ANALISIS KATA GANTI (DHAMIR) DALAM AL-QUR’AN SURAT AS-SAJDAH SERTA METODE PEMBELAJARANNYA

SYARIFUDIN BASYAR BASYAR

Abstract


Di dalam penelitian ini, penulis mengkaji tentang kedudukan dhomir dalam surat as-sajdah ayat 1-30 disertai dengan penjelasan tentang metode dan teknik-teknik yang digunakan dalam efektifitas pembelajaran dhomir. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kedudukan dhomir dalam surat as-sajdah ayat 1-30 serta metode pembelajarannya yang efektif. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab persoalan tersebut melalui studi pustaka (Library research) terhadap sumber-sumber primer dan sekunder yang berkaitan dengan masalah dhomir dan metode pembelajarannya.Peneliian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research), dengan menggunakan analisis ini (content analysis) untuk manganalisa datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kata ganti (dhomir) yang terdapat dalam surat as-sajdah ayat 1-30 ini terdiri dari dhomir muttashil, dhomir munfashil dan dhomir mustatir. Sedangkan metode pembelajaran efektif yang dapat digunakan dalam pembelajaran kata ganti (dhomir) adalah metode Qawaid wa Tarjamah dengan menggunakan pendekatan seperti pendekatan manusiawi, pendekatan berbasis media, atau pendekatan  komunikatif. Serta berbagai teknik pembelajaran Qawaid seperti: Muqarat al-Nash, Team Quiz, Tahlil al-Akhta’, Musykilat al-Thullab, dan pemberian latihan atau drill.

Full Text:

XML

References


A.A Madkur, Tadris Funun al Lughah al Arabiyah, Riyadh: Dar Al Syawaf, 1991

A. Fahrurrozi & E. Mahyudin, Pembelajaran Bahasa Arab, Jakarta: Departemen Agama RI, 2009.

A. Zaini Dahlan, Syarah Mukhtasor Jiddan ‘Ala Matni al Jurumiyah, Semarang: Karya Thoha, tt

Abd.Wahab Rosyidi dan Mamlu’atun Ni’mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, cet. 2, Malang: UIN Maliki Press, 2012

Abdul Qadir Zaelani dan Abu Sofyan, Panduan Belajar Bahasa Arab, Memahami Hakikat dan Keunikan Bahasa Arab, Indahnya Bahasa Arab, Bandar Lampung: Pustaka Raisa, 2012

Ahmad Fuad Efendi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2005.

Akhmad Munawari, Belajar Cepat Tata Bahasa Arab, Yogyakarta: Nurma Media Idea, 2003.

Bisri Mustofa dan abdul Hamid, Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang:UIN-Maliki Press, 2012, Cet. Ke-2

Kamus Besar Bahasa Indonesia Offline V1.3

Fathur Rohman, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: Madani, 2015

Fuad Ni’mah, Mulakhos Al-Lughoh Al-rabiyah, Beirut: Daar As-Tsaqofa Al-Islamiyah, tt

Ghulayaini Al-Mustafa, Tarjamah Jami’ud Durusil Arabiyyah Jilid 1, Semarang: CV Asy-Syifa’, 1992

Hermawan Wasito, Pengantar Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1995

Imanuddin Sukamto, Tata Bahasa Arab Sistematis Pendekatan Baru Mempelajari Tata Bahasa Arab, Yogyakarta: Nurma Media Idea, 2007.

M. Iqbal Hasan, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya Jakarta: Galia Indonesia, 2002.

Mahmud Yunus, Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: PT. Hidakarya Agung, 1990.

Mulyanto Sumardi, Pengajaran Bahasa Asing, Jakarta: Bulan Bintang, 1974.

Munawwir, W., A., Kamus Al-Munawwir-Arab-Indonesia Terlengkap, Yogyakarta: Pustaka Progesif, 1984.

Musthafa Al- Ghulaini, Jami’u al-Durus al-‘Arabiyah, Semarang: CV Asy Syifa, 1992.

Nurul Huda, Mudah Belajar Bahasa Arab, Jakarta: amzah, 2012.

R. Zaenudin, dkk, Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Cerebon: Pustaka Rihlah Group, 2005.

S.B. Djamarah & A. Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif ,Bandung: Alfabeta, 2005

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012..

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Bhineka Cipta, 2013.

Syamsul Ma’arif, Nahwu Kilat Perpaduan Antara Teori Dan Praktik, Bandung: Nuansa Aulia, 2008.

Syiful Mustofa, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, Malang: UIN-Maliki Press, 2011

Zulhanan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Faculty of Tarbiyah and Teaching
Raden Intan State Islamic University, Lampung 
Jalan Endro Suratmin 1 Sukarame, Bandar Lampung, Indonesia 35131 
Email: jurnalalbayan@radenintan.ac.id
Phone: (0721) 703260

Creative Commons License

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © IAIN Raden Intan LampungAll rights reserved. p-ISSN 2086-9282 | e-ISSN 2549-1229

 

 

 

View My Stats