Pergeseran Pemikiran Kalam Tradisional ke Kontemporer (Kajian Metodologi Kalam Klasik ke Kalam Sosial)

Ahmad Muhtarom

Sari


Bangunan epistemologi dan metodologi dalam kalam klasik cenderung bersifat skriptualis dan anatomistik, yang tidak mengindahkan kehidupan nyata. Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam menjawab berbagai tantangan keilmuan yang kian modern. Sedangkan pembahasan kalam kontemporer tidak selalu sama dengan wacana yang ditelurkan kalam klasik namun harus ada penambahan, perluasan objek kajian, progresifitas berpikir, inovasi, rekonstruksi, dialogisasi, integrasi yang semuanya menunjukkan akan pentingnya pergeseran paradigma yang lebih membumi dan dapat menyesuaikan dengan disiplin keilmuan profan lainnya tanpa ada sikap tabu, alergi dan antipati terhadap disiplin keilmuan di luar diri (eksternal) kajian kalam klasik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abduh, Muḥammad, Risālat al-Tawḥīd, Kairo: Dār al-Manār, 1366 H.

Abdullah, M. Amin, ‘Fikih dan Kalam Sosial Era Kontemporer; Perjumpaan Ulūm al-Dīn dan Sains Modern Menuju Fresh Ijtihad’, dalam Akhmad Sahal dan Munawir Aziz (ed.), Islam Nusantara; Dari Ushūl Fikih Hingga Paham Kebebasan, Bandung: Mizan, 2015.

_______, Islamic Studies di Perguruan Tinggi; Pendekatan Integratif-Interkonektif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Abū Ḥanīfah, al-Fiqh al-Absaṭ, Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, t.t.

Al-Ahwānī, Aḥmad Fuād, Filsafat Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2008.

Anīs, Ibrāhim, dkk, al-Mu‘jam al-Wasīṭ, Kairo: Majma‘ al-Lughah al-‘Arabiyyah, t.t.

Al-Aṣbihānī, Abū Nu‘aym, Ḥilyat al-Awliyā’ Wa Ṭabaqāt al-Aṣfiyā’, Beirut: Dār al-Kutub al‘Arabī, t.t.

Al-Baghdādī, ‘Abd al-Qāhir bin Ṭāhir, al-Farq Bayn al-Firāq, Beirut: Dār al-Kutub al‘Ilmiyyah, t.t.

Bayāḍī, Kamāl al-Dīn Aḥmad bin Ḥusayn. Isyārāt al-Marām Min ‘Ibarāt al-Imām Abī Ḥanīfah al-Nu‘mān Fī Uṣūl al-Dīn, Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2007.

Al-Dzahabī, Muḥammad bin Aḥmad, Mīzān al-I‘tidāl Fī Naqd al-Rijāl, Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1995.

Foudah, Sa‘īd ‘Abd al-Laṭīf, Mawqīf al-Imām al-Ghazālī Min ‘Ilm al-Kalām, Beirut: Dār alFatḥ, 2009.

Al-Ghazālī, Muḥammad bin Muḥammad, Iljām al-‘Awām ‘An ‘Ilm al-Kalām, Beirut: Dār alFikr, 1993.

Al-Ghurābī, ‘Alī Muṣṭafā, Tārīkh al-Firaq al-Islāmiyyah Wa Nasy’at ‘Ilm al-Kalām ‘Ind alMuslimīn, Kairo: Maktabah Muḥammad ‘Alī Ṣabīh wa Awlāduhu, t.t.

Ibn Ḥazm, Al-Faṣl fī al-Milal wa al-Ahwā’ wa al-Niḥal, Beirut: Dār al-Ma‘rifah, 1983. Ibn Katsīr, Ismā‘īl bin ‘Umar, al-Bidāyah Wa al-Nihāyah, Beirut: Maktabah al-Ma‘ārif, t.t. Ibn Manẓūr, Muḥammad bin Mukrim, Lisān al-‘Arab, Beirut: Dār al-Ṣādir, t.t.

Al-Ījī, ‘Abd al-Raḥmān bin Aḥmad, al-Mawāqif fī ‘Ilm al-Kalām, Mekah: Dār al-Bār, t.t.

Kiswali, Tsuroya, al-Juwaini, Peletak Dasar Teologi Rasional dalam Islam, Jakarta: Erlangga, 2005.

Al-Lālakā’ī, Abū al-Qāsim, Syarḥ I‘tiqād Ahl al-Sunnah Wa al-Jamā‘ah, Mekah: Dār Ṭayyibah, 2003.

Nasution, Harun, Teologi Islam: Aliran-Aliran, Sejarah Analisa Perbandingan, Jakarta: UIPress, 2013.

Al-Nasysyār, ‘Alī Sāmī, Nasy’at al-Fikr al-Falsafī, Kairo: Dār al-Ma‘ārif, 1977.

Al-Qārī, ‘Alī, Syarḥ al-Fiqh al-Akbar Li al-Imām Abī Ḥanīfah, Beirut: Dār al-Kutub al‘Ilmiyyah, 1984.

Al-Rāzī, Muḥammad bin Abī Bakr, Mukhtār al-Ṣiḥḥāḥ, Beirut: Dār al-Fikr, 2009.

Al-Rāziq, Muṣṭafā’ ‘Abd, Tamhīd Li Tārīkh al-Falsafah al-Islāmiyyah, Kairo: Lajnah al-Ta’līf wa al-Tarjamah, 1959.

Al-Ṣābūnī, ‘Alī, Ṣafwat al-Tafāsīr, Kairo: Dār al- Ṣābūnī, 1997.

Al-Suyūtī, Jalāl al-Dīn, al-Jāmi‘ al-Ṣaghīr, Beirut: Dār al-Fikr, t.t.

Al-Syahrastānī, Muḥammad bin ‘Abd al-Karīm, Al-Milal wa al-Niḥal, Beirut: Dār al-Kutub al- ‘Ilmiyyah, 2011.

Syaltūt, Maḥmūd, al-Islām Wa al-Syarī‘ah, Kairo: Dār al-Qalam, 1966.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Creative Commons License

All Publications by Analisis: Jurnal Studi Keislaman [p-ISSN: 2088-9046; e-ISSN: 2502-3969] are licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.