Representasi Kecantikan Dalam Ajang Miss Universe Tahun 2019

Achmad Kanzulfikar

Abstract


Penelitian ini hendak mendeskripsikan bagaimana representasi kecantikan yang ditampilkan dalam ajang kontes kecantikan Miss Universe tahun 2019, arti kecantikan, hingga kini masih menjadi persoalan bagi kaum perempuan ditengah masyarakat. Hal tersebut kemudian menjadi objek penelitian ini yaitu “Beauty Pageant”/Kontes Kecantikan, kecantikan perempuan diadu, diperlombakan dan memilih satu perempuan yang memenuhi kriteria dianggap paling sempurna, cantik, mendapat gelar sebagai perempuan terbaik dari kontes tersebut. Menggunakan teori representasi dengan tiga aspek yaitu Reflektif, disengaja, dan konstruktivis, menggunakan pendekatan kualitatif, tipe analisis deskriptif metode yang digunakan yaitu analisis semiotika milik John Fiske. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat konsep dan tema baru pada penyelenggaraan “Miss Universe” tahun 2019, mengusung tema yaitu 3B yang berarti Brain, Beauty, dan Behavior dalam konsep Brain, finalis Miss Universe memiliki fokus berbeda, pengetahuan umum yang up to date. dapat mengedukasi masyarakat mengenai adat dan budaya. Konsep Beauty merepresentasikan perempuan tidak cukup terlihat cantik secara fisik luar, tetapi cantik dengan penuh semangat, aktif dan enerjik dan menggalakan tentang “Inner Beauty”. Konsep Behaviour merepresentasikan bahwa perempuan harus menjadi sosok yang kuat dan berani, dapat bekerja menjadi insan yang berguna, menjadi panutan, memiliki tanda cinta kasih serta peduli terhadap sesama. 

Full Text:

PDF

References


Buku Teks

Danesi, Marcel. (2012). Pesan Tanda dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Fiske, John. (2012). Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Hall, Stuart. (2003). The work of Representation: Representation: Cultural Representations and Signifying Practices (Culture, Media and Identities series). Ed Stuart Hall. Sage publication.

Ida, Rachmah. (2014). Metode Penelitian: Studi Media dan Kajian Budaya. Jakarta: Kencana.

Moleong, J. Lexy. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saraswati, L. A. (2017). Putih: Warna Kulit, Ras, dan Kecantikan di Indonesia Transnasional. Tangerang: Margin Kiri.

Referensi Online dan Wawancara

Maria Ulfa. (2018). dalam Tirto.id dengan judul Sejarah Miss Universe: Bukan Sekadar Kontes Kecantikan.

Miss Universe Organization, “About Miss Universe”, http://www.65thmissuniverse.com/documents/partners_media_launch_fact_sheet_111716.pdf di akses pada 9 Maret 2020.

Jurnal Ilmiah

Firmansyah, Muhammad Arif. (2018). Wacana Kecantikan Puteri Pada Grup Facebook “Dukung Puteri Indonesia Di Ajang Miss Universe”. Skripsi. Universitas Airlangga.

Kurniawan, R.A. (2011). Repersentasi kecantikan wanita dalam iklan nature-e (analisis semiotika terhadap iklan majalah nature-e). Skripsi. Universitas Pembangunan “Veteran” Jakarta.

Sari, A. H. Kontes Kecantikan: Antara Eksploitasi dan Eksistensi Perempuan. Seminar Nasional Gender dan Budaya Madura III, Madura: Perempuan, Budaya, dan Perubahan. budayamadura/download




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jwcs.v1i2.10642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 al Huwiyah: Journal of Woman and Children Studies



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.