Aspek Gramatikal Syaikh Nawawi Al-Bantani (Perspektif Linguistik Arab)

Kamran Kamran

Abstract


Abstract: Nahwu merupakan ilmu ‘alat’ untuk memahami bahasa keislaman, dan salah satu matn nahwu yang paling banyak mendapat apresiasi luas adalah al-Muqaddimah al-A<jurru>miyyah karya Ibnu A<jurru>m (Abu> Abdulla>h Muh}ammad as}-S{inha>ji> 672-723 H) yang dikembangkan oleh para ulama selanjutnya dalam bentuk syarh}, naz\m, h}asyiyyah, dan taqri>ra>t, salah satunya Syaikh Muhammad Nawawi al-Bantani (1230-1314 H/1815-1897 M) dengan judul: Fath} Ga>fir al-Khat}iyyah ‘ala al-Kawa>kib al-Jaliyyah fi Naz}m al-Ajurru>miyyah. Kitab nahwu Nawawi ini bercorak ta‘li>mi> (pedagogik) dan didesain untuk kepentingan pembelajaran dengan gaya narasi yang sederhana, sistematis, dan minim perdebatan masalah khilafiyyah, disertai contoh-contoh kreatif. Tulisan ini menemukan bahwa Syaikh Nawawi memberikan tambahan dengan menghadirkan contoh-contoh yang sedikit banyak berkaitan dengan isu-isu pendidikan dan keislaman, seperti ilmu dan belajar dan proses belajar-mengajar antara guru-murid, hingga isu-isu teologis seperti muslim dan kafir, di samping isu-isu lingkungan, perjalanan, dan interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari.

 

Keywords: gramatikal Arab, ulama Jawi, al-Ajurrumiyyah

Full Text:

PDF

References


Asep Muhammad Iqbal, Yahudi dan Nasrani dalam al-Qur’an: Hubungan Antaragama menurut Syaikh Nawawi Banten, (Jakarta: Teraju, 2004)

Chaidar, Sejarah Pujangga Islam Syech Nawawi Albantani Indonesia, (Jakarta: CV. Sarana Utama, 1978),

Mamad S. Burhanuddin, Hermeneutika al-Qur’an ala Pesantren (Analisis terhadap Tafsir Marah Labid Karya KH. Nawawi Banten), (Yogyakarta: UII Press, 2006)

Nawawi al-Bantani, At-Tafsi>r al-Muni>r li Ma’a>lim at-Tanzi>l al-Musfir ‘an Wuju>h at-Ta’wi>l -al-musamma> tabaqan li ma‘nahu- Mara>h} Labi>d li Kasyf Ma‘na Qur’a>n Maji>d, (Cairo: Mat}ba’ah al-‘Usma>niyyah, 1305 H)

Nawawi, As-S|ima>r al-Ya>ni‘ah Syarh ar-Riya>d} al-Badi>‘ah (Cairo: Mustafa Babi al-Halabi, 1317 H), hlm. 1; Mara>qi al-‘Ubu>diyyah, (Bandung: Al-Ma’arif, t.t.), hlm. 1; Sala>lim al-Fud}ala>’, (Tasikmalaya: Toko Baru, t.t.)

Nawawi, Nur az}-Z{ala>m, (Surabaya: Al-Hidayah, t.t.),

Nawawi, Fath} al-Maji>d, (T.t.t.: Dar Ihya’ al-Kutub al-‘Arabiyyah, t.t.),

Nawawi, Qa>mi’ at-Tugya>n, (T.t.t.: Dar Ihya’ al-Kutub al-‘Arabiyyah, t.t.),

Nawawi, Nas}a>’ih al-‘Iba>d, (Tasikmalaya: Toko Baru, t.t.)

Nawawi, Niha>yah az-Zain fi Irsya>d al-Mubtadi’i>n, (Beirut: Dar al-Fikr, t.t.)

Nawawi, Ka>syifah as-Saja, (Cairo: Al-Mat}ba‘ah al-Maimaniyyah, 1298 H)

Rafi’uddin Ramli dan dan Muhammad Fakhri, Sejarah Hidup dan Silsilah Kyai Muhammad Nawawi Tanara, (Cirumpak-Keronjo, Tangerang: Yayasan Nawawi Tanara, 1399)




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/albayan.v9i2.2256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Kamran Kamran



Editorial Office:

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Arabic Education Study Program, Faculty of Education and Teachers Training, Unversitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Jl. Endro Suratmin 1 Sukarame, Bandar Lampung 35131-Indonesia

e-mail: jurnalalbayan@radenintan.ac.id
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/index

Creative Commons License

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. p-ISSN 2086-9282 | e-ISSN 2549-1229

View My Stats