PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE, PERSEPSI, RELIGIUSITAS DAN DISPOSIBLE INCOME TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI PADA PELAKU UMKM DI KECAMATANTERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH)

Muhammad Kurniawan, Eka Septiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Financial Knowledge, Persepsi, Religiusitas, dan Disposable Income Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah(Studi Pada Pelaku UMKM di Kecamatan Terbanggi Besar Lampung Tengah).

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi yaitu Pelaku UMKM sebanyak 550 usaha dengan sampel yang digunakan yaitu tekhnikstratified random sampling yaitu sampel yang digunakan 41 Pelaku UMKM.

Berdasarkan hasil uji secara parsial dapat disimpulkan bahwa Financial Knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung pelakuUMKM di bank syariah. Hal ini berdasarkan perhitungan uji T yaitu thitung > ttabel yaitu 2,408 > 2,02809. Persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minatmenabung pelaku UMKM di bank syariah. Hal ini berdasarkan perhitungan thitung > ttabel yaitu 2,490 >2,02809. Religiusitas berpengaruh positif dan signifikanterhadap minat menabung pelaku UMKM di bank syariah. Hal ini berdasarkanperhitungan thitung > ttabel yaitu 2,237 > 2,02809. Disposable Income tidakberpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung pelaku UMKM di bank syariah. Hal ini berdasarkan perhitungan thitung < ttabel yaitu 1,976 < 2,02809.Dan berdasarkan uji simultan bahwa dapat disimpulkan Financial Knowledge,Persepsi, Religiusitas, dan Disposable Income berpengaruh secara positif dansignifikan terhadap minat menabung pelaku UMKM di bank syariah. Hal ini dapatdilhat dari nilai Fhitung sebesar 4,204 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 2,63.

Full Text:

PDF

References


Fihri Setya Marwati,dkk, Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Motivasi Terhadap Keberlangsungan Usaha, Jurnal Suhuf Vol.29 No.2, 2017.

Harahap, Raja Sakti Putra, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung pada Tabungan Mudharabah di Bank Muamalat Cabang Balai Kota Medan, Jurnal Al-Qasd, Vol.1 No.1, 2016.

Herdjiono, Irine dkk, Pengaruh Financial Attitude,Financial Knowledge Parental Income Terhadap Financial Management Behavior, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Desember, 2016.

Kristiyadi dkk, Pengaruh Kelompok Acuan,Religiusitas, promosi dan Pengetahuan Tentang Lembaga Keuangan Syariah Terhadap Minat Menabung di Koperasi KJK. Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, Vol.5 No.9, 2016.

Nata, Abuddin, Metodologi Studi Islam, Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada, 2014.

Soemitra, Andri, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Kencana, 2010.

Sugiarto, Metodologi PenelitianBisnis, Yogyakarta: CV.Andi Offset, 2017.

Suhendi, Hendi dan SahyaAnggara, Perilaku Organisasi, Bandung: CV Pustaka Setia, 2010.

Welldan Adityandani dan Nadia Asandimitra Haryon, Pengaruh Demografi, Financial Attitude, Financial Knowledge,Dan Suku Bunga Terhadap Perilaku Menabung Masyarakat Kota Surabaya, Jurnal Ilmu Manajemen Volume, 7 Nomor 2, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/al-mashrof.v1i1.7183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Mashrof: Islamic Banking and Finance Indexed by:

Garuda-Garba Rujukan Digital
Moraref
Google Schoolar
Dimensions
Index Copernicus
ORCID
BASE

Al-Mashrof is Islamic Banking and Finance a Journal, Published by the Faculty of Islamic Economics and Business at UIN Raden Intan Lampung - Indonesia. (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/almashrof/index). This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.