PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, INVENTORY TURNOVER RATIO, RETURN ON EQUITY TERHADAP PRICE EARNING RATIO

Agus Kurniawan, Ahmad Habibi, Barmawi Arifin

Abstract


Investasi merupakan suatu kegiatan menanamkan modal pada suatu perusahaan yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Bagi investor yang ingin berinvestasi saham memerlukan analisis fundamental dalam menilai saham suatu perusahaan. Salah satu analisis fundamental yang paling sering digunakan oleh para investor dalam menilai suatu saham adalah dengan pendekatan Price Earning Ratio (PER). Nilai Price Earning Ratio pada perusahaan Property dan Real Estate mengalami fluktuatif dari tahun 2013-2017. Oleh karena itu sangat penting dilakukan untuk mengetahui variabel-variabel yang memperngaruhi terhadap Price Earning Ratio. Pada penelitian ini penulis menggunakan variabel Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Inventory Turnover Ratio, Return On Equity yang diduga dapat memperngaruhi Price Earning Ratio.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Inventory Turnover Ratio, Return On Equity terhadap Price Earning Ratio studi pada Perusahaan Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017.

Model penelitian yang digunakan adalah model regresi data panel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari setiap perusahaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 5 tahun, yaitu dari tahun 2013 sampai 2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah 105 perusahaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Current Ratio secara parsial berpengaruh terhadap Price Earning Ratio, hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu 0,05 (0,04 < 0,05). Variabel Debt to Equity Rasio secara parsial tidak berpengaruh terhadap Price Earning Ratio, hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih besar dari nilai signifikansi yang digunakan yaitu 0,05 (0,18 > 0,05). Variabel Inventory Turnover Ratio secara parsial berpengaruh terhadap Price Earning Ratio, hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai signifikansi yang digunakan yaitu 0,05 (0,03 < 0,05). Variabel Return On Equity secara parsial berpengaruh terhadap Price Earning Ratio, hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai signifikansi yang digunakan yaitu 0,05 (0,00 < 0,05).

Full Text:

PDF

References


Aziz, Musdalifah, dkk, Manajemen Investasi Fundamental, Teknikal, Perilaku Investor Dan Return Saham, Yogyakarta : Deepublish, 2015.

Basuki, Agus Tri dan Nano Prawoto, analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis (Dilengkapi Aplikasi SPSS & EVIEW ), Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2016.

Eugene F. Brigham dan J F Huaton, Manajemen Keuangan, Jakarta: Erlangga, 2001.

Ghozali, Imam dan Dwi Ratmono, Analisis Multivariat dan Ekonometrika Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan Eviews 10, Edisi 2, Semarang: UNDIP, 2017.

Harmono, Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Secorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Hery, Analisis Kinerja Manajemen The Best Financial Analysis Menilai Kinerja Manajemen Berdasarkan Rasio Keuangan, Jakarta: Kompas Gramedia, 2014.

Rivai, Veithzal, dkk, Bank And Financial Intitution Management Conventional & Sharia System, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2007.

Soemitra, Andri, Bank & Lembaga Keuangan Syariah, Edisi Kedua, Jakarta: Kencana 2009.

Sudana, I Made, Teori Dan Praktik Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi 2, Jakarta: Erlangga, 2015.

Sugiyono, Metopen Penelitian Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009.

Widarjono, Agus, Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya disertai Panduan Eviews, Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2016.

Winarno, Wing Wahyu, Analisis Ekonometrika dan Statistik dengan Eviews, Cetakan Ke-5, Yogyakarta: STIM YKPN, 2017.

Zulfikar, Pengantar Pasar Modal Dengan Pendekatan Statistik, Yogyakarta : Deepublish, 2016.

Rafsanjani, Haqiqi, Etika Produksi Dalam Kerangka Maqashid Syariah, Jurnal Perbankan Syariah, Vol. 1 No. 2, November 2016 ‘

Rahmi, Nindita Aulia, Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan Dan Struktur Aset Terhadap Kebijakan Hutang, Jurnal STIE Perbanas Surabaya, 2017.

Mendra, Ni Putu Yuria, Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2014-2016, Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol. 4, No. 1, April 2014.

Sartono, Agus & Munir, Misbahul. Pengaruh Kategori Industri terhadap Price Earning (P/E) Ratio dan Faktor-Faktor Penentunya, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol 12 No.3 Tahun 1997.




Article Metrics

Abstract views : 143 | PDF downloads : 83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al - Mashrof: Islamic Banking and Finance

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.