UPAYA PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL

Mufida Nofiana, Teguh Julianto

Abstract


Hasil penelitian terdahulu tentang profil literasi sains siswa SMP di kota purwokerto menunjukkan bahwa literasi sains siswa dalam aspek konten, konteks, maupun proses masih tergolong rendah. Rendahnya literasi sains menyebabkan siswa menjadi kurang tanggap terhadap perkembangan dan permasalahan yang ada di sekitar lingkungan terutama yang berkaitan dengan fenomena alam, keunggulan lokal daerah, maupun permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sebuah strategi untuk meningkatkan literasi sains siswa menggunakan model pembelajaran berbasis keunggulan lokal. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana implementasi   pembelajaran   berbasis   keunggulan   lokal   yang terintegrasi pada materi pembelajaran biologi beserta peningkatan  literasi  sains  siswa  setelah  pelaksanaan  pembelajaran berbasis keunggulan lokal.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan subyek penelitian adalah siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Sokaraja. Prosedur penelitian dilakukan melalui empat tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, pengolahan/ analisis data, dan pelaporan. Penelitian tentang penerapan pembelajaran berbasis keunggulan lokal mendapatkan hasil bahwa terjadi peningkatan literasi sains pada aspek konten, konteks, maupun proses sains siswa. Sebelum diterapkan pembelajaran berbasis keunggulan lokal, kemampuan literasi sains siswa pada aspek konten dan konteks sains termasuk dalam kategori sangat rendah dengan persentase aspek konten 12, 78% dan aspek konteks 28,75%, sedangkan penguasaan aspek proses sains adalah 68,2%. Setelah dilakukan pembelajaran berbasis keunggulan lokal aspek konten sains meningkat menjadi 70,62% dan termasuk dalam kategori baik, konteks sains meningkat menjadi 43, 87% dan termasuk dalam kategori rendah, serta aspek proses sains meningkat menjadi 77, 18%  dan termasuk kategori baik. Meskipun peningkatan tersebut belum signifikan, namun dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis keunggulan lokal dapat meningkatkan kemampuan konten, konteks, dan proses sains siswa. 


Keywords


literasi sains, pembelajaran berbasis keunggulan lokal

References


Ahmadi, L.K., Amri, S., dan Elisah, T. 2012.Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Setempat dalam KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka

Amri, Ulil. 2010. Pengembangan instrumen penilaian literasi sains fisika siswa pada aspek konten, proses, dan konteks. PMIPA FKIP – Universitas Riau.

Asmani, J.M. 2012.Pendidikan Berbasis Keunggulan Setempat. Yogyakarta: Diva Press

Djaali dan Pudji Muljono, 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia

Holbrook Jack. (2009). “ The Meaning of Scientific Literacy”. International Journal of Environmental & Science Educational, 4 (3), 144-150

Marta, Febrian Andi. 2013. Analisis literasi sains siswa smp dalam pembelajaran IPA terpadu pada tema efek rumah kaca. Universitas Pendidikan Indonesia

Mumpuni, Kristantia Elok. 2013. Potensi Pendidikan Keunggulan Setempat Berbasis Karakter dalam Pembelajaran Biologi.Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Nofiana, Mufida. 2017. Profil Literasi Sains Siswa SMP di Kota Purwokerto. Purwokerto: Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Karya ilmiah tidak dipublikasi.

PISA. 2010. Assesing framework key competencies in reading, mathematics, and science. OECD Publishing

Rustaman, N.Y., Firman H., Kardiawarman. 2004. Literasi sains anak indonesia 2000. Bahan presentasi seminar nasional di jakarta

Rahmawati, dewi. 2012. Analisis literasi sains siswa SMP dalam pembelajaran IPA terpadu pada tema penerapan bioteknologi konvensional. Universitas pendidikan indonesia.

Santoso, Agus Muji. 2010. Konsep Diri melalui Pendidikan Berbasis Keunggulan Setempat sebagai Model Pendidikan Berkarakter dan Berbudaya Bangsa Indonesia di Era Global.Proceddings of The 4th International Conference On Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI, Bandung

Soobard, R & Rannikmae, M. 2011. Assesing student’s level of scientific literacy using interdisciplinary scenarios. Science education international. 133-144.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.