PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

Yessy Velina, Wiwit Nurhasanah, Zulhannan Zulhannan

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran Biologi di kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung kurang melatih dan membiasakan peserta didik untuk berpikir kritis. Hal tersebut menyebabkan kemampuan berpikir kritis biologi yang dimiliki peserta didik masih rendah. Berkenaan dengan masalah tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung pada kelas XI semester genap Tahun Ajaran 2015/2016 untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan berpikir kritis biologi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design dengan rancangan posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan tes berbentuk uraian, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan berpikir kritis biologi peserta didik kelas XI di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan menggunakan rumus Polled Varians menunjukkan bahwa yaitu, 6,115 > 1,671. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Keywords


Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) Kemampuan berpikir kritis biologi, Sistem reproduksi manusia

References


Ahmad Jaedun. Metodologi Penelitian Eksperimen. (Makalah yang disampaikan pada Kegiatan In Service I Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah, yang diselenggarakan oleh LPMP, Yogyakarta, 20-23 Juni 2011).

Alec Fisher. Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga, 2008.

Anas Sudijono. Pengantar Evaluasi Pendiddikan (Cet.XII). Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Anisa, Joko, Sulifah. Efektivitas Strategi Pemebelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Menggunakan Strategi Synargetic Teaching (Pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 10 Jember). Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 4, 2013.

Arif Nurohman, Ashari, Nurhidayati. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Fisika Menggunakan Model Think Talk Write Berbasis Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir. Jurnal Penelitian Pendidikan. Radiasi Vol.5 No.1, 2014.

Badan Standar Isi. Standar Isi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah.

Bagod Sudjadi, Siti Laila. Biologi Sains Dalam Kehidupan. Jakarta: Yudhistira, 2005.

Bruce Joyce, et. al. Models of Teaching. America: Pearson Education, 2000.

Budiyono, Statistika untuk Penelitian (Cet. III). Surakarta : UNS Press, 2009.

Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama, 2014.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta Selatan : PT Pantja Cemerlang, 2010.

Depdikbud. Perangkat Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Balitbang: Depdiknas, 2006.

Dewi Maritalia, Sujono Riyadi. Biologi Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Eddyman W Ferial. Biologi Reproduksi. Makasar: PT Gelora Aksara Pratama, 2013.

Elaine B. Jonson. CTL Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna (Cet. I). Bandung: Kaifa, 2014.

Emzir. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif (Cet. IV). Jakarta: Rajawali Press, 2010.

H. Surya. Cara Belajar Orang Genius. Jakarta: PT. Elex Media, 2013.

Harun Rasyid dan Mansur. Penelitian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima, 2007.

Henny Oktamalia. Penerapan Problem Based Learning dengan Media LDS Bergambar padaKonsep Pencemaran Lingkungan di SMP Al-Hadi Sukoharjo. Universitas Negri Semarang : Skripsi Jurusan Biologi. 2009.

Husnidar, et. al. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika. ISSN : 2355 - 4185.

I Nyoman Rida. Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemapuan Berpikir (SPPKB) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan, Vol. 6 No.2, 2013.

Indra sahfriana, Wachju Subchan, Suratno. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPA Biologi untuk Materi Ajar Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas 8-C Semester Gasal di SMP Negeri 1 Bangil Pasuruan. Jurnal Pendidikan, Pancaran, Vol. 4, No. 2, hal 213-222, Mei 2015.

Iskandar. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi, 2012.

Iskandarwassid, Dadang Sunendar. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Jamil Suprihatiningrum. Strategi Pembelajaran, Teori dan Aplikasinya. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

John W Kimball. Biologi Jilid 2 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Moh Zayyadi. Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemapuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP 1 Pamekasan. Jurnal Pendidikan Fisika, (Akses 15 Mei 2016).

Moh. Nazir. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.

Muh Tawil, Liliasari. Berfikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA (Cet. I). Makasar: Badan Penerbit Universitas Negri Makassar, 2013.

Musahir. Panduan Pengajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: CV. Irfan Putra, 2003.

Neil A Campbell, Recee Mitchell. BIOLOGI Edisi Kelima Jilid 3. Jakarta: Erlangga, 2004.

Nuryani Y Rustaman. et. al. Strategi Belajar Mengajar Biologi Edisi 1 (Cet. I). Jakarta: UPI, 2003.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Cet. XIIII). Jakarta: Penerbit Reka Cipta, 2010.

Pupuh Fathurrohman, M. Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama, 2014.

Rostiana Sundayana. Statistika Penelitian Pendidikan (Cet. II). Bandung: ALFABETA, 2015.

S. Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta, Jakarta, 2000.

Sri Pujianto. Menjelajah Dunia Biologi untuk kelas XI SMA dan MA 2. Solo: Platinum, 2012.

Statistik untuk Penelitian (Cet. XXIII). Bandung: Alfabeta, 2013.

Sudjana. Metoda Statistika. Tarsito: Bandung, 2005.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cet. X). Bandung: Alfabeta, 2008.

Suharsimi Arikunto. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2 (Cet. IV). Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Udin S Winataputra. Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka, 2001.

Undang-undang Republik Indonesia. Sistem Pendidikan Nasional No. 20. Jakarta: Sinar Grafika, 2003.

Wahab Jufri. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta, 2013.

Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Beroirentasi Sandar Proses Pendidikan Edisi Pertama (Cet. I). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2006.

Winatasasmita Djamhur. Biologi Umum. Jakarta: Universitas Terbuka, 1999.

Wong Solo. “Menggunakan Keterampilan Berpikir untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran” (online), tersedia di: http://supraptojielwongsolo.wordpress.com/2008/06/13/menggunakan-keterampilan-berpikir-untuk-meningkatkan-mutu-pembelajaran. htm (06 Maret 2016).

Yesi Agustin. Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam Pembelajaran Pemahaman Cerita Rakyat Musi Banyuasin Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Palembang. Jurnal Pendidikan, (Akses: 13 Mei 2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/biosf.v8i2.2299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.