PENGARUH FUNDAMENTALISME DALAM TAFSIR AL-QUR`AN TERHADAP HUBUNGAN SOSIAL DAN KEMANUSIAAN (STUDI PESANTREN SALAFI DI LAMPUNG)

Anwar Mujahidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh fundamentalisme dalam tafsir al-Qur`an terhadap pola hubungan sosial dan kemanusiaan. Banyak ahli yang pesimis terhadap kelompok fundamentalis yang ingin kembali kepada ajaran Islam secara murni dapat berkomunikasi dan memecahkan masalah-masalah riil di tengah masyarakat. Kelompok fundamentalis dalam penelitian ini adalah kelompok-kelompok pesantren yang menyuarakan romatisme, kembali kepada al-Qur`an dan al-Sunnah secara murni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok fundamentalis di Lampung adalah generasi muda yang berafiliasi dengan pemikiran salafi yang berhubungan dengan gerakan keagamaan dari Saudi Arabia baik langsung maupun tidak. Mereka memandang al-Qur`an sebagai kitab petunjuk yang menyeluruh yang memuat jawaban atas semua persoalan umat. Mereka menolak penafsiran al-Qur`an untuk pencarian nilai-nilai universal al-Qur`an dalam rangka kontekstualisasi pada masyarakat masa kini. Namun di antara mereka berbeda-beda dalam tingkat keluwesannya dalam menghadapi masalah-masalah riil di masyarakat, semakin lebar mereka membuka diri dan bergaul secara luas dengan banyak elemen di masyarakat, maka mereka akan cenderung semakin luwes.

Full Text:

PDF

References


Azra, Azyumadri, Pergolakan Politik Islam: Dari Fundamentalisme, Modernisme, hingga Post-Modernisme, Jakarta: Paramadina, 1996 Haryatmoko, Etika Politik dan Kekuasaan, Jakarta: Penerbit Kompas, 2003 al-Jabiri, Muhammad Abid, Post Tradisionalisme Islam, Yogyakarta: LkiS, 2000 Kuntowijoyo, Identitas Politik Umat Islam , Bandung: Mizan, 1997 al-Najdi, „Abd al-Rahman bin Muhammad bin Qasim al-„Ashim, Majmu ‘Fatawa Syaykh al-Islam ahmad bin Taymiyyah, (Tt: tpn, 1398 H), Juz 13 –Kitab Muqaddimat al-Tafsir Al-Qaththan, Manna‟, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an, Riyadh: Mansyurat al-„Ashr al-Hadits, 1973 Shihab,M. Quraish, Membumikan al-Qur’an, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan, 1999 Sumbulah, Ummi, Konfigurasi Fundamentalisme Islam, Malang: UIN Malang Press, 2009 Tibi, Bassam, Islam Kebudayaan dan Perubahan Sosial, Penerjemah: Misbah Zulfa Ellizabet dkk., Yogyakarta: Tiara Wacana, 1999 al-Zarkasyi, Badr al-Din Muhammad bin „Abd Allah, al-Burhan fi’Ulum al-Qur’an,Beyrut: Dar al-Fikr, 1990 Zayd, Nashr Hamid Abu, Mahfum al-Nash, Dirasah fi Ulum al-Qur’an, Kairo: al-Hay‟ah al-Mishriyyah al-Ammah li al-Kitab Zein, Ahmad al-Qathan Muhammad, Thaghut, terj. Nabhani Idris dan Hidayatullah Nawawi,Yogyakarta: al-Kautsar, 1989.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v6i2.499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.