Etika Dakwah Pada Masyarakat Global

https://doi.org/10.24042/bu.v14i1.4895

Muliawati Muliawati

Abstract


Era globalisasi telah membawa manusia pada kemajuan peradaban. Era ini ditandai dengan penemuan baru dan kemajuan di berbagai bidang. Berbagai bentuk perubahan sosial yang menyertai era globalisasi tersebut pada gilirannya mempengarui cara pandang manusia terhadap kehidupan. Pada era globalisasi nilai moral dan cara hidup berganti begitu cepat cepat menjadi tatanan baru. Tatanan itu semakin menjauhkan manusia dari kepastian moral dan nilai luhur yang telah dipegang teguh. Salah satu persoalan krusial sebagai dampak proses globalisasi yang terkait dengan kehidupan keagamaan adalah makin menipisnya ruang religiusitas dalam kontek kehidupan manusia. Aktivitas dakwah di tengah masyarakat global menuntut pelaku dakwah (da’i, ustadz, kyai, buya) memperhatikan etika komunikasi dakwah agar pesan dakwah yang disampaikan dapat diterima, dipahami dan selanjutnya diaplikasikan dalam kehidupan. Etika komunikasi dakwah harus mempertimbangkan karakteristik mad’u atau jama’ah yang berkaitan dengan budaya, bahasa, adat-istiadat, sistem simbol dan juga harus mengetahui hal-hal yang dibolehkan dan dilarang, mengetahui perkataan dan perbuatan yang terpuji dan tercela dimana dakwah disampaikan.


Full Text:

PDF

References


Advan Navis Zubaidi. “Adopsi Taknologi dalam Dakwah”. Lihat dalam Congress Proceeding “Dakwah dan Pembangunan Bangsa: Strategi Transformatif Masyarakat Multikukltural”. Fak. Dakwah IAIN Sunan Ampel – APDI, Surabaya, 15 s.d. 17 Mei 2009.

Anas, Ahmad, Paradigma Dakwah Kontemporer, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2005.

Arifin, Anwar, Dakwah Kontemporer; Sebuah Studi Komunikasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Aun Falestien Faletehan, Mengapa Harus Menggunakan Manajemen dalam Kegiatan Dakwah?”. Lihat lebih lengkap dalam Congress Proceeding “Dakwah dan Pembangunan Bangsa: Strategi Transformatif Masyarakat Multikukltural”. Fak. Dakwah IAIN Sunan Ampel – APDI, Surabaya, 15 s.d. 17 Mei 2009.

Azis, Moh Ali, Eksistensi Fakultas Dakwah di Indonesia Mengurai, Problematika, Menemukenali Solusi, Ciputat: Sentra Media, 2011.

Azizy, Qodri, Melawan Globalisasi, Reinterpretasi Ajaran Agama, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2003.

Bachtiar, Wardi, Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997, Cet. Ke-1.

Efendi, Onong Uchjana, Komunikasi dan Modernisasi, Bandung: Alumni, 1999.

Enjang dan Aliyudin, Dasar-dasar Ilmu Dakwah, Bandung: Widya Padjadjaran, 2009.

Enjang dan Hajir Tajiri, Etika Dakwah: Suatu Pendekatan Teologis dan Filosofis, Bandung: Widya Padjadjaran, 2012, Cet. Ke-2.

Fakih, Mansour, Sesaat Pikir Teori Pembangunan dan Globalisasi, Yogyakarta: Insist Press, 2001.

Harahap, Syahrin, Islam dan Implementasi Pemberdayaan, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1999.

Idris, Malik, Strategi Dakwah Kontemporer, Makassar: Sarwah Press, 2007.

Ismail, Ilyas dan Prio Hotman, Filsafat Dakwah: Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam, Jakarta: Kencana, 2011.

Mahadi, Ujang, Komunikasi dan Dakwah Kontemporer: Pendekatan Fenomenologi, Interaksi Simbolik dan Dramaturgi, Bogor: IPB Press, 2015.

Nugroho, Heru, Negara, Pasar, dan Keadilan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Rakhmawati, Istina, Potret Dakwah Di Tengah Era Globalisasi Dan Perkembangan Zaman, Jurnal At-Tabsir, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Volume 1, Nomor 1, Januari – Juni 2013.

Rakmat, Jalaludin, Rekayasa Sosial Revormasi, Revolusi, atau Manusia Besar, Bandung ; Remaja Rosdakarya, 1999.

Robert H, Lauer, Perspektif tentang perubahan sosial, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya, 2001.

Saebani, Beni Ahmad,Abdul Hamid, Ilmu Akhlak, Bandung, Pustaka Setia, 2010.

Salmadanis. “Kearifan Dakwah dalam Kemajemukan Umat”. Makalah pada acara Seminar Nasional “Dakwah dan Radikalisme” dan Temu Dekan/Kajur Dakwah se Indonesia diIAIN Imam Bonjol, (Padang, 3 Nopember 2012), h. 14.

Sardar, Ziauddin, Tantangan Dunia Islam Abad 21 Menjangkau Informasi, Bandung: Mizan, 1996.

Soejatmoko, Mejelajah Cakrawala: Kumpulab Karya Visioner Soejatmoko, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1994.

Taufik, M. Tata, Dakwah Era Digital Seri Komunikasi Islam, Jawa Barat: Pustaka al-Ikhlas, 2013.

Wahyu Ilaihi, Dakwah Sebagai Solusi Perdamaian Global. Lihat dalam Congress Proceeding “Dakwah dan Pembangunan Bangsa: Strategi Transformatif Masyarakat Multikukltural”. Fak. Dakwah IAIN Sunan Ampel – APDI, Surabaya, 15 s.d. 17 Mei 2009.

Yusuf Amrozi. “Sumbangsih Teknologi Informasi untuk Pengembangan Dakwah Islam”. Lihat dalam Congress Proceeding “Dakwah dan Pembangunan Bangsa: Strategi Transformatif Masyarakat Multikukltural”. Fak. Dakwah IAIN Sunan Ampel – APDI, Surabaya, 15 s.d. 17 Mei 2009.




DOI: https://doi.org/10.24042/bu.v14i1.4895

Article Metrics

Abstract views : 186 | PDF downloads : 257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bina' Al-Ummah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Bina' al-Ummah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.