Kepuasan Konsumen dan Citra Merek terhadap Loyalitas Merek: Studi pada Mahasiswi Pengguna Lipstik¬ Wardah

Citra Wahyuni, Dian Ramadani

Abstract


Loyalitas konsumen terhadap suatu produk merupakan aspek yang paling diinginkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepuasaan konsumen dan citra merek dengan loyalitas merek pada mahasiswi yang menggunakan lipstik Wardah. Sampel dalam penelitian ini adalah 78 mahasiswi pengguna lipstik Wardah yang diambil dengan teknik purposive sampling. Skala yang digunakan adalah skala kepuasan konsumen, skala citra merek, dan skala loyalitas merek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dan citra merek memengaruhi loyalitas merek sebesar 73,2%. Kepuasan konsumen dan citra merek berhubungan positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.  


Full Text:

PDF

References


Anggraini, L. N., Kustiyah, E., & Sudarwati, S. (2019). Pengaruh kualitas, harga dan citra produk terhadap kepuasan pelanggan pada produk kosmetik Wardah (studi pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Islam Batik Surakarta). EKOBIS: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi,7(1), 46-48.

Anjani, A. (2017). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyalty lipstik Revlon. (Skripsi tidak diterbitkan). Yogyakarta (ID): Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Awan, A. G., & Rehman, A. U. (2014). Impact of customer satisfaction on brand loyalty: An empirical analysis of home appliances in Pakistan. British Journal of Marketing Studies, 2(8), 18-32.

Dewi, N. K., Andri, G., & Yonaldi, S. (2012). Pengaruh iklan, citra merek, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan vaseline hand and body lotion di kota Padang (studi kasus di PT. Unilever cabang padang).Sumber, 6(1), 26.

Ghafoor, M. M., Iqbal, H. K., Tariq, U., & Murtaza, F. (2012).Impact of customer satisfaction and brand image on brand loyalty. Progress in Business Innovation & Technology Management, 2(2), 69-77.

Herizon dan Maylina, W. (2003). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesetiaan terhadap merek pada konsumen pasta gigi pepsodent di Surabaya. Ventura. 6(1). 98-115.

Istiyana, D. (2017). Wardah dan strategi pemasarannya. Diambil dari : https://www.koranmu.com/2017/12/wardah-dan-strategi-pemasarannya.html

Jhonatha, A. T. (2019).Hubungan antara kepuasan konsumen dan citra merek dengan loyalitas konsumen terhadap produk kosmetik pada remaja di Pekanbaru. (Skripsi Tidak Diterbitkan). Riau (ID): Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Kurniawati, D. (2014). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).14(2).

Kusuma, F. M., & Yuniawan, A. (2010). Analisis pengaruh brand community terhadap loyalitas merek pada pengguna Honda Megapro di Surakarta. (Skripsi Tidak Diterbitkan). Semarang (ID): Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Kotler, P. (2011). Manajemen pemasaran. Edisi ke 14. Indeks: Jakarta.

LPSK. (2019). Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak 2019.

Mabkhot, H. A., Shaari, H., & Salleh, S. M. (2017). The influence of brand image and brand personality on brand loyalty, mediating by brand trust: An empirical study. Jurnal Pengurusan (UKM Journal of Management), 50.

Mardalis, A. (2006). Meraih loyalitas pelanggan. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(2), 111-119.

Mowen, J. C & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta:Erlangga.

Musay, F. P. (2013). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian (survei pada konsumen KFC Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2).

Prabowo, B. (2008). Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada PT. Astra Surabaya. Jurnal ilmu-ilmu sosial, 8(2), 92-97.

Pramudyo, A. (2016). Pengaruh citra merek terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai intervening (studi pada mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta). Jurnal Bisnis, Managemen, dan Akuntansi, 1(1).

Punniyamoorthy, M. & Prasanna, M. (2007). An empirical model for brand loyalty measurement. Journal of Targeting, Measurement and Analysis for Marketing 15 (4): 222–233.

Raharjo, A. (2013). Pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen pengguna kartu AS. Jurnal segmen manajemen. 9(1). 1-14.

Sari, R. (2019). Pengaruh pesan kampanye public relations terhadap brand image di kalangan remaja wanita. (Skripsi Tidak Diterbitkan). Jakarta (ID): Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Sinangguli, Sinaga, Wawancara Pribadi, Minggu 16 Februari 2014

Suryorini, A. (2012). MENELAAH FEMINISME DALAM ISLAM. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 7(2).

Support Scientific Communities. (2017). “Open Journal System (OJS).” Journal Online, November.

Tapeci, M. (1999). Increasing Brand loyalty in the hospitality industry. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 11(5), 223-230.

Top Brand. (2019). Top brand index produk Wardah. Diambil dari :https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/

Widiastuti, K., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Persepsi Resiko, Kualitas, Harga, dan Nilai Konsumen Wanita Muslim terhadap Citra Merek Kosmetik Berlabel Halal (Survei pada Konsumen Kosmetik Wardah di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 130-137.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jwcs.v1i2.10740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 al Huwiyah: Journal of Woman and Children Studies



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.