Pengembangan Modul Tarakib di Kelas VII MTs N 1 Lampung Selatan

https://doi.org/10.24042/albayan.v8i2.366

Sulthan Syahrir, Muhammad Akmansyah

Abstract


Bahan ajar atau materi pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap mutu pendidikan.Peran bahan ajar dalam proses pembelajaran selain sebagai alat bantu komunikasi untuk menyampaikan pesan guru kepada siswa, bahan ajar juga efektif untuk membantu siswa dalam mempelajari lebih lanjut materi yang belum dipahami. Pengembangan bahan ajar juga perlu dilakukan, untuk meningkatkan kulaitas pembelajaran. Penggunaan modul dalam pembelajaran merupakan salah satu langkah yang dapat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran  pada siswa. Penggunaan modul diharapkan dapat mengkondisikan kegiatan pembelajaran lebih terencana dengan baik, mandiri, tuntas, dan dengan hasil (output) yang berkualitas. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menganalisis dan  mengembangkan modul tarakib di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R&D). Berdasarkan hasil penelitian, maka temuan yang dihasilkan bahwa hasil validasi dari ahli materi dinyatakan baik dengan rata-rata 78%, kemudian hasil validasi dari ahli media dinyatakan sangat baik dengan rata-rata 88%. Hasil validasi dari guru bahasa Arab sebesar 82% dengan kriteria interpretasi sangat baik.Hasil uji coba respon siswa menyatakan bahwa modul tarakib sangat menarik, yang artinya siswa mampu memahami modul tarakib dengan baik.Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, guru, serta respon siswa menunjukkan bahwa modul dalam kriteria layak untuk digunakan sebgai bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Arab pada materi tarakib.Modul sebagai bahan ajar mandiri, modul diharapkan dapat mengkondisikan kegiatan pembelajaran lebih terencana dengan baik, tuntas, dan dengan hasil yang berkualitas

Full Text:

PDF

References


Ainin, Moh, “Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab”, Jurnal OKARA, Vol. 02November 2013.

Astuti, Sri , “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving Model Polya Dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pokok Bahasan Barisan Bilangan Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Kota Probolinggo”, Jurnal Pancaran, Vol. 4, No. 4, November 2015.

Benny dkk, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Grujugan Bondowoso”, Jurnal Pancaran, Vol. 03 No. 03, Agustus 2014.

Berlin, May, “Study Tentang Penggunaan Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo”, Jurnal Pendidikan, Vol. 01 No. 01, 2013.

Daryanto, Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar, Yogyakarta: Gava Media, 2013.

__________ dan Dwicahyono, Aris Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2014.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta : Karya Agung Surabaya, 2006.

Depdiknas, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas, 2003.

Emzir, Metodologi Penelitian Pendiidkan Kuantitatif Dan Kualittaif, Jakarta:PT RajaGrafindo, 2012.

Fachrurrozi , Azis dan Mahyuddin, Erta, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Pustaka Cendikia Utama, 2012.

Hobri, Dafik Khasan, Pengembangan Perangkat pembelajaran Matematika Berbasis Whole Brain Teaching dengan Pendekatan Quantum Learning Pada Sub Pokok Bahasan Segitiga Untuk SMP kelas VII, (online),tersediadi:http://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/download/1558/1274

I Gede Agung Oka Badra, Dewa Kade Tastra, Luh Putu Putrini Mahadewi, Video Pembelajaran Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi:Produk Pengembangan untuk Mata PelajaranIPS,(Online)Tesediadi: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJTP/article/download/1456/1317 (28 Januari 2016 : 23:30)

Majid, Abdul , Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Mustofa, Syaiful, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, ( Malang: UIN Maliki Press, 2011.

Nasution, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara , 2005.

Nuraini , Istiqomah, Pengggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasisi Guided Inquiry Untuk SMA Kelas XI Pada Konsep Sistem Sirkulasi, 2014, Tersedia di:http:///C:/Users/User/Downloads/Skripsi%20Istiqomah%20Nuraini%20watermark.pdf

Purwanto, Pengembangan Modul, Jakarta: Pusat Teknologi Dan Komunikasi Pendidikan (PUSTEKKOM) Depdiknas, 2007.

Sanjaya ,Wina, Penelitian Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2015.

Sukmadinata, Syaodih, Nana ,Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Syairi, Abu, Khairi, “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab”, Jurnal Dinamika Ilmu, Vol. 13 No. 1, Juni 2013.

Uno, B , Hamzah, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2012.

Zulhannan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.




DOI: https://doi.org/10.24042/albayan.v8i2.366

Article Metrics

Abstract views : 801 | PDF downloads : 799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sulthan Syahrir, Muhammad Akmansyah



Editorial Office:

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Arabic Education Study Program, Faculty of Education and Teachers Training, Unversitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Jl. Endro Suratmin 1 Sukarame, Bandar Lampung 35131-Indonesia

Telp : +62 721 703260
e-mail: jurnalalbayan@radenintan.ac.id
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/index

Creative Commons License

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. p-ISSN 2086-9282 | e-ISSN 2549-1229

View My Stats