Pengaruh Inventory Financing dan Receivable Financing dalam Pembiayaan Modal Kerja terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia dengan Non Performing Financing sebagai Variabel Moderating Tahun 2015-2019

Kurnia Maulida, Evi Ekawati, Diah Mukminatul Hasyimi, Ahmad Hazas Syarif

Abstract


Pembiayaan pada bank syariah masih didominasi oleh inventory financing yang selalu mengalami peningkatan. Selain itu receivable financing juga merupakan salah satu pembiayaan yang dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan. Dengan tingginya tingkat penyaluran dana bank umum syariah maka semakin tinggi pula risiko adanya non performing financing yang dapat berpengaruh terhadap kinerja keuangan bank umum syariah.

Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2015-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan bank umum syariah di Indonesia mulai tahun 2015-2019 yaitu 14 laporan keuangan bank umum syariah di Indonesia. Dalam hal ini teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling sehingga diperoleh 5 laporan bank umum syariah sebagai sampel penelitian.

Berdasarkan hasil uji menunjukkan bahwa inventory financing dan receivable financing tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan bank umum syariah. Begitu juga dengan non performing financing  sebagai variabel moderating memperlemah pengaruh variabel  inventory financing terhadap kinerja keuangan bank umum syariah di indonesia tahun 2015-2019. Berdasarkan hasil uji moderasi menunjukkan bahwa nilai probabilitas moderasi sebesar 0,8303. Nilai ini lebih besar dari tingkat signifikan yang diharapkan.


Full Text:

PDF

References


Danupranata, Gita. Buku Ajar Manajemen Perbankan Syariah. 1st ed. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Indonesia, Ikatan Bankir. Memahami Bisnis Bank Syariah. 1st ed. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014.

Iswari, Putu Widhi, and Amanah Amanah. “Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah: Negara vs Swasta.” Islaminomics: Journal of Islamic Economics, Business and Finance 6, no. 2 (2018). https://doi.org/10.47903/ji.v6i2.36.

Kristiarini, Nurul. “Analisis Pengaruh Financing To Deposit Ratio (FDR) Terhadap Profitabilitas (ROA) Dengan Non Performing Financing (NPF) Sebagai Variabel Moderasi Pada Perbankan Syariah.” IAIN Salatiga, 2018.

Otoritas Jasa Keuangan. “Statistik Perbankan Syariah,” 2020. https://www.ojk.go.id/id/syariah/data-dan-statistik/statisik-perbankan-syariah/default.aspx.

Putri, Agustriani. “Pengaruh Pembiayaan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perbankan Syariah Di Indonesia.” UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2018.

Sujana, Duduh. “Analisis Non Performing Financing Pembiayaan Murabahah Dalam Hubungannya Dengan Return on Equity Pada PT . Bank Syariah Mandiri.” Seminar Nasional Manajemen Dan Bisnis, 2018.

Umbaran, Joko. Bank Umum Dan Konvensional Dan Syariah. 1st ed. Yogyakarta: KTSP, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/al-mashrof.v2i2.10978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Mashrof: Islamic Banking and Finance Indexed by:

Garuda-Garba Rujukan Digital
Moraref
Google Schoolar
Dimensions
Index Copernicus
ORCID
BASE

Al-Mashrof is Islamic Banking and Finance a Journal, Published by the Faculty of Islamic Economics and Business at UIN Raden Intan Lampung - Indonesia. (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/almashrof/index). This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.