Pengaruh Model Learning Cycle Tipe 7E disertai Teknik Talking Stick Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Protista

https://doi.org/10.24042/biosfer.v9i2.3966

Laila Puspita, Haris Budiman, Meivi Aldona Thessalonica

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle Tipe 7E disertai teknik Talking Stick pada materi protista terhadap sikap ilmiah siswa kelas X SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, dengan Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa angket dan lembar observasi sikap ilmiah dan analisis data menggunakan Uji-T Polled Varians. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ttabel 2,437617 > ttabel 1,999624, maka dalam hal ini H0 ditolak dan Hi diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle Tipe 7E disertai teknik Talking Stick pada materi protista terhadap sikap ilmiah siswa kelas X SMA Negeri 8 Bandar Lampung.

Keywords


Learning Cycle Tipe 7E, Talking Stick, Sikap Ilmiah

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Asim, Erni, Wartono. Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Disertai Resitasi Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar siswa Kelas XI MAN 3 Malang. Universitas Negeri Malang (UM) : Jurusan Fisika, 2014.

Carin, Arthur . A. Teaching Science Through Discovery. Colombus : Merril Publish-ing Company, 1997.

Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Quran dan Terjemahannya, Jakarta

Hanuscin, Deborah L, Lee,Michele H. Using the Learning Cycle as a Model for Teaching the Learning Cycle to Preservice Elementary Teachers. Journal Of Elementary Science Education, Vol. 20, No.2

Huda, Miftahul. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Irnaningtyas. Biologi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga, 2016.

Jhon, Hendri. Skala Pengukuran dan teknik Penskalaan. Journal Riset pemasaran. Universitas : Gunadharma, 2009.

Mansyur, Harun Rasyid. Penelitian Hasil Belajar. Bandung : CV Wacana Prima, 2007.

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Qarareh, Ahmed. O. The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders Education Science Faculty. Jordan: Tafila Technical University, 2012.

Sundayana, Rostina, Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2014.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014

Soetriono, Hanafie SRDm. Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian. Yogyakarta: ANDI, 2007.

Sudjana, Metode Statistika. Bandung : Tarsito, 2005.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta. 2010.

Sumarjono, Binti, Purbo. Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Prestasi Belajar Fisika Dan Sikap Ilmiah siswa Kelas X SMAN 7 Malang. FMIPA Universitas Negeri Malang (UM) : Jurusan Fisika, 2012.

Suprihatiningrum, Jamil.Guru Profesional. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2016.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers, 2012.

Thobroni, M. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Ulfa, Syarifah Widya. Pembelajaran Berbasis Praktikum: Upaya Mengembangkan Sikap Ilmiah siswa Pada Pembelajaran Biologi Vol. VI, No. 1. Sumatera Utara : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara, 2016.

Wayan, I Gst A A, Pt. Parmiti. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Vol: 3 No: 1. Universitas Pendidikan

Ganesha Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, 2015.

Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontempor. Jakarta : Bumi Aksara, 2012.

Yuyun, Qulud, Wahidin. Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Kelas XI di SMA Negeri 1 Arjawinangun Vol. 5. No. 1 Cirebon : IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2015.




DOI: https://doi.org/10.24042/biosfer.v9i2.3966

Article Metrics

Abstract views : 466 | PDF downloads : 453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Biosfer: Jurnal Tadris Biologi