PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS (KITABAH) BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS XI MA AL-KHAIRIYAH NATAR LAMPUNG SELATANTAHUN AJARAN 2016/2017

UMI HIJRIYAH HIJRIYAH

Abstract


Permasalahan utama dalam pembelajaran bahasa Arab terutama kemahiran menulis adalah masih rendahnya hasil belajar kemahiran menulis bahasa Arab peserta didik. Rendahnya kemahiran menulis bahasa Arab peserta didik disebabkan karena proses pembelajaran yang digunakan pendidik kelas XI MA Al-Khairiyah kurang mampu mengembangkan kemahiran menulis bahasa Arab peserta didik, sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran bahasa arab untuk mengembangkan kemahiran menulis bahasa Arab tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemahiran menulis bahasa Arab peserta didik kelas XI MA Al-Khairiyah Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017.

Selanjutnya penelitian yang digunakanadalahpenelitianeksperimen. Jenis Quasy Eksperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MA Al-Khairiyah Natar Lampung Selatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan acak kelas, sampel tersebut berjumlah 2 kelas yaitu kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemahiran menulis bahasa Arab peserta didik, wawancara dan dokumentasi. SementaraTeknik analisis datanyaadalah uji-t. dengan uji normalitas dan homogenitas.

Berdasarkan hasil uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas dengan kesamaan dua varians, temuan yang diperoleh bahwa data hasil tes kedua kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji-t dengan α = 5% diperoleh hasil bahwa Thitung = 2,217 > Ttabel=1,665, sehingga H0 ditolak artinya terdapat 95% pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemahiran menulis bahasa Arab peserta didik

Full Text:

XML

References


SembodoArdiWidodo, Model-model pembelajaranbahasa Arab, Al-arabiyahjurnal PBA, Vol-2, no. 2 (Yogyakarta: UIN SunanKalijaga), Juli 2004

SyaifulMustofa, StrategiPembelajaranBahasa Arab Inovatif(UIN-Maliki Press, 2011)

Bisri Mustafa, Abdul Hamid, MetodedanStrategiPembelajaranBahasa Arab (Malang: UIN Malang Press, 2012)

AcepHermawan, MetodologiPembelajaranBahasa Arab (Bandung: PT RemajaRosdakarya, 2014)

Muhammad Ali Al-Khuli, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab (Yogyakarta: baSan Publishing, 2010)

Sugiyono, MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Bandung: Alfabeta, Bandung, cet. 17, 2012)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Faculty of Tarbiyah and Teaching
Raden Intan State Islamic University, Lampung 
Jalan Endro Suratmin 1 Sukarame, Bandar Lampung, Indonesia 35131 
Email: jurnalalbayan@radenintan.ac.id
Phone: (0721) 703260

Creative Commons License

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © IAIN Raden Intan LampungAll rights reserved. p-ISSN 2086-9282 | e-ISSN 2549-1229

 

 

 

View My Stats