KEANEKARAGAMAN SERANGGA POLLINATOR PADA BUNGA TANAMAN TOMAT (SOLANUM LYCOPERSICUM) DI KECAMATAN GISTING KABUPATEN TANGGAMUS

Rizki Fajar Andrian, Gres Maretta

Abstract


Abstrak: Serangga pollinator merupakan salah satu layanan jasa ekosistem yang sangat penting bagi manusia maupun lingkungan dan berperan sebesar 35% penyediaan sumber pangan dunia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keanekaragaman serangga pollinator yang ada di lahan perkebunan Gisting Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini telah dilakukan di bulan september 2015. Identifikasi serangga dilakukan dengan menggunakan kunci identifikasi Michener (2001). dengan metode scan sampling.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, temuan spesies  serangga pollinator diperkebunan tomat Gisting Kabupaten Tanggamus sebanyak 17 individu yang berasal dari 4 genus,Colletes ,Amegilla, Xylocopa dan Ceratina. Hasil perhitungan dari Indeks Keanekaragaman Shannon-Wiener di lokasi perkebunan tomat  adalah 1.00, hasil tersebut dikategorikan Indeks sedang.


Keywords


Kata kunci : serangga penyerbuk, keanekaragaman, identifikasi, perkebunan Gisting Tanngamus

References


Arintha Traya.P.S ,2013, Keanekaragaman Ordo Hymenoptera Di Perkebunan Kelapa Sawit, Perkebunan Karet Dan Hutan Karet Di Jambi, Bogor, departemen biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor.

Arsyad.A.,2013, Media Pembelajaran (edisi revisi), Jakarta,PTRajaGrafindo Persada.

Data desa Landbau Kecamatan Gisting tahun 2015.

Dwiyono.A, Jasmi,Safitri.E., 2014,Studi Morfometrik Lebah Tukang Kayu xylocopa confusa linn. (hymenoptera: anthophoridae) Pada Dua Ketinggian Di Sumatera Barat,Padang,STKIP PGRI Sumatera Barat.

Fajarwati,M.R., Atmowidi,T., Dan Dorly., 2009,Keanekaragaman Serangga PadaBunga Tomat (lycopersicon esculentum mill.)di Lahan Pertanian Organic,Bogor, Departmen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor,

Hamdayama,Jumanta,2014,Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif DanBerkarakter, Bogor, Ghalia Indonesia.

Hisyam, Keanekaragaman Jenis Serangga Pengunjung Tanaman Tomat (Lycopersicumesculentum L) Pada Masa Tanam Sebelum, Saat, dan Setelah Berbunga di Lahan Pertanian Ngemplak, Sleman, DIY.

Hasbulloh, 2005,Dasar Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta ,Raja Grafindo Persada.

Hisyam, Keanekaragaman Jenis Serangga Pengunjung Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum L) Pada Masa Tanam Sebelum, Saat, dan Setelah Berbunga di Lahan Pertanian Ngemplak, Sleman, DIY.

Kanisius, 1991, Kunci Determinasi serangga. Yogyakarta Kartikawati, N.K.,Pollinator Pada Tanaman Kayu Putih, Yogyakarta Jurnal balai Besar Penelitian Bioteknologidan Pemuliaan Tanaman Hutan Yogyakarta.

Mahfudho.a.f,Rahayu.s.e,Rohman.f,2014, Kajian Bioekologi Serangga Hama di Perkebunan Apel (malus sylvestris mill) Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Malang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang.

Michener CD.,2007, The Bees of the World. Baltimore. The John Hopkins Univ Pr.

Budi Purwantiningsih,2014,Serangga Polinator, Malang, UB press.

Rahmawati.I.S, Hastuti.E.D, Darmanti.S, 2011, Pengaruh Perlakuan Konsentrasi Kalsium Klorida (CaCl2) dan Lama Penyimpanan terhadap Kadar Asam Askorbat Buah Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.), Semarang, Biologi Fakultas MIPA UNDIP.

Rizali.A.,Buchori.D.,Triwidodo.H.,Keanekaragaman Serangga Pada LahanPersawahan-Tepian Hutan: Indikator Untuk Kesehatan Lingkungan”, Bogor, Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Faperta, Institut Pertanian Bogor.

Sembel,D.T., 2010, Pengendalian Hayati, Yogyakarta , Andi Offset.Sudiana,E.

Suryanto Eko, 2015,Studi Arsitektur Sarang- Sarang Rayap Tanah Microtermes Gilvus Hagen (Isoptera: Termitidae) Dikecamatan Bumi Agung Kabupaten Waykanan, Bandar Lampung , Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Iain Raden Intan.

Syakur Abdul,2012, Pendekatan Satuan Panas (Heat Unit) Untuk Penentuan Fase Pertumbuhan Dan Perkembangan Tanaman Tomat Di Dalam Rumah Tanaman (Greenhouse), Palu, Fakultas Pertanian Universitas Tadulako

Sudiana,E. Widhiono,I.,2015, Keragaman Serangga Penyerbuk dan Hubunganya dengan Warna Bunga pada Tanaman Pertanian di Lereng Utara Gunung Slamet, Jawa Tengah, Purwokerto, Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman

S. Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta, Jakarta, 2000.

Sri Pujianto. Menjelajah Dunia Biologi untuk kelas XI SMA dan MA 2. Solo: Platinum, 2012.

Statistik untuk Penelitian (Cet. XXIII). Bandung: Alfabeta, 2013.

Sudjana. Metoda Statistika. Tarsito: Bandung, 2005.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cet. X). Bandung: Alfabeta, 2008.

Suharsimi Arikunto. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2 (Cet. IV). Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Tim Bina Karya Tani, 2009, PedomanBertanam Tomat, Bandung, yrama widya.

Tugiyono,H, 1986,Bertanam Tomat, Jakarta, penebaar swaday

Udin S Winataputra. Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka, 2001.

Undang-undang Republik Indonesia. Sistem Pendidikan Nasional No. 20. Jakarta: Sinar Grafika, 2003.

Wahab Jufri. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta, 2013.

Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Beroirentasi Sandar Proses Pendidikan Edisi Pertama (Cet. I). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2006.

Widhiono,I.,2015, Keragaman Serangga Penyerbuk dan Hubunganya dengan Warna Bunga pada Tanaman Pertanian di Lereng Utara Gunung Slamet, Jawa Tengah, Purwokerto, Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman

Winatasasmita Djamhur. Biologi Umum. Jakarta: Universitas Terbuka, 1999.

Wong Solo. “Menggunakan Keterampilan Berpikir untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran” (online), tersedia di: http://supraptojielwongsolo.wordpress.com/2008/06/13/menggunakan-keterampilan-berpikir-untuk-meningkatkan-mutu-pembelajaran. htm (06 Maret 2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Biosfer