Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Aktivitas Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII di MTs Nurul Falah Bukit Kemuning

Rumadani Sagala

Abstract


Tulisan ini berbicara tentang Faktor-Faktor Dari Penyebab Rendahnya Aktivitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII MTs Nurul Falah Bukit Kemuning, dengan fokus persoalan apa faktor-faktor penyebab rendahnya aktivitas peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas VII di MTs Nurul Falah Bukit Kemuning?. Selanjutnyametodepenelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu).Sementaraalatpengumpul data terkaitdenganpenelitianiniadalah interview, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam pengambilan kesimpulan menggunakan pendekatan berfikir induktif yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta atau peristiwa khusus, kemudian dari fakta-fakta yang khusus dimaksud, ditarik generalisasi yang memiliki sifat umum.

Mengacu padastatemen di atas, maka temuan yang dihasilkan menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab rendahnya aktivitas belajar bahasa arab peserta didik  kelas VII MTs Nurul Falah Bukit Kemuning adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal dapat dilihat dari indikasi yaitu tidak menjaga kesehatan, aktivitas belajar menjadi terganggu sehingga mengakibatkan tidak bergairah untuk mengikuti kegiatan belajar, minat dan motivasi yang rendah sangat mempengaruhi keinginan peserta didik dalam mengikuti aktivitas belajar bahasa arab cara belajar yang salah tidak memperhatikan waktu belajar dan tidak menggunakan teknik belajar  yang baik sehingga hasil belajarpun kurang memuaskan. Sedangkan faktor eksternal dapat dilihat dari indikasi yaitu letak sekolah yang tidak strategis dan kondusif, metode mengajar guru yang kurang memuaskan, kemampuan guru dalam mengajar, kurangnya penegakan disiplin sekolah, kurangnya penggunaan alat pelajaran, kurangnya penempatan waktu belajar disekolah dikarenakan keadaan gedung sekolah yang kurang memadai.

Full Text:

PDF

References


Anas Sudjiono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rjawali Press, 2012

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

H.B. Supoto, Metodologi Penelitian Kualitatif, Surakarta: University Press, 2002

http://soddis.blogspot.co.id/2013/08/pengertian-aktivitas-menurut-para-ahli.html Kamis, 19 Agustus 2013

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahnya Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Hadits Shih, Jakarta: SYGMA, 2010

Muhammad Dalyono, Belajar dan Pembelajaran,Semarang: IKIP Press,2005

Rusman, Mosel-model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2011

S. Nasution, Metodologi Penelitian Dasar, Jakarta: Bulan Bintang, 1994

Sedarmayanti, Syarifduddin Hidayat, Metode Penelitian, Bandung: Mandar Maju, 2002

Sugiyono, Metode penelitian Kualitatif, Bandung: Kualitatif Alfabeta, 2006

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta, 2012

Sukadi, Gruru Powerful Guru Masa Depan, Bandung: Kolbu, 2009

Tim Penyusun, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,Jakarta: Sinar Grafika, 2004




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/albayan.v8i2.364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rumadani Sagala



Editorial Office:

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Arabic Education Study Program, Faculty of Education and Teachers Training, Unversitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Jl. Endro Suratmin 1 Sukarame, Bandar Lampung 35131-Indonesia

e-mail: jurnalalbayan@radenintan.ac.id
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/index

Creative Commons License

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. p-ISSN 2086-9282 | e-ISSN 2549-1229

View My Stats