ANALISIS FAKTOR PERCERAIAN SUAMI ISTRI DI USIA SENJA ( Studi Kasus Pada Masyarakat Kec. Teluk Betung Timur Kota Bandar Lampung )

https://doi.org/10.24042/asas.v11i2.5601

Hervin Yoki Pradikta, Maya Noviana Sari

Abstract


Setiap pasangan suami istri senantiasa mendambakan terciptanya rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warahmah kenyataannya perceraian tidak dapat dihindarkan, walaupun berbagai usaha dan upaya telah dikerahkan ke arah itu. Padahal perceraian sedapat mungkin harus dihindarkan mengingat perbuatan tersebut dilarang dan aib sifatnya kecuali dalam keadaan benar-benar terpaksa. Semakin lamanya usia pernikahan seharusnya semakin lebih bisa mengatasi permasalahan  dalam rumah tangga, namun tidak ada yang menjamin kelanggengan suatu pernikahan, belum tentu pasangan yang sudah menikah berpuluh-puluh tahun akan tetap awet hingga ajal memisahkan. Terkadang masalah kecil justru yang mendatangkan perceraian, maka terjadinya perceraian di usia senja, permasalahan dalam penelitian ini faktor-faktor apa saja yang menyebabkan perceraian di usia senja dan akibat hukum dari perceraian di usia senja.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitis dengan Penelitian menggunakan pendekatan sosiologi agama sebagai kerangka teori guna menjelaskan sebab-sebab masyarakat yang bercerai di usia senja pada masyarakat Kecamatan Teluk Betung Timur. Alat pengumpul data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Kerangka teori diarahkan untuk memberikan landasan bagi analisis dan pembahasan permasalahan. Penelitian ini menggunakan teori maslahat  sebagai pisau analisisnya. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu faktor perceraian suami istri di usia senja pada masyarakat Kecamatan Teluk Betung Timur salah satunya adalah karena faktor ekonomi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24042/asas.v11i2.5601

Article Metrics

Abstract views : 55 | PDF downloads : 67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ASAS



 

http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/asas/index:is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.