Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Diet Kantong Plastik

https://doi.org/10.24042/bu.v14i2.5628

Fika Izzati, Mita Nur Safitri

Abstract


                                                            Abstrak

Peranan wanita dalam kancah publik sudah dipandang dan dijunjung tinggi oleh masyarakat. Pandangan inilah yang menjadikan wanita mampu berkiprah mengasah skill dan menelan bangku perkuliahan. Berwirausaha di era industri sebagai bentuk mempertahankan kualitas ekonomi yang baik untuk menjalani roda kehidupan. Tantangan yang dihadapi dalam menumbuhkan  dan mengembangkan jiwa kewirausahaan pada kalangan wanita sangat beragam mulai dari modal, bidang keahlian , keterbatasan produksi, usaha jagka panjang, jaminan pasar produk, kualitas kerja, kualitas produk, dan kemitraan yang minim. Dengan menggunakan research field penulis langsung melakukan wawancara kepada pelaku usaha. Kajian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran bagaimana wanita menggeluti usaha warung makan dan menciptakan inovasi-inovasi baru mengenai “diet kantong plastik” dan guna menjelaskan situasi sosial yang ada di masyarakat tentang peran wanita dalam berwirausaha yang mampu menumbuhkan dan melahirkan inovasi baru. Hasil penenlitian menunjukan bahwa faktor yang dipertimbangkan oleh produsen adalah menciptakan usaha tanpa menghilangkan dampak dari usaha tersebut yaitu mengurangi jumlah sampah plastik untuk menjaga lingkungan dan memberi pelajaran kepada kalangan mashasiswa khususnya dalam melestarikan alam.


Full Text:

PDF

References


Hadiyati, Ernani. (2011). Kreatifitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 13 No. 1. Universitas Gajayana Malang.

Hamdan. (2018). Industri 4.0 Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusamba. Vol. 3 No. 2 Universitas Serang Raya.

Hendratni, Thahya Whisnu dan Ermalina. (2013). Womenpreneur Peranan dan Kendalanya dalam Kegiatan Dunia Usaha. Jurnal Liquitidy. Vol. 2 No. 2. Universitas Pancasila.

Indrayati,Ariyani. (2010). Peranan Wanita Dalam Pemberdayaan Ekonomi Lokal (Studi Kasus Tentang Pola Ruang Belanja Wanita di Daerah Pinggiran Kota Semarang). Jurnal Geografi. Vol. 7. No. 2. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.

Ismail, Oki Achmad. 20017. Promosi Kampanye Diet Kantong Plastik Oleh Greeneration Indonesia, Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, Vol 7 No 1, Universitas Komputer Indonesia.

Julita. (2001). Menuju Kepuasan Pelanggan Melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan. Jurnal Ilmiah “Manejemen dan Bisnis. Vol. 1 No. 1. Program Studi Manejemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.

Mardatillah, Annisa. (2012). Peranan Wanita dalam Pengembangan Usaha Kecil Rumah Tangga untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Vol. 5 No. 2. JIS. UIR.

Munfaqiroh, Siti. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Wirausaha Wanita Miskin untuk Mencapai Keberhasilan Usaha. Jurnal JIBEKA. Vol. 10 No. 1. STIE Malang.

Musanto, Trisno. (2004)S. Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV.Sarana Media Advertising Surabaya. Jurnal Menejemen & Kewirausahaan. Vol 6 No. 2. Jurusan Ekonomi Manejemen. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Nasution, Reni Silvia. (2015). Berbagai cara penanggulangan Limbah Plastik, journal of Islamic Science and Technology, Vol 1 No 1, UIN Ar-Raniry.

Nurseto, Tejo. (2004). Strategi Menumbuhkan Wirausaha Kecil Menengah yang Tangguh. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol. 1 No. 1. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pramiati Purwaningrum. (2016). Upaya Mengurangi Timbulnya Sampah Plastik di Lingkungan. JTL. Vol. 8 No. 2. Jurusan Teknik Lingkungan. Universitas Trisakti.

Santoso, Imam. (2014). Masalah Dan Tantangan Pengembangan Kewirausahaan Pada Kalangan Mahasiswa di Indonesia. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Vol. 3 No. 1. Universitas Jendral Soedirman.

Saputri, Rizki Kusumadewi & Fathul Himam. (2015). Mindset Wanita Pengusaha Sukses, Jurnal Psikologi, Vol 42 No 2, Universitas Gadjah Mada.

Sofia, Irma Paramita. (2015). Konstruksi Model Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) sebagai gagasan Inovasi Sosial Bagi Pembangunan Perekonomian, Jurnal Universitas Pembangunan, Vol 2 No 2, Universitas Pembangunan Jaya.

Sukirman. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 20 No. 1. Fakultas Ekonomi. Universitas Muria Kudus.

Wanda. (2019). Upaya Menanggulangi Limbah Sampah Plastik dari Belanda.JOM FISIP. Vol. 6 No. 1. Jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Universitas Riau.

Wijoyo, Andria. (2014). Pengaruh Variable Marketing Mix terhadap Customer Loyalty Honda Ramayana Basuki Rachmad dengan Customer Satisfaction sebagai Variable Intervening. Jurnal Menejemen Pemasaran Petra. Vol. 2 No. 1. Program Menejemen Pemasaran. Universitas Kristen Petra.




DOI: https://doi.org/10.24042/bu.v14i2.5628

Article Metrics

Abstract views : 38 | PDF downloads : 21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bina' Al-Ummah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Bina' al-Ummah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.