Etika Bisnis Islam Dalam Pelayanan Haji dan Umroh

Bayu Kurniawan Dwiatma

Abstract


Nilai-nilai etika bisnis dalam Islam merupakan sesuatu yang penting dan perlu diperhatikan dalam segala aktivitas bisnis atau usaha, karena hal tersebut akan berpotensi menjadi kekuatan dalam perusahaan yang akhirnya akan menjadi stimulus dan berdampak pada loyalitas konsumen terhadap perusahaan itu sendiri. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan didukung dengan pendekatan kualitatif, bersifat deskriptif kuaitatif yang bertujuan untuk menjelaskan dan menjabarkan etika bisnis Islam dalam pelayanan ibadah haji dan umroh
PT. Helutrans Al Haadi Ziarah Tour.Sedangkan metode analisis data pada penelitian ini bersifat induktif, yaitu peneliti terjun ke lapangan, mencari dan mempelajari data, menganalisis, dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada di PT. Helutrans Al Haadi Ziarah Tour untuk diceritakan kepada orang lain. Hasil penelitian ini menunjuk bahwa nilai-nilai etika bisnis Islam yang diimplementasikan oleh PT. Helutrans Al Haadi Ziarah Tour adalah Pertama, nilai kejujuran dalam setiap pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Kedua, nilai kerendahan hati dalam melayani konsumen yang berbentuk apresiasi dan kebijakan. Ketiga, nilai menepati janji dalam pelayanan ibadah haji dan umroh dari apa yang telah tertulis dan diucapkan kepada konsumen. Keempat, nilai tanggung jawab dalam setiap pelaksanaan pelayanan kepada konsumen atau jamaah haji dan umroh.


Keywords


Islamic Business Ethics, Hajj and Umrah Services

Full Text:

PDF

References


Brosur Paket Umroh PT. Helutrans Al Haadi Ziarah Tour.

Buharnuddin Salam, Etika Sosial, (Jakarta: Rineka Cipta, 1994),

Bukhari Alma dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah, (Bandung: Alfabeta, 2009),

------------, Ajaran Islam Dalam Bisnis, (Bandung: Alfabeta, 1994),

Dokumentasi brosur perjalanan umroh PT. helutrans Al Haadi Ziarah Tour

Faisal Badroen, et al, Etika Bisnis dalam Islam. (Jakarta: Kencana, 2006),

Fitri Amalia, Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi pada Pelaku Usaha Kecil, Al-Iqtisad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syari’ah, Vol.6 No.1 Tahun 2014

Hidayatullaili, Ratna, Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Customer Retention Nasabah Simpanan (Studi Kasus Pada Bmt Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), Repositori UMY, 2016

Jaiz M Awwali, Dewi Rahmi, Noviani, Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Usaha Travel Umroh di Kota Bandung, Prosiding Ilmu Ekonomi, Universitas Islam Bandung, 2017

Kasmir, Etika Costumer Service, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2005),.

M. Yatimin Abdullah, Pengantar Studi Etika, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2006),

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Pasal 2 dan Pasal 3 huruf (b).

http://haztour.com/ kamis, 28 juni 2018. Pukul 10.45

WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/bu.v14i1.4901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bina' Al-Ummah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Bina' al-Ummah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.