Respon Agama Terhadap Persoalan Sosial Ekonomi: Studi Terhadap Grameen Bank

Ibnu Farhan

Abstract


Islam sebagai  suatu  sistem kepercayaan, isinya tidak  hanya  terbatas pada pembahasan mengenai kehidupan akherat saja, tetapi juga mempunyai perhatian terhadap kehidupan dunia, diantaranya dalam mengentaskan kemiskinan. Islam mengajurkan agar pemeluknya bersedekah, berinfak dan saling membantu terhadap yang membutuhkan. Berdeda halnya dengan lembaga keuangan secara umum, seperti Bank. Lembaga ini tentu saja berorientasi pada keuntungan sebanyak mungkin, sehingga dalam praktiknya sering kali mengabaikan kelompok yang dianggap tidak akan menguntungkan mereka, seperti orang miskin. Muhammad Yunus berusaha memadukan dua hal yang satu sama lain bertentangan ini. Ia ingin menunjukkan bahwa lembaga yang berkaitan  dengan  sistem  ekonomi, termasuk  bank  di  dalamnya harus juga memperhatikan aspek kemanusiaan. Hal ini yang kemudian ia wujudkan dengan  membangun Grameen Bank. Penelitian ini akan membahas Bagaimana konsep Grameen Bank yang digagas oleh Muhammad Yunus? Jalannya penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif analitis. Grameen Bank didirikan sebagai  solusi  untuk  mengentaskan kemiskinan di  Bangladesh. Muhammad Yunus ingin menyampaikan bahwa untuk memperoleh keuntungan tidak mesti harus mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan.

Keywords


Yunus; Grameen Bank; kemiskinan.

References


Ahmad Fauzan Mubarok, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pengetasan Kemiskinan Oleh Grameen Bank, Dalam Jurnal Isti’dal: Jurnal Studi Hukum Islam, Vol.4, No. 2, 2017.

Dimyati “Pengentasan Kemiskinan Model Muhammad Yunus” dalam Jurnal Irtifaq, Vol. 1, No. 2, UNHASY Jombang, 2014.

Haqiqi Rafsanjani, Studi Kritis Pemikiran Muhammad Yunus Tentang Grameen Bank, dalam jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankkan Syariah, vol.2, no. 1, 2017.

Hirshi anadza, “Alternatif Tradisionalitas CSR dalam Praktek Bisnis Sosial: Kasus Grameen Danone di Banglades” dalam Jurnal Hubungan Internasional, No.2, Juli Desember 2014

Mahmud Toha, Memberdayakan Usaha Kecil Melalui Grameen Bank, Jakarta: LIPI, 2000.

Muhammad Yunus dan Alan Jolis, Bank Kaum Miskin, Terj. Irfan Nasution, Depok: Marjin Kiri, 2007.

Muhammad Yunus, Menciptakan Dunia Tanpa Kemiskinan, Terj. Rani, Jakarta: Gramedia Pustaka Umum, 2008.

Nanih Machendrawati & Agus Ahmad, Pengembangan Masyarakat Islam, Bandung: Rosdakarya, 2001.

Nurhayati “Social Enterpreneurship Muhammad Yunus Grameen Bank” dalam Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan, Vol. 2, No. 1, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2016.

Pandu Suharto, Grameen Bank, Jakarta: LPPI, 1999.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsk.v19i2.3304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Analisis: Jurnal Studi Keislaman

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0

Analisis: Jurnal Studi Keislaman Indexed by:

    

   

   

 

ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman [p-ISSN: 2088-9046, e-ISSN:2502-3969] published by Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Office: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Jl. Letkol H. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, INDONESIA, KP. 35131. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis, email: analisis@radenintan.ac.id