ANALISIS PENGUNGKAPAN SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA KEBAJIKAN PADA LAPORAN KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

https://doi.org/10.24042/al-mashrof.v3i1.12161

Zulfa Ahmad Kurniawan, Iva Faizah

Abstract


Penulisan laporan keuangan memiliki peran yang sangat penting dalam keberlangsungan perusahaan baik sebagai bahan analisis perkembangan usaha maupun sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada pengguna baik masyarakat, pemerintah, maupun pengguna lainnya. Perusahaan harus memiliki laporan keuangan yang baik berdasarkan sistem penulisan atau akuntansi yang dapat dimengerti oleh banyak pengguna sehingga setiap pengguna memiliki persepsi yang sama. Namun, perlu diketahui bahwa sistem akuntansi untuk perusahaan berbasis perbankan syariah memiliki sistem pelaporan yang berbeda dengan lembaga profit lainnya yang tidak hanya berisikan tentang laporan transaksi dan kegiatan usaha perbankan melainkan juga laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan. Sumber dan penggunaan dana kebajikan menjadi sangat penting untuk menjaga tingkat kepercayaan yang menitipkan dana kebajikan atau kepada masyarakat yang memiliki hak atas dana kebajikan tersebut. Beberapa akun yang ditulis dalam laporan keuangan sumber penerimaan dana kebajikan pada bank umum syariah diantaranya adalah infak, sedekah, dendaa, pendapatan non halal, dan lainnya. Sementara akun yang dilaporakan pada laporan keuangan diantaranya adalah, dana kebajikan produktif, sumbangan, penggunaan dana untuk kepentingan umum dan lainnya, laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan dilaksanakan tidak hanya sebagai bentuk tanggung jawab bank umum kepada pengguna, namun juga menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kepercayaan dan nilai perbankan syariah itu sendiri.

Kata Kunci: kebajikan, profit, produktif


Full Text:

PDF

References


Dewan Standar Akuntansi Syariah IAIN, Exposure Draft Pernyataan Pencabutan Standar Akuntansi Keuangan, Pencaputan PSAK 59: Akuntansi Perbankan Syariah Ed PPSAK 101, Jakarta: IAI, Oktober 2015.

Fadila Balangger.Rasya, Karamoy.Hermawan, Gamaliel.Hendrik, Evaluasi Pengungkapan Dana Zakat dan Dana Kebajikan Pada Laporan Keuangan Bank BRI Syariah cabang Manado, Jurnal EMBA, Vol.5 No.2 Juni 2017, Hal. 1956-1964, ISSN 2303-1174, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi.

Hardiwonoto, Standar Akuntansi Syari’ah (Paradigma Baru Sistem Akuntansi Di Indonesia), Value Added, Vol.2, No.2, Maret-Agustus 2006, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang.

Hernawan.Hendri, Sumber Dan Penggunaan Dana Qarḍ Dan Qarḍul Hasan Pada Bank BRI Syariah Cabang Yogyakarta, Jurnal Ekonomi Islam “La Riba”, Vol. II, No. 2, Desember 2008.

Ilyas. Rahmat, Akuntansi Syariah Sebagai Sistem Informasi, Jurnal Akuntansi Syariah, Vol.4 No.2: 209-221, Desember 2020, pISSN 2549-3086, e-ISSN 2657-1676, STIE Syariah Bengkalis.

Muhammad. Suwiknyo, Akuntansi Perbankan Syariah, (Yogyakarta:Trust Media Publishing,2008).

Muhaamad, Manajemen Dana Bank Syariah, (Yogyakarta: PT Raja Grafindo Persada,2014).

Munawir, Analisa Laporan Keuangan, (Yogyakarta: Liberty,2014).

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) melalui Surat Edaran Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (SE POJK) Nomor 10/SEOJK.03/2017 Tentang Transparansi dan Publikasi Laporan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah, Dana Kebajikan Perbankan Syariah.

Peraturan Standar Akuntansi (PSAK) 101, Tentang Penyajian Laporan Keuangan Syariah.

Puspitasari Lenap.Indria, Pengungkapan Pendapatan Non-Halal: PSAK 109 vs Praktik, Jurnal Aplikasi Akuntansi Vol.3 No.2, April 2019.

Wiroso, Akuntansi Transaksi Syariah, (Jakarta: IAI (Ikatan Akuntan Indonesia), 2011)

https://www.aladinbank.id/

https://www.bankaceh.co.id/

https://www.bankntbsyariah.co.id/

https://www.bankmuamalat.co.id/

https://www.btpnsyariah.com/

https://www.islamicmarkets.com

https://www.kbbukopinsyariah.com/

https://www.bcasyariah.co.id/

https://www.bjbsyariah.co.id/

https://www.bankvictoriasyariah.co.id/




DOI: https://doi.org/10.24042/al-mashrof.v3i1.12161

Article Metrics

Abstract views : 95 | PDF downloads : 93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al-Mashrof: Islamic Banking and Finance

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

       

Al-Mashrof is Islamic Banking and Finance a Journal, Published by the Faculty of Islamic Economics and Business at UIN Raden Intan Lampung - Indonesia. (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/almashrof/index). This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.