Penerapan Metode Imla' untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Peserta Didik Kelas X SMA IT Pondok Pesantren Al-Mujtama' Al-Islami Karang Anyar Lampung Selatan

Guntur Cahaya Kesuma

Abstract


Metode Pembalajan Imla’ yang diterapkan guru di SMA IT Ponpes Al-Mujtama’ Al-Islami belum dilaksanakan secara maksimal, yakni belum melaksanakan sesuai langkah-langkah Imla’ yang benar, sehingga keterampilan menulis peserta didik dari 28 orang yang tuntas 12 orang (42,85%) dan yang belum tuntas 16 orang (57,15%). Artinya keterampilan menulis peserta didik rendah. Adapun rumusan masalahnya: “ Apakah Penerapan Metode Imla’ dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas X SMA IT Ponpes Al-Mujtama’ Al-Islami Karang Anyar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2015/2016? 

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis Penelitian  Tindakan Kelas (PTK) dengan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Penerapan Metode Imla’ untuk meningkatkan ketermpilan menulis Bahasa Arab bagi peserta didik kelas X SMA IT Ponpes Al-Mujtama’ Al-Islami. Teknik untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu metode interview, metode observasi, metode dokumentasi dan tes.

Berdasarkanpaparan di atas, makatemuanpenelitian yang diperolehbahwahasil pra siklus, siklus I, dan siklus II dapat dikemukakan sebagai berikut: pada pra siklus sebelum guru menerapkan metode Imla’ dari 28 peserta didik yang tuntas sebanyak 12 orang (42,85%) dan yang tidak tuntas 16 orang (57,15%) artinya keterampilan menulis peserta didik rendah. Selanjutnya, pada siklus I setelah guru menerapkan metode Imla’ sesuai langkah yang benar, maka kemahiran menulis peserta didik dari 28 peserta didik yang tuntas  terdapat 20 orang (71,42%) dan yang tidak tuntas terdapat 8 orang (28,57%), berarti terjadi peningkatan pada siklus I yaitu sebanyak 8 orang  (28,57%), sedangkan pada siklus II dari 28 peserta didik yang tuntas sebanyak 26 orang (92,85%) dan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang (7,14%), berarti pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 6 orang (21,42%). Artinya setelah menerapkan  metode Imla’ terjadi peningkatan sebesar 49,99%.


Full Text:

PDF

References


Ainin, Moh. Metodologi Penelietian Bahasa Arab, Surabaya:Hilal Pustaka: 2010.

Al-Khuli, Muhammad Ali. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Basan Publishing, 2010.

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas , Yogyakarta: UNY Press , 2010.

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Untuk Guru, Kepala Sekolah, Dan Pengawas, Yogyakarta: Aditya Media, 2010.

Bisri, Mustofa. M. Abdul Hamid, Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: Uin Maliki Press,2012.

Guntur, Tarigan Henry. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: PT Angkasa 2008.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung : PT. Remaja Resdakarya,2011.

http:// alhafizh84.wordpress.com/2010/02/04/ metode-imla’-metode-dikte/

Kunandar , Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengmbangan Profesi Guru Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Munjiah, Ma’rifatul. Kaidah-Kaidah Imla Teori dan Praktik, Malang: UIN Maliki Press, 2012.

Mustofa, Syaiful. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang:Uin Maliki Press, 2011.

Rasyidi, Abdul Wahab. Memahami Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: Uin Maliki Press,2012.

Ridwan, Al-Imla’ Nadzriyatuhu Wa Tathbiquhu, Malang : Uin Maliki Press, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: ALFABETA 2008.

Wawancara, dengan Iwan setiawan, tanggal 10 september 2015.

Widoyoko, S. Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran, Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2009.

Wiratna Sujarweni, Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami, Yogyakarta: Pustakabarupress, 2014.

محمود يونس ، أصول التربية والتعليم، (قسم المنهج الدراسى بكلّية المعلّمين الإسلامية: فونوروكو )،أكتوببر 2007م




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/albayan.v8i2.363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Guntur Cahaya Kesuma



Editorial Office:

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Arabic Education Study Program, Faculty of Education and Teachers Training, Unversitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Jl. Endro Suratmin 1 Sukarame, Bandar Lampung 35131-Indonesia

e-mail: jurnalalbayan@radenintan.ac.id
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/index

Creative Commons License

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. p-ISSN 2086-9282 | e-ISSN 2549-1229

View My Stats