Analisis Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Program IPS: Dampak Model Pembelajaran Problem Posing

https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i2.4927

Siti Aisyah, Eka Lokaria, Harmoko Harmoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X IPS SMA Negeri Tugumulyo. Metode penelitian yang digunakan eksperimen murni X IPS SMA Negeri Tugumulyo tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 135 orang yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil analisis data post-test dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai  sebesar 4,59. Hasil ini dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa nilai  (4,59) >  (1,67), maka ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X IPS SMA Negeri Tugumulyo.


Keywords


Hasil Belajar Biologi; Problem Posing; Virus.

Full Text:

PDF

References


Agustiana, Nia, Nanang Supriadi, dan Komarudin Komarudin. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dengan Penerapan Pendekatan Bridging Analogy Ditinjau dari Self-Efficacy.” Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan 7 (1): 61–61.

Amiluddin, Risnawati, dan Sugiman Sugiman. 2016. “Pengaruh problem posing dan PBL terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3 (1): 100–108.

Arikunto, Suharsimi. 2010. “Prosedur penelitian.”

Artikasari, Evaderika Ayu, dan Abdul Aziz Saefudin. 2017. “Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning.” Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika 3 (2): 73–82.

Astuti, Astuti. 2015. “Pengaruh Pendekatan Problem Posing dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Salo Kabupaten Kampar.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1): 1–11.

Baladraf, Zulfikar Ali Akbar. 2013. “Penerapan Problem Posing Berbasis Cooperative Learning Pada Pembelajaran Sistem Pernapasan Di Smp 1 Weleri Kabupaten Kendal.” Universitas Negeri Semarang.

Berutu, Roni. 2013. “Hubungan minat belajar biologi dengan hasil belajar Dan pemilihan jurusan IPA pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Salak Kabupaten Pakpak Bharat Tahun Pembelajaran 2012/2013.” UNIMED.

Bey, Anwar. 2017. “Penerapan Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV.” Jurnal Pendidikan Matematika 4 (2): 224–39.

BUDI ANTONO, BAGUS. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composotion (circ) Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tpm Smk Negeri 2 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 6 (01).

Cahyasari, Intania. 2016. “Kebiasaan Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 4 (3).

Hasfanudin, Ivan, dan Abdurrahman Abdurrahman. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar.” Jurnal Pembelajaran Fisika 2 (6).

Juano, Asterius, dan Pardjono Pardjono. 2016. “Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa kelas V SD.” Jurnal Prima Edukasia 4 (1): 46–53.

Karyanti, Karyanti, dan Komarudin Komarudin. 2017. “Pengaruh model pembelajaran kumon terhadap pemahaman matematis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas viii smp negeri satu atap 4 pesawaran.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1:89–94.

Kelen, Yoseph Pius Kurniawan. 2016. “Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.” JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 1 (1): 55–64.

Kurniawan, Fery. 2013. “Pengaruh Cara Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat Penyusunan Laporan Keuangan Di Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Bojonegoro.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 1 (3).

Mahmuzah, Rifaatul. 2015. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing.” Jurnal Peluang 4 (1).

Murniati, Luh Dewi, I. Made Candiasa, dan I. Made Kirna. 2013. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkat-kan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 46 (2 Juli).

Muzaini, Muhammad. 2016. “Pengaruh pendekatan problem posing terhadap prestasi belajar matematika siswa berdasarkan gaya kognitif.” Beta: Jurnal Tadris Matematika 9 (2): 161–79.

Ngaeni, Evi Nur, dan Abdul Aziz Saefudin. 2017. “Menciptakan Pembelajaran Matematika yang Efektif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model pembelajaran Problem Posing.” Jurnal Aksioma 6 (2): 264–74.

Permatasari, Gilang Anjar, Rahayu Budhiati Veronica, dan Bambang Eko Susilo. 2013. “Keefektifan Pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.” Unnes Journal of Mathematics Education 2 (2).

Persada, Alif Ringga. 2014. “Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII.” Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching 3 (1).

Prastawa, Faradika Ratria. 2013. “Persepsi Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Yogyakarta Tentang Penilaian Domain Afektif.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 9 (2).

Rufaidah, Anna. 2015. “Pengaruh intelegensi dan minat siswa terhadap putusan pemilihan jurusan.” Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan 2 (2).

Sari, Linda Lia. 2013. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri Karangampel. Skripsi. Tidak diterbitkan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Setyorini, U., S. E. Sukiswo, dan B. Subali. 2011a. “Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 (1).

———. 2011b. “Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 (1).

Suryani, Lilik Budi, Agung Nugroho Catur Saputro, dan Kus Sri Martini. 2015. “Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar Materi Konsep Mol Siswa Kelas X SMA N 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.” Jurnal Pendidikan Kimia 4 (4): 186–92.

Zaura, Bintang, dan Tuti Zubaidah. 2018. “Pengaruh Minat dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh.” Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin 1 (1): 83–90.




DOI: https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i2.4927

Article Metrics

Abstract views : 125 | PDF downloads : 85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Biosfer: Jurnal Tadris Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.