PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X MIA SMA N 6 BANDAR LAMPUNG

Dwijowati Asih Saputri, Selfy Febriani

Abstract


Abstrak:Salah satu tujuan dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik agar dapat menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas X MIA semester ganjil di SMA Negeri 6 Bandar Lampung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. menggunakan Nonequivalent control group designartinya adalah desain yang dimana terdapat 2 kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jumlah populasi peserta didik X MIA adalah 129 peserta didik, yang kemudian 2 kelas merupakan sampel yaitu kelas X MIA 1 berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 berjumlah 33 peserta didik sebagai kelas kontrol.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretestpada kelas eksperimen adalah 42,09, sedangkan rata-rata posttestnya adalah 74,68. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest44,18 dan nilai posttestdengan rata-rata 63,24. Hasil uji t menunjukkan thitung> ttabel (2,42> 1,98) hal tersebut menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata biologi materi pencemaran lingkungan kelas X MIA SMA N 6 Bandar Lampung

Keywords


Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah

References


Agus Suprijono. Cooperative Learning.Surabaya : Pustaka Belajar, 2009.

Burhan Nugiantoro. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2008.

Daryanto.Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Rineka Cipta, 2010.

Herman Dwi Surjono.”Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK”.Jurnal. Pascasarjana UNY, Vol.3, No.2, Yogyakarta. 2013.

Made Wena.Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (suatu tinjauan konseptual operasional). Jakarta : Bumi Aksara, 2012.

Margono.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta, 2010.

M.Taufiq Amir, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2009.

Novalia dan Muhamad Syazali.Olah Data Penelitian Pendidikan. Bandar Lampung : Anugrah Utama Raharja (AURA), 2014.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Purwanto.Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta : Pustaka Belajar, 2014.

Robert L. Solso, Otto H. Maclin, M. Kimberly Maclin. Psikologi Kognitif. terjemahan Mikael Rahardato dan Kristianto Bajuadji. Jakarta : Erlangga, 2008.

Rusman.Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja grafindo Persada, 2011.

Sardiman.Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Slameto.Belajar Dan Yang Mempengatuhinya.Jakarta : Rineka Cipta, 2003.

Trianto.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: PT. Kencana, 2014

Utama Dewi, “Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Melalui Pengendalian Bakat Numerik siswa Smp”, Jurnal, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.4. Jakarta, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.