PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SOCIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP REFLECTIVE JUDGMENT SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG

Fitria Wulandarai, Akbar Handoko, Bambang Sri Anggoro

Abstract


Abstrak: Penelitian yang telah dilakukan merupakan jenis penelitian quasy eksperimen. Penelitian  dilaksanakan di SMPN 11 Bandar Lampung yang bertempat di Jl. Sentot Kel. Ketapang Kec. Panjang Bandar Lampung. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi socio scientific issues terhadap reflective judgment siswa kelas IX SMPN 11 Bandar Lampung pada materi sistem reproduksi. Desaian penelitian yang digunakan adalah The Matching only posttest control group design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk instrument pada penelitian terdiri dari tes essay yang indikator disesuaikan dengan tahapan pemikiran reflective. Hasil penelitian berupa data kuantitaif, data yang digunakan dalam penelitian yaitu tes berupa soal essay yang digunakan untuk mengetahui reflective judgment siswa. Uji hipotesis penelitian menggunakan ujit, sebelum dilakukan uji t data diuji dulu menggunakan uji prasyarat  yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Socio scientific issues kelas eksperimen diperoleh nilai posttestrata-rata 74,42 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 70,73. Untuk uji t pada posttes diperoleh data  thitung = 10,0882523 ttabel(0,05) = 1,6669.  Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Socio scientific issues berpengaruh positif terhadap hasil nilai posttes, dengan pembelajaran berbasis SSI dapat mempengaruhi Reflective judgment siswa sehingga saat disajikan suatu masalah atau isu-isu sosial lebih bijaksana dalam pengambilan keputusan yang baik.


Keywords


Kata kunci: Strategi Socio scientific issues, Reflective judgment

References


Abdallah Salim Zo’bil. The Effect of Using Socio-Scientific Issues Approach in Teaching Environmental Issues on Improving the Students’ Ability of Making Appropriate Decisions Towards These Issues. International Education Studies; Vol. 7 No. 8,2014.

Anas Sudijono. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo persada, 2013.

Anis Samrotul Tathifah. Penerapan Pembelajaran Socio Scientific Issues Melalui Metode Simposium Berbasis Lesson Study Untuk MeningkatkanKemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 2015.

Arifin Zainal. Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Aunnurahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2010

A.W. Subiantoro et.al. Pembelajaran Materi Dengan Socio Scientific Issues Dan Pengaruhnya Terhadap Reflective Judgment Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2013.

Bagod Sudjadi, Siti Laila. Biologi Sains dalam Kehidupan. Jakarta: Yudhistira, 2010.

Budiyono. Statistik Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press, Cet Ke-3, Ed Ke-2 2009.

Brendan E. Callahan. Enhancing nature of science understanding, reflective judgment, and argumentation through socioscientific issues. Graduate Theses and Dissertations, 2009.

Dana L. Zeidler et.al. Advancing Reflective Judgment Through Socioscientific Issues. Journal Of Research In Science Teacing Vol. 46 No.1, 2009.

Bryan H.Nicholas. Socioscientific Issues: Theory and Practice. Journal of Elementary Science Education. Vol. 21 No. 2, 2009.

Djamur Winatasasmita. Biologi Umum. Jakarta: Universitas Terbuka, 1999.

Depdiknas. Undang-Undang Tentang Sisdiknas Dan Peraturan Pelaksanaannya 2002-2004. Jakarta: Tamita Utama, 2003.

Mera Rizkina. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Diskusi Kelompok Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIIIE di SMPN I9 Semarang. Skripsi Bimbingan Konseling Universitas Semarang, 2013.

Muhhibin Syah. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

Muhammad Mansyur. Perbedaan Hasil Belajar Materi Baterai Antara Model Pembelajaran Kooperatif dengan Model Pembelajaran Ekspositori. Skripsi Teknik Universitas Negeri Semarang, 2013.

Nana Sujana. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo, 1989.

…… Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung, 2009.

Novalia, Muhamad Syazali. Olah Data Penelitian Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Rahaja, 2014.

Nurfauziyah et al. Penerapan Guided Inquiry untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Pembelajaran Biologi di Kelas XI IPA SMA Al-Muayyad Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan, 2016.

Nunung Supratmi. Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara Kritis Dengan Menggunakan Metode Debat Konfrontatif. Jurnal Pendidikan Vol. 12 No. 3, 2011.

Nuryani, R. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung :UPI, 2003.

Oemar Hamalik. Proses Belajarn Mengajar. Bandung : PT. Bumi Aksara, 2001.

Purwanti Windhy H, Sabar Nurohman, Widodo Setyo Wibowo. Model Integrated Science Berbasis Socio Scientific Issues Untuk Mengembangkan Thinking Skills Dalam Mewujudkan 21st Century Skills. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2013.

Puspa Djuwita, et.al. Pengembangan Model Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Triadik, 2010

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Roestiyah N.K. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rohmat Mulyana. Mengartikulasi Pendidikan Nilai. Jakarta : Alfabeta. 2011

Riana Yani. Biologi 1 Kelas X SMA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009

Silviana Hendri, Apriana Defianti. Membentuk Keterampilan Argumentasi Siswa Melalui Isu Sosial Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Simposium Inovasi dan Pembelajaran Sains, 2015.

Sudjana. Metode Statistika. Bandung: Tarsito, 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.

……. Metode Penelitian kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Suharsimi Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Sumarna surapranata. Analisis, validitas, Reabilitas dan Interpreasi Hasil Tes. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004

Surakhman. pengantar interaksi mengajar belajar dasar dan teknik metodologipengajaran. Bandung: Tarsito, 1986.

Troy D.Sadler. Informal Reasoning Regarding Socioscientific Issues: A Critical Review of Research. Journal Of Research In Science Teaching vol.41 No.5, 2004.

Umar Tirtarahardja, La Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003, Pasal 3.

Wisnu Sunarto et al. Hasil Belajar Kimia Siswa Dengan Model Pembelajaran Metode Think-Pair-Share Dan Metode Ekspositori. Jurnal Pendidikan,2016.

Y.N Pratiwi. Socio ScientificIssues (SSI) In Reaction Rates Topicand Its Effecton The Critical Thinking Skills Of High School Students, Oktober 2016.

Zainal Arifin. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.