PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN AFEKTIF PADA KONSEP SISTEM SIRKULASI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

Laila Puspita, Yetri Yetri, Ratika Novianti

Sari


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran resiprocal teaching dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan metakognisi dan afektif pada konsep sistem sirkulasi kelas XI IPA SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental design.  Desain penelitian yang digunakan pada quasi experimental ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 3 September s/d 14 September 2016 di kelas XI IPA SMA N 15 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel adalah probability sampling type simple random sampling. Sampel ini terdiri 2 kelas yaitu kelas eksperimen (XI IPA 2) dan kelas kontrol (XI IPA 1).  Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh uji hipotesis hasil belajar kemampuan metakognisi menggunakan uji Independent t-test Microsoft Exel 2007 dengan hasil thitung (1,713) > ttabel (1.67155) dan uji hipotesis hasil belajar afektif menggunakan uji Independent t-test Microsoft Exel 2007 dengan hasil thitung (2,30905)> ttabel (1.67155). Berdasarkan hasil uji  t, maka dinyatakan  Hi diterima artinya, ada pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan teknik mindmapping terhadap kemampuan metakognisi dan afektif pada konsep sistem sirkulasi kelas XI IPA SMA Negeri 15 Bandar Lampung. 


Kata Kunci


Kata kunci : Resiprocal Teachig, Mind Mapping, Metakognisi, Afektif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Awwalia Maulvi laili. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Resiprocal Teaching Terintregasi Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Pada Konsep Sistem Sirkulasi. ( Skripsi Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah).

Isnaini Maratus Sholihah. 2012. Kekuatan dan Arah Kemampuan Metakognisi, Kecerdasan verbal dan kecerdasan Intrerpersonal Hubungannya Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA N 3 Sukoharjo (Jurnal Pendidikan UNS, No 1, Vol 4.

JenniferR.Seymour,dkk., 2003.Reciprocal Teaching procedures and principles: two teachers ’developing understanding, journal Teaching and Teacher Education,19.

Ningrum, Ratna. 2005. Mendidik Secara Cerdik. Solo : Tiga Serangkai.

Martinis Yamin. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jakarta : Referensi.

Muhammad Chomsi Imaduddin.2012.EfektifitasMetodeMind MappingUntuk meningkatkanPrestasi Belajar Fisikapada Siswa Kelas VIII. Humanitas, Vol.IXNo.1 Januari 2012.

PetterEDoolittle, dkk. 2006. Reciprocal Teaching for Reading Comprehension in Higher Education: A Strategy for Fostering the Deeper Understanding of Texts,vol. 17.

Rustaman, Nuryani Y. Strategi Belajar Mengajar Biologi (Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia, 2003.

Sang Ayu Putu Diah Geminasti, dkk., Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Gugus VII Kecamatan Gianyar, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (vol,2,No.1)

Sinulingga K dan Nadeak J. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Bunyi di Kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi, Jurnal Online Pendidikan Fisika, ISSN 1301-7651, h. 43.

Schraw, G & Dennison, R.S. 1994. Assessing Metakognitive Awareness. Conteporary Educational Psychology, 19.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru .Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman Mulbar.2008. Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Menengah Pertama(Perangkat PMR yang Secara Eksplisit Melibatkan Metakognisi Siswa). Makassar : Universitas Negeri Makassar.

Warsonodan Hariyanto.2012.Pembelajaran AktifTeori danAsesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yesie Ema Yunita. 2010. Penerapan Pendekatan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Biologi Siswa Kelas Vii-G Smp N 5 Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/ 2011 (Pendidikan Biologi Volume 3, Nomor 2, Mei 2011, FKIP UNS).)

Yustina,dkk.2010.“PenerapanTeknikMindMappingDalamStrategiQuantumLearningUntuk MeningkatkanMotivasiDanHasil BelajarBiologi SiswaKelas XI IPA2SMANurulFalah Pekanbaru”,Skripsi Universitas Riau,Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1265

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Biosfer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.