Developing The Cirebon City Toponymy-Based Digital Encyclopedia as a Plantae Learning Resource for the Tenth-Grade Senior High School Students

Lulu Ulfah Audriansyah, Ina Rosdiana Lesmanawati, Shofwatun Nada

Abstract


This study aims to create a toponymy-based Digital Encyclopedia of the Cirebon City area which has biological elements so that it can be used as a learning resource for Plantae material for class X SMA/MA which is suitable for use in learning. This type of research is Research and Development (R&D) using the ADDIE model. The results showed that there were 9 toponyms with biological elements in the form of plant names in Harjamukti District and Kesambi District in the Cirebon City area. The development of research results into learning resources on Plantae material in the form of a Digital Encyclopedia made using software called Sketchware. The Digital Encyclopedia created and developed in the form of an application can be run on smartphones with the Android operating system. The Digital Encyclopedia is suitable for use as a learning resource for Plantae Class X SMA/MA based on validation tests and teacher and student responses

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk membuat Ensiklopedia Digital berbasis toponimi wilayah Kota Cirebon yang memiliki unsur biologis sehingga dapat dijadikan sumber belajar pada materi Plantae kelas X SMA/MA yang layak digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 9 toponimi berunsur Biologi berupa nama tumbuhan pada Kecamatan Harjamukti dan Kecamatan Kesambi di wilayah Kota Cirebon. Pengembangan hasil penelitian menjadi sumber belajar pada materi Plantae berupa Ensiklopedia Digital dibuat dengan menggunakan software bernama Sketchware. Ensiklopedia Digital yang dibuat dan dikembangkan berupa aplikasi dapat dijalankan pada smartphone dengan sistem operasi Android. Ensiklopedia Digital layak digunakan sebagai sumber belajar materi Plantae Kelas X SMA/MA berdasarkan uji validasi serta respon guru dan siswa


Keywords


Digital Encyclopedia; Learning Resources;Plant material Plantae Encyclopedia.

Full Text:

PDF

References


Aspita, S. (2019). Pemecahan Dormansi dan Perkecambahan Keranjik (Dialium indum L.) secara Mekanis dan Kimiawi. PIPER, 15(29), 1–14.

Ayu, R. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Paku Sebagai Sumber Belajar Keanekaragaman Hayati. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 7(1), 1–6. https://doi.org/10.29407/jbp.v7i1.14797

Chozin, M. A., & Jamhuri, A. (2019). Pesantren Benda Kerep sebagai Penjaga Tradisi Islam Nusantara. Jurnal Educationem, 1(01), 19–36.

Daman, H. (2017). Geografi Variasi Bahasa Daerah. Jurnal Gramatika, 3(2), 239–248.

Fakhri, L. (2020). Ensiklopedia Kain Songket Berbasis Android. Jurnal Informanika, 6(2), 12–22. https://doi.org/https://doi.org/10.52233/informanika.v6i2.162

Fatmala, D., & Upik, Y. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Plantae untuk Siswa SMA menggunakan Eclipse Galileo. Biodik, 2(1), 1–6.

Gita, A. R., & Nila, M. M., (2019). Optimalisasi Toponimi Kecamatan Di Kabupaten Banyumas Guna Penguatan Identitas Budaya Masyarakat Banyumas. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Sumber Daya Perdesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX. 9(1).

Gunawan, H. (2019). 100 Spesies Pohon Nusantara Target Konservasi Ex Situ Taman Keanekaragaman Hayati. Bogor : IPB Press.

Hariani, M. L. (2014). Analisis Pengembangan Potensi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Cirebon. Jurnal Konstruksi, 1(11), 2085–8744.

Hasanah, U., & Junaedi, D. (2021). Tafsir Kata Uffin Dalam Al-Qur ’ An : Studi Etika Komunikasi Antara Orang Tua dan Anak Dalam Pandangan Masyarakat Cibogo. Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1.

Heriyanto, N. M., & Gunawan, H. (2020). Keanekaragaman Jenis Pohon dan Potensi Serapan Karbon Taman Kehati Bumi Patra, Indramayu, Jawa Barat. Buletin Kebun Raya, 23(3), 210–219.

Hielganingsih, L. (2021). Pengembangan Ensiklopedia Digital Pengenalan Alat-Alat Laboratorium. Doctoral dissertatio. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Irawati, I. (2015). Pengembangan Ensiklopedi Keanekaragaman Tumbuhan Angiospermae Berbasis Potensi Lokal di MTs Negri Seyegan Dengan Muatan Keislaman. Skripsi. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.

Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66. https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859

Jufrida, J., Basuki, F. R., & Rahma, S. (2018). Potensi Kearifan Lokal Geopark Merangin Sebagai Sumber Belajar Sains Di SMP. EduFisika, 3(01), 1–16. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i01.5773

Kumar, N., & Tomar, M. (2019). Influence of nanoadditives on ignition characteristics of Kusum (Schleichera oleosa) biodiesel. International Journal of Energy Research, 43(8), 3223–3236. https://doi.org/10.1002/er.4446

Kurnia, N. (2021). Produksi Bioetanol dari Daun Rumput Gajah (Pennisetum purpureumt) dengan Metode Simultaneous Saccharification and Fermentatio (SSF) menggunakan Bakteri Clostridium acetobutylicum. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Lestari, R. (2017). Koleksi Tumbuhan Buah Kebun Raya Katingan. Jakarta : LIPI Press.

Martini, E. (2020). Arahan Penataan Kawasan Terminal Harjamukti, Kelurahan Kecapi, Cirebon. Forum Ilmiah, 17(2), 271–286.

Mendala, Nuri Dewi Muldayanti, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Kingdom Animalia Di Man 2 Pontianak. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 8(1), 61–74. http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JPK/article/view/1396

Muhyidin, A. (2017). Kearifan Lokal Dalam Toponimi Di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten: Sebuah Penelitian Antropolinguistik. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 232–240. https://doi.org/10.17509/bs

Noor, R. (2019). Habitat’s Biodiversity of Endemic and Introduction Fruit Trees in Samboja District Kutai Kartanegara Regency. Journal of Biodiversity and Environmental Sciences, 14(4), 54–64.

Nuansa, N. S. (2017). Kajian Nilai Pada Toponimi Di Wilayah Kota Cirebon Sebagai Potensi Sumber Belajar Geografi. Jurnal Geografi, 14(1), 54–67. https://doi.org/10.15294/jg.v14i1.9777

Nurutstsany, E., Hidayat, S., & Hayati, N. (2020). Developing Islamic-Based Botanical Encyclopedia as a Learning Resource. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 11(2), 151–158. https://doi.org/10.24042/biosfer.v11i2.6830

Pambudi, A. R., Wasiaturrahmah, Y., & Aspriyanto, D. (2021). Antibacterial Effectiveness Of Kecapi Sentul Extract (Sandoricum Koetjape Merr.) Against Streptococcus Mutans. ODONTO Dental Journal, 8(2), 1–10.

Rahmayani, R., Palennari, M., & Rachmawaty, R. (2021). Pengaruh Sumber Belajar Biologi Berbasis E-Book terhadap Regulasi Diri Peserta Didik SMA pada Materi Plantae. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 51–59.

Ramadani, R. (2019). Analisis Usahatani Rumput Gajah (Pennisetum purpureum) di Desa Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi. Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Rambey, R., Susilowati, A., Rangkuti, A. B., Onrizal, O., Desrita, Ardi, R., & Hartanto, A. (2021). Plant diversity, structure and composition of vegetation around barumun watershed, north sumatra, indonesia. Biodiversitas, 22(8), 3250–3256. https://doi.org/10.13057/biodiv/d220819

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Pendidik, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Jakarta : Alfabeta.

Rifai, M., & Wulandari, R. (2020). Pengaruh Ekstrak Bawang Merah Terhadap Pertumbuhan Stump Tanjung (Mimusops elengi. L). Jurnal Warta Rimba, 8(1), 28–33.

Ruspandi, J., & Mulyadi, A. (2014). Fenomena Geografis di Balik Makna Toponimi di Kota Cirebon. Jurnal Gea, 14(23), 1–13.

Saptono, N., & Widyastuti, E. (. (2019). ). Situs-Situs Arkeologi di Daerah Gegunung sebagai Jejak Permukiman Awal di Cirebon. Jurnal Panalungtik, 2(2), 109–126.

Segara, N. B. (2017). Kajian Nilai pada Toponimi di Wilayah Kota Cirebon sebagai Potensi Sumber Belajar Geografi. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian, 14(1), 54–67.

Sofian, A., Kusmana, C., Fauzi, A., & Rusdiana, O. (2019). Ecosystem services-based mangrove management strategies in Indonesia: A review. AACL Bioflux, 12(1), 151–166.

Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654

Tandra, R. R. (2017). Karakteristik Buah Keranji (Dialium indum L.) Selama Penyimpanan Pada Suhu Yang Berbeda. Skripsi. Indralaya : Universitas Sriwijaya.

Valentino, N. (2022). Karakteristik Struktur Komunitas Makrozoobentos Di Perairan Ekosistem Mangrove Gili Lawang, Lombok Timur. Jurnal Belantara, 5(1), 119–130.

Wulandari, E., Education, B., Science, N., & Yogyakarta, U. N. (2022). Biosfer : Jurnal Pendidikan Biologi learning in senior high school. 14(2), 250–263.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/biosfer.v13i1.12402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Biosfer: Jurnal Tadris Biologi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0