PENDEKATAN BEHAVIOR DALAM MENANGANI PERILAKU INDISIPLINER SISWA KORBAN PERCERAIAN DI SMP DIPONEGORO, YOGYAKARTA

Muchamad Agus Slamet Wahyudi

Abstract


Artikel ini memapakan konsep pendekatan behavior dalam menangani perilaku insdisipliner pada siswa korban perceraian di SMP Diponegoro, Sleman, Yogyakarta. Behavior sendiri merupakan salah satu pendekaan dalam bimbingan dan konseling untuk mengatasi perilaku mal-adaptif menuju ke sikap adaptif. Pendekatan behavior merupakan pendekatan yang tepat guna menangani keidakdisiplin siswa di sekolah, agar siswa mampu menjalankan tugasnya dengan baik di sekolah, tanpa mengalami hambatan. Perilaku tidak disiplin ini dipengaruhi oleh beberapa alasan, termasuk masalah-masalah privat siswa yang merupakan akibat dari perceraian. Tulisan ini berdasarkan kepada sebuah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan behavior danmetode deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini memaparkan beberapa upaya proses konseling bagi beberapa siswa tersebut; dimulai kontrak konseling, relaksasi, modeling, reward dan punishment sampai tahap follow-up. Dengan tahapan alur behavior ini, proses pengubahan sikap siswa yang tidak disiplin dapat ditingkatkan dan siswa mampu bersikap adaptif.


Keywords


behavior; siswa; disiplin; perceraian

References


Al Barry, M. Dahlan. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola,

Dahlan, Abdul Choliq. Bimbingan dan Konseling Islami (Sejarah,

Konsep dan Pendekatannya). Yogyakarta: Pura Pustaka,

Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter, Strategi Membangun

Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar, 2012.

Prastowo, Andi. Memahami Metode-Metode Penelitian: Suatu

Tinjauan Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,

Ariesandi, Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, Tips

dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Arsip Guru BK SMP Diponegoro, mengenai pendampingan siswa

yang melanggar peraturan. Jum’at, 1 September 2016.

Abdullah, Boedi & Beni Ahmad Saebani. Pernikahan dan

Perceraian Keluarga Muslim. Bandung: Pustaka Setia,

Corey, Gerald. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi.

Bandung: Eresco, 1988.

Raco, J. R. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan

Kegunaannya. Jakarta: Grasindo, 2010.

Lesmana, Jeanette Murad. Dasar-Dasar Konseling. Jakarta: UI

Press, 2005.

Hidayatullah, M. Furqon. Pendidikan Karakter: Membangun

Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pressindo, 2010.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/03/16/o448mg

-duh-angka-perceraian-di-sleman-meningkat, diakses

pada Rabu, 16 Maret 2016, 12.01 WIBwi.

Musrofi, M. Melesatkan Prestasi Akademik Siswa, Cara Praktis

Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Tanpa Kekerasan

dan Tanpa Harus Menambah Jam Belajar. Yogyakarta: PT

Pustaka Intan Madani, 2010.

Yusuf, M. “Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Anak”, Jurnal

Al-Bayan, vol. 20, no. 29, (Juni 2014).

Sanyata, Sigit. “Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik dalam

Konseling”. Jurnal Paradigma, no. 14, th. VII, (Juli 2012).

Sudarsono, Kenakalan Remaja, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1995.

Sulistyorini, Menejemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi dan

Aplikasi, Yogyakarta: Teras, 2009.

W.S. Wingkel Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan,

Jakarta: Gramedia, 1997

Wawancara Guru BK SMP Diponegoro Depok, Sleman,

Yogyakarta pada Hari Senin, 29 Agustus 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsk.v16i2.1121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Analisis: Jurnal Studi Keislaman

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0

Analisis: Jurnal Studi Keislaman Indexed by:

    

   

   

 

ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman [p-ISSN: 2088-9046, e-ISSN:2502-3969] published by Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Office: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Jl. Letkol H. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, INDONESIA, KP. 35131. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis, email: analisis@radenintan.ac.id