Kurikulum Komunikatif dalam Pengajaran Bahasa

Erlina Erlina

Abstract


Kurikulum komunikatif dalam pengajaran bahasa sangat penting.Kurikulum menggambarkan tujuan belajar, metode untuk mencapai tujuan, bahan ajar dan prosedur evaluasi. Proses belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi dalam kelompok social. Pembelajaran bahasa komunikatif harus mampu mendorong peserta didik berpartisipasi dalam belajar bahasa. Bahan ajar bahasa berupa dialog, bacaan bebas, tugas cerita aktivitas sehari-hari, cerita pengalaman hasil perjalanan dengan redaksi sendiri, bahan otentik (koran, majalah, kartu identitas, rekaman, gambar dan lain-lain). Pembelajaran komunikatif disusun atas dasar : Pembentuk kemandirian peserta didik, pembelajaran berbahasa dalam kelompok kecil masyarakat belajar  bahasa dengan saling berbagi, memonitor, sehingga terjadi penilaian mandiri dan penilain teman sejawat. Pembelajaran mengguakan staretegi belajar cooperative learning, kurikulum terintegrasi antar keterampilan bahasa bahkan antar mata pelajaran, berfokus pada makna sebagai kekuatan pendorong untuk belajar, bahan ajar yang bermakna bagi kehidupan peserta didik, menganut diversity: peserta didik belajar dengan cara dan kecepatan yang bebeda, maka pilihan metode dan strategi pembelajaran harus variatif sesuai kondisi dan kebutuhan, serta menggunakan alat penilaian alternatifberupa observasi, interview, jurnal dan portofolio, dengan tidak mengesampingkan tes objektif.

Full Text:

PDF

References


Azies, Furqanul dan A. Chaedar Alwasilah. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif: Teori dan Praktek.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

David R. Hall and Ann Hewings, Ed., Innovation in English LanguageTeaching, London and New York, Macquarie University and Open University, 2007, 16)

Kaswanti Purwo, Bambang. “Pragmatik dan Pengajaran Bahasa” dalam Soenjono Dardjowijoyo (ed.) Pellba 4.Jakarta, Lembaga Bahasa Unika Atmajaya, 1988.

Litlewood, William. 1981. Communicative Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyanto Sumardi, Ed., Berbagai Pendekatan dalam pengajaran Bahasa dan Sastra, Jakarta, Sinar Harapan, 1992

Pateda, Mansur. Linguistik Terapan. Flores: Nusa Indah. 1991.

Purwo, Bambang Kaswanti. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius. 1990.

Ramayulis dan Nizar, Samsul. 2009. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta:Kalam Mulia.

Richard. Jack C. Communicative Language teaching Today, Cambridge University Press.USA.2006.

Tarigan, H.G. Metode Pengajaran Bahasa. Bandung: Angkasa. 1988.

Yusnaini Lubis, Developing Communicative Proficiency in the English an Foreign Language (EFL) Class, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi,




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/albayan.v8i2.360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erlina Erlina



Editorial Office:

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Arabic Education Study Program, Faculty of Education and Teachers Training, Unversitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Jl. Endro Suratmin 1 Sukarame, Bandar Lampung 35131-Indonesia

e-mail: jurnalalbayan@radenintan.ac.id
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/index

Creative Commons License

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. p-ISSN 2086-9282 | e-ISSN 2549-1229

View My Stats