PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Agus Jatmiko

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran dan konsep diri terhadap hasil belajar IPA. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 24 Kota Bandar Lampung dengan rancangan faktorial 2x2. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar dengan model Learning Cycle lebih tinggi daripada kelompok siswa yang belajar dengan model Contextual Teaching and Learning; 2) ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan konsep diri terhadap hasil belajar IPA; 3) pada kelompok yang memiliki konsep diri positif, hasil belajar IPA siswa yang belajar menggunakan model Learning Cycle lebih tinggi dari siswa yang belajar menggunakan model Contextual Teaching and Learning; dan 4) pada kelompok yang memiliki konsep diri negatif, hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan model Learning Cycle lebih rendah dari siswa yang belajar dengan model Contextual Teaching and Learning.


Keywords


Kata kunci: hasil belajar IPA, konsep diri, Learning Cycle

References


Arends, Richard I. Learning to Teach, terjemahan: HP. Soetjipto dan SM Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Bandura, Albert. Self Efficay in Changing Societies. New York: Cambridge University Press, 1999.

Carin, Arthur A., Teaching Modern Science, 7 th ed. New York: Macmillan Publishing Company, 2001.

Murwani, Santosa. Statistika Terapan: Teknik Analisa Data. Jakarta: Program Pascasarjana UNJ. 2005.

Naga, Dali Santun. Probabilitas dan Skor pada Hipotesis Statistika. Jakarta: UPT Penerbitan Universitas Tarumanegara, 2008.

Suyono dan Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: : PT Remaja Rosdakarya, 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.