putra. Asy‟arie, Musa. 1999. Filsafat Islam Tentang Kebudayaan, Yogyakarta : LESFI. Coward, Harold. 2001, Pluralisme; Tantangan Bagi Agama-agama, terj. Bosco Carvallo, Yogyakarta : Kanisius. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.1989, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka. Hidayat, Komaruddin. 2003, Wahyu di Langit Wahyu di Bumi; Doktrin dan Peradaban Islam di Panggung Sejarah, Jakarta : Paramadina. Kahmad, Dadang. 2002, Sosiologi Agama, Bandung : Rosda Karya. Shihab, Alwi. 1999, Islam Inklusif : Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, Bandung : Mizan. Shihab, M. Quraish. 1996, Membumikan al-Qur’an, Bandung : Mizan. Siradj, Said Aqiel. 1999, Islam Kebangsaan; Fiqih Demokratik Kaum Santri, Jakarta : Pustaka Ciganjur. Smith, Donald Eugene. 1985, Agama ditengah Sekulerisasi Politik, terj. Azyumardi Azra, Jakarta : Pustaka Panjimas. Sukardja, Ahmad. 1995, Piagam Madinah dan Undang-Undang Dasar 1945; Kajian Perbandingan Tentang Dasar Hidup Bersama Dalam Masyarakat yang Majemuk, Jakarta : UI Press. Tanja, Victor I. 1998, Pluralisme Agama dan Problema Sosial – Diskursus Teologi Tentang Isu-isu Kontemporer, Jakarta : Pustaka CIDESINDO.

Thabathaba‟i, Muhammad Hasan.1300 H, al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an, juz II, Qum al-Muqaddas Iran : Jama‟at al-Mudarrisin fi Hauzati al-Ilmiyah. Therik, Gerson Tom. 2000. “Arus Balik Globalisasi Dalam Milenium Ketiga” dalam Martin L. Sinaga (ed.), Agama-Agama Memasuki Milenium Ketiga, Jakarta : Grasindo. Madjid, Nurcholish. 1999, Cendekiawan dan Religiusitas Masyarakat; Kolom-kolom di Tabloid Tekad Jakarta : Paramadina. ---------, Islam; Doktrin dan Peradaban : Sebuah Telaah Kritis Tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan KeIndonesiaan, Jakarta : Paramadina. ---------, 2001. “Etika Beragama; dari Perbedaan Menuju Persamaan” (Kata Pengantar), dalam Nur Achmad (ed.), Pluralitas Agama; Kerukunan Dalam Keragaman, Jakarta : Kompas. Peldi Taher (ed.), Agama dan Dialog Antar Peradaban, Jakarta : Paramadina. Muhammad, Afif. 2006. “Radikalisme Agama-agama Abad 21”, dalam Tim Editor, Masa Depan Bangsa dan Radikalisme Agama, Bandung : Gunung Djati Press. Osman, Mohammed Fathi. 1996. Islam, The Children of Adam : an Islamic Perspective on Pluralism, Washington DC : Center for Muslim-Christian Understanding, Georgetown University.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v5i1.479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.