Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kepercayan Diri Pada Siswa-Siswi Kelas X Sma Negeri 1 Raman Utara Kabupaten Lampung Timur Tahun 2019/2020

Dewi Lutfianawati, Nia Triswanti, Astri Pinilih

Abstract


Latar Belakang : kepercayaan diri adalah sebagai suatu sikap atau perasaan yakin akan kemampuan diri sendiri, interaksi sosial, konsep diri, berani mengungkapkan pendapatnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri adalah dukungan sosial. Dukungan sosial yaitu adanya interaksi yang ditunjukan dengan memberikan bantuan dukungan secara emosional ,penghargaan, instrumental, informasional.Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan dukungan sosial terhadap kepercayaan diri pada siswa-siswi Kelas X Sma Negeri 1 Raman Utara Kabupaten Lampung Timur 2019/2020.Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah analitik dengan menggunakan pendekatan metode cross sectional menggunakan teknik total sampling sebanyak 120 sampel yang terpilih berdasarkan kriteria inklusi dan kriteria esklusi. Pengambilan data dilakukan pada bulan Januari 2020. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Raman Utara Kabupaten Lampung Timur. Data statistik uji pearsonn menggunakan SPSS versi 20.Hasil penelitian : didapatkan responden penelitian berjumlah 120 siswa-siswi dengan  tingkat kepercayaan diri sedang berjumlah 75 responden (62,5%) dan kepercayaan diri tinggi berjumlah 45 responden (37,5). Tingkat dukungan sosial tinggi berjumlah 120 responden (100%). Analisis statistic menggunakan uji pearsnn menunjukkan p-value sebesar 0,000 dengan uji korelasi  sebesar 0,429.Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan sosial terhadap kepercayaan diri pada siswa-sisiwi SMA Negeri 1 Raman Utara Kabupaten Lampung Timur 2019/2020. Dukungan Sosial Mempengaruhi Kepercayaan Diri Sebesar 18%.


Full Text:

PDF

References


Afiatin, T., & Andayani, B. 1998. Peningkatan kepercayaan diri remaja penganggur melalui kelompok dukungan sosial. Jurnal Psikologi, 25(2), 35-46.

Ali, M. & Asrori, M. 2014. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariani, D. S. 2015. Hubungan Antara Dukungan Sosial Rekan Kerja Dan Komitmen Karier Pada Guru SMA di Kota Salatiga. Jurnal Psikologi, 14(2), 111-117.

Centi, P. J. 1993. Mengapa Rendah Diri. Yogyakarta: Kanisius.

Dafid, M. 2014. Pengaruh Istighosah Terhadap Percaya Diri Siswa Menghadapi Ujian Nasional Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Karangrejo. Jurnal psikologi, 16(3), 120-134.

Ghufron, Nur, dan Risna wita Rini. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-RuzzMedia, 2011.

Islamy, R. 2018. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Sosial Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung . (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Komara, I. B. 2016. Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajp.v4i1.6041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 ANFUSINA: Journal of Psychology