Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi Di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung

Serly Guswita, Bambang Sri Anggoro, Nukhbatul Bidayati Haka, Akbar Handoko

Abstract


Kurangnya kemampuan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah akan menyulitkan peserta didik memahami pelajaran Biologi itu sendiri. Hal ini terjadi pada peserta didik kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung, mereka belum sepenuhnya memahami konsep Biologi. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui (1) bagaimana profil Keterampilan Proses Sains yang dominan muncul didalam praktikum biologi kelas XI IPA di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung  (2) bagaimana profil Sikap Ilmiah yang dominan muncul didalam praktikum biologi kelas XI IPA di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung (3) bagaimana hubungan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 3 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas XI IPA 2, kelas XI IPA 5 dan kelas XI IPA 6. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunkan data reduction (reduksi data), data display (Penyajian data), dan consclusion drawing/verivication (kesimpulan). Hasil analisis (1) profil Keterampilan Proses Sains yang dominan muncul yaitu mengajukan pertanyaan, mengamati/observasi, merencanakan percobaan, dan melakukan percobaan , (2) sikap ilmiah yang dominan muncul yaitu mengutamakan bukti, menerima perbedaan dan bersikap positif terhadap kegagalan, (3) hubungan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah yakni membantu peserta didik memahami konsep pembelajaran biologi

Keywords


Biologi, Keterampilan proses sains, Sikap lmiah

Full Text:

PDF

References


Arumsari, Lusia Tiara, Ila Rosilawati, dan Nina Kadaritna. 2016. “Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Proses Sains Pada Materi Teori Tumbukan.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia 5 (1): 140–51.

Karyanti, Karyanti, dan Komarudin Komarudin. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kumon Terhadap Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri Satu Atap 4 Pesawaran.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1:89–94.

Marlina, Reni. 2013. “Pemanfaatan Lingkungan Lokal dalam Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Biologi.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 10 (1).

Mintania, Fesy, Muhammad Su’aidy, dan I. Wayan Dasna. 2013. “Penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 5 Malang pada materi pokok koloid.” SKRIPSI Jurusan Kimia-Fakultas MIPA UM.

Novitasari, Aulia, Alinis Ilyas, dan Siti Nurul Amanah. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fotosintesis Kelas XII IPA Di SMA Yadika Bandar Lampung.” Biosfer: Jurnal Tadris Biologi 8 (1): 91–104.

Puspita, Laila, Nanang Supriadi, dan Amanda Diah Pangestika. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Disertai Teknik Diagram Vee Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Materi Fungi Kelas X Man 2 Bandar Lampung.” Biosfer: Jurnal Tadris Biologi 9 (1): 01–12.

Puspita, Laila, Yetri Yetri, dan Ratika Novianti. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Metakognisi Dan Afektif Pada Konsep Sistem Sirkulasi Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri 15 Bandar Lampung.” Biosfer: Jurnal Tadris Biologi 8 (1): 78–90.

Rustaman, Nuryani, Soendjojo Dirdjosoemarto, Surosos Adi Yudianto, Yusnani Achmad, Ruchji Subekti, Diana Rochintaniawati, dan M. Nurjhani. 2005. Strategi belajar mengajar biologi. Malang: UM Press.

Saputra, Indra Dodo, Sri Anggraeni, dan Bambang Supriatno. 2016. “Implementasi Pendekatan Konstruktivisme pada Pembelajaran Biologi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Kuantitatif dan Sikap Ilmiah Siswa SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan.” Dalam Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 13:249–54.

Septina, Nora, Farida Farida, dan Komarudin Komarudin. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah.” Jurnal Tatsqif 16 (2): 160–71. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200.

Sukaesih, Sri. 2011. “Analisis sikap ilmiah dan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis praktikum.” Jurnal penelitian pendidikan 28 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/biosfer.v9i2.4025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Biosfer: Jurnal Tadris Biologi