Conformity Analysis of HOTS (Higher-order Thinking Skills) Based on Critical Thinking in the Evaluation of High School Biology Learning in the East Cirebon Region

Ajeng Mudaningrat, Yuyun Maryuningsih, Indah Rizki Anugrah

Abstract


This study aims to analyze the suitability of HOTS (Higher-order Thinking Skills) based on critical thinking on the Odd Semester Final Examination questions for high school biology lessons in the East Cirebon Region. The research subjects were schools in the Cirebon area, namely SMAN 1 Lemahabang, MAN 3 Buntet Pesantren Cirebon and MA NU Putri Buntet Pesantren Cirebon. Data analysis is presented in the form of percentages and then described based on critical thinking indicators (characteristic thinking) based on Facione, (2011) on the Biology Final Semester Exam (UAS). The odd semester final exam (UAS) for biology subjects already contains critical thinking skills, but the percentage is still low. The most dominating indicator is interpretation. Based on this research, it shows that the questions made by the teacher are not sufficient to cultivate students' critical thinking skills

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian HOTS (Higher-order Thinking Skills) berdasarkan critical thinking pada soal Ujian Akhir Semester ganjil pelajaran biologi SMA se-Wilayah Cirebon Timur. Subjek penelitian adalah sekolah yang ada di wilayah Cirebon yaitu SMAN 1 Lemahabang, MAN 3 Buntet Pesantren Cirebon dan MA NU Putri Buntet Pesantren Cirebon. Analisis data disajikan dalam bentuk persentase selanjutnya dideskripsikan berdasarkan indikator berpikir kritis (ciritical thinking) berdasarkan Facione, (2011) pada soal Ujian Akhir Semester (UAS) biologi. Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil mata pelajaran biologi sudah memuat keterampilan berpikir kritis, namun dengan persentase yang masih rendah. Indikator yang paling mendominasi adalah interpretasiBerdasarkan penelitian tersebut menunjukkan bahwa soal yang dibuat oleh guru belum memadai untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa


Keywords


Critical Thinking; Evaluation; Higher-Order Thinking Skills; HOTS

Full Text:

PDF

References


Agustine, J., Nizkon, N., & Nawawi, S. (2020). Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA kelas X IPA pada materi virus. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23297

Alya, R. A., Nur. Q. (2022). Validasi E-Book Tipe Flipbook Materi Sistem Pencernaan Manusia Berbasis PBL Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. BioEdu, 11(2), 330–340.

Amalia, R. F., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Konten Higher-order Thinking Skills (Hots) Soal Fisika Sbmptn Tahun 2018. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 89–95.

Angkol. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Pada Penguasaan Konsep Materi Virus Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Di Sma Negeri 1 Tomohon. Universitas Negeri Manado, Vol 5, No(1).

Cahyani, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi Kelas Xi SMA. UNESA Journal of Chemistry Education, 8(3), 320–326.

Desi, N. A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran. Florea, 6(1), 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Dinna, R. A. R. P. W. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher-order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779

Ennis, R. H. & Eric, W. (1985). The Ennis-Weir Critical Thinking Essay Test, Test Manual Criteria Scoring Sheet An Instrument For Teaching and Testing. Midwest Publications.

Ernawati, R. J. (2020). Analisis Level Kognitif Soal Ujian Akhir Semester (Uas) Geografi Kelas Xi Semester Gasal Sma Negeri Se-Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Anderson. Jurnal Buana, 4(6).

Facione, P. A. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts in Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.).

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher-order thinking skills from elementary to master students in environmental learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935–942. https://doi.org/10.12973/eujer.8.4.935

Irawan, T. A., Rahardjo, S. B., & Sarwanto. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 21, 232–236.

Johnson, E. B. (2014). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Kaifa.

Kartimi. (2012). Pengembangan alat ukur berpikir kritis pada konsep senyawa hidrokarbon untuk siswa SMA di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pendidikan MIPA Universitas Lampung, 13 (1).

Lestari, D., Mulyani, E. ., & Susanti, R. (2016). Pengembangan Perangkat Blended Learning Sistem Saraf Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Innovative Science Education, 5(1), 83–93. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Linda, Z., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. IKAPI : Erzatama Karya Abadi.

Musdalifah, M., Syamsudduha, S., & Nursalam, N. (2020). Analisis Kualitas Soal Buatan Guru Biologi Dalam Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Biotek, 8(1), 44. https://doi.org/10.24252/jb.v8i1.10471

Nafisa, D., & Wardono. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma, 2, 854–861.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.

Putri, I. A., Widiyanto, R., & Mahmud, M. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran SETS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Berkemampuan Rendah (Single Subject Research). Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 141–160. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i2.20546

Ratna Purwati, Hobri, A. F. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving. KadikMa, 7(1), 84–93. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v7i1.5471

Rifana, R., Burhanudin, D., & Septiyanti, E. (2021). Analisis Soal Higher-order Thinking Skill (Hots) Bahasa Indonesia Dalam Ujian Sekolah Smp Negeri 4 Dumai. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(2), 121–129. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i2.1582

Rika, J. P., Luluk, F. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. INSPIRAMATIKA, 7(3), 16–26.

Rositawati, D. N. (2019). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 74. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28514

Safrida, L. N., Ambarwati, R., Adawiyah, R., & Albirri, E. R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5095

Sani, R. A., & Bunawan, W. (2022). Soal Fisika HOTS Berpikir Kreatif, Kritis, Problem Solving. Jakarta : Bumi Aksara.

Sari, D. P., Puspita, L., Handoko, A., & History, A. (2021). Contextual Teaching And Learning Model Assisted By Zoom Cloud Meetings: The Impact On Students’ Critical Thinking Skills. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 12(1), 32–39. https://doi.org/10.24042/b

Susilowati, Y., & Sumaji, S. (2021). Interseksi Berpikir Kritis Dengan Higher-order Thinking Skill (Hots) Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 5(2), 62. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i2.2850

Yunita, S., Rohiat, S., & Amir, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Kimia Pada Siswakelas Xi Ipa Sman 1 Kepahiang. Alotrop, 2(1), 33–38. https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.462




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/biosfer.v13i1.11701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Biosfer: Jurnal Tadris Biologi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0