PENGARUH MODEL PROBLEM POSING DENGAN MEDIA MAKET TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG

Indarto Indarto, Iftika Nurfalitasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Selama ini guru hanya menggunakan metode pembelajaran ceramah dan diskusi. Proses pembelajaran peserta didikkelas X MIA SMA Negeri 6 Bandar Lampung kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar, sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran biologi untuk mengembangkan kedua kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model problem posing dengan media maket terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Bandar Lampung, dan (2) mengetahui pengaruh model problem posing dengan media maket terhadap aktivitas belajar biologi peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Bandar Lampung.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimental design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 6 Bandar Lampung dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas X Mia 2 sebagai peserta didik eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan angket aktivitas belajar siswa. Setelah butir soal tes dan angket telah diproses analisis data diperoleh 8 butir soal tes kemampuan kemampuan berpikir krirtis dan 23 pernyataan angket aktivitas belajar yang dinyatakan layak untuk digunakan dalam penelitian.
Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya uji hipotesis yang telah digunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model problem posing dengan media maket terhadap peningkatan berpikir kritis terhadap peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Bandar Lampung ,(2) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model problem posing dengan media maket terhdap aktivitas belajar terhadap peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Dengan Peningkatan N-gain Berpikir kritis70% dan aktivitas belajar 50%.


Keywords


Model Problem Posing, Media Maket, Keanekaragaman Hayati, Berpikir Kritis, Aktivitas Belajar

References


Alec Fisher. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga, 2008.

Amri S Dan Ahmadi. Proses Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya, 2010.

Anas Sudijono. Pengantar Evaluasi Pendidikan (cet. XXII). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Arief Sadiman dkk. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatan. Jakarta: Rajawali Pers, 2008.

ArifPribadi dan Yanti Herlanti, BIOLOGI untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Yudhistira, 2014.

Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Bestari Dwi Handayani,” Efektivitas Penerapan Metode Problem Posing Dan Tugas Terstruktur Terhadap Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Forum Kependidikan, Vol. 28 No. 1 (Januari 2016), h. 2.

Budiyono. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press, 2013.

Colleta V.P. dan Phillips J.A. Interpreting FCI Scores: Normalized Gain, Preinstruction Scoreand Scientific Reasoning Ability. California: Departement of Physics Layola Marymount University, 2005.

Daryanto.PanduanProses Pembelajaran Teori Dan Praktik Dalam Pengembangan professionalisme Guru. Jakarta: AV Publisher, 2009.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV. Diponegoro, 2008.

Fatimatuzzahra.Pengaruh Penggunaan Media Maket Dengan Model Inkuiri Terpimpin Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Ekosistem. Lampung: Universitas Lampung, 2011.

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia, 2011.

Hartono. PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Pekanbaru: Zanafa, 2008.

Herniza L. Pengaruh Media Audio-Visual Melalui Model THT Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pernafasan. Lampung: Universitas Lampung, 2011.

Irnaningtyas. BIOLOGI untuk SMA/MA Kelas X Kurikullum 2013. Jakarta: Erlangga,2014.

Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2004.

Kinanti Ayu Puji Lestari,”Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Mengajarkan Materi Botani Yang Teritegrasi Pada Siswa Kelas XI”. Jurnal UNESA, Vol. 2 No. 3 (Januari 2016), h. 279.

Hartono D Mamu,”Pengaruh Strategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik Dan Interaksinya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi”.Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 2 No. 1 (Maret 2016), h. 2.

Margono. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000. Muhammad Ali. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2008.

Novalia dan Muhamad Syazali. Olah Data Penelitian Pendidikan. Bandar Lampung:Anugrah Utama Raharja (AURA), 2014.

Oemar Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosida, 2004.

Ratna WilisDahar. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga, 2002.

Ratna Kartika Irawati,” Pengaruh Model Problem Solving Dan Problem Posing Serta Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Sisw”. Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 2 No. 4 (Januari 2016), h. 185.

Sudaryono. Pengembangan Intrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 20013.

Sudjana. Metode Statistik. Bandung: Tarsito, 2001.

Sugiyono. Metode penelitian kualitatif kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Suharsimin Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara,

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (cet.IV). Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sumarna Surapranata, Analisis, Validasi, Reliabilitas, Dan Intrepretasi Hasil Tes, Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Media Group, 2009.

……….. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

Hisyam Zaini. Strategi Pembelajaran Aktif . Yogyakarta: Insan Madani CTDS, 2008




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/biosf.v8i2.2298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.