Kajian Instrumen Tes Biologi Kelas X Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Terintegrasi Nilai-Nilai Islam

https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i2.5327

W Wulandari, Sulton Nawawi, Tutik Fitri Wijayanti, Suyud Abadi

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui jumlah persentase dan kajian perindikator keterampilan berpikir kritis terintegrasi nilai Islam pada instrumen tes biologi kelas X di SMA berbasis Islam. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang digunakan soal ulangan akhir semester (UAS) ganjil di SMA Berbasis Islam di Wilayah Seberang Ulu Kota Palembang. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil yang diperoleh dari analisis soal ulangan akhir semester (UAS) biologi semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 adalah terdapat 5 indikator keterampilan berpikir kritis yang diterapkan pada instrumen soal dengan kategori kurang yang terdiri dari interpretasi (7,02%), analisis (1,89%), evaluasi (0%), inferensi (5,52%), penjelasan (11,37%), dan pengaturan diri (1,75%), serta Integrasi nilai Islam (0%), dan indikator keterampilan berpikir kritis ini dikategorikan kurang karena terdapat 2 sekolah menggunakan soal yang mengambil dari buku paket dan LKPD yang biasa digunakan pada proses pembelajaran


Keywords


Instrumen Tes Biologi; Keterampilan Berpikir Kritis; Integrasi Nilai Islam

Full Text:

PDF

References


Budiman, Agus, dan Jailani Jailani. 2014. “Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII semester 1.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1 (2): 139–51.

Ekawati, Tia, Bambang Sri Anggoro, dan Komarudin Komarudin. 2019. “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman.” Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8 (1): 184–92.

Endayani, Henni. 2017. “Visi Pembelajaran Ips Yang Powerful.” Ijtimaiyah 1 (2).

Ginanjar, Muhammad Hidayat. 2017. “Tantangan dan Peluang Lembaga Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 4 (08): 17.

HASANAH, Umi Nur, Andi Thahir, Komaruddin Komaruddin, dan Rahmahwaty Rahmahwaty. t.t. “MURDER Learning and Self Efficacy Models: Impact on Mathematical Reflective Thingking Ability.” Journal for the Education of Gifted Young Scientists 7 (4): 1123–35.

Insyasiska, Dewi, Siti Zubaidah, dan Herawati Susilo. 2017. “Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi.” Jurnal Pendidikan Biologi 7 (1): 9–21.

Ismi Firdani, Alifia. 2015. “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berorientasi Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas Xi Sma (Development Of Student Activity Sheet Oriented Guided Discovery To Practice Student Critical Thinking Skill On Acid Base Material For Senior High School Grade Xi).” UNESA Journal of Chemical Education 4 (2).

Jatiyasa, I. Wayan. 2019. “Pembelajaran Bahasa Bali Di Era Revolusi Industri 4.0 (Peluang Dan Tantangannya).” Dalam Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya. Vol. 1.

Kurniati, Ida Wahyu, Emi Pujiastuti, dan Ary Woro Kurniasih. 2017. “Model pembelajaran discovery learning berbantuan smart sticker untuk meningkatkan disposisi matematik dan kemampuan berpikir kritis.” Kreano, Jurnal Matematika KreatifInovatif 8 (2): 109–18.

Kusumastuti, Rahmi Puji, Ani Rusilowati, dan Sunyoto Eko Nugroho. 2019. “Pengaruh Keterampilan Berpikir Krtis Terhadap Literasi Sains Siswa.” UPEJ Unnes Physics Education Journal 8 (3): 254–61.

Mahsun, Ali. 2013. “Pendidikan Islam dalam Arus Globalisasi: Sebuah Kajian Deskriptif Analitis.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 8 (2): 259–78.

Manullang, Belferik. 2013. “Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045.” Jurnal Pendidikan Karakter, no. 1.

Marwiyah, Siti, Kamid Kamid, dan Risnita Risnita. 2015. “Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Materi Atom, Ion, dan Molekul SMP Islam Al Falah.” Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember 4 (1).

Maryamah, Eva. 2016. “Pengembangan Budaya Sekolah.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 2 (02): 86–96.

Mukminah, Mukminah, dan Hadi Wijaya. 2015. “Problematika Pengintegrasian Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) 1 (2): 277–89.

Mulyono, Mulyono. 2018. “Keefektifan Metode Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih di Perguruan Tinggi.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 2 (2).

Oviyanti, Fitri. 2016. “Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global.” Nadwa 7 (2): 267–82.

Perdani, Wahyu Setiya Roning, Slamet Santosa, dan Murni Ramli. t.t. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dengan Model Inkuiri pada Materi Sistem Indera.” BIO-PEDAGOGI 8 (1): 52–55.

Pracihara, Biwara Sakti. 2018. “SMK Seni Dalam Konstelasi Revolusi Industri 4.0.” Dalam Seminar Nasional Seni dan Desain 2018, 1–5. State University of Surabaya.

Pratiwi, Fitri Apriani, dan Rahmat Rasmawan. 2014. “Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3 (7).

Pusparini, Defi Intan, Ajat Sudrajat, dan Sehati Kaban. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Model Problem Based Learning Kelas Iv.” Dinamika IPS Sekolah Dasar 1 (1): 1–14.

Putra, Bartolomeus Kristi Brahmantia, Joko Ariyanto, dan Baskoro Adi Prayitno. 2016. “Penerapan Model Konstruktivis-Metakognitif pada Materi Sistem Koordinasi untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA SMA.” Dalam Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 13:169–77.

Rositawati, Dwi Nugraheni. t.t. “KAJIAN BERPIKIR KRITIS PADA METODE INKUIRI.” Dalam Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 3:74–84.

Rusyati, Lilit, dan Nuryani Rustaman. 2013. “Pengembangan Soal Pilihan Ganda Berpikir Kritis Inch Dan Profil Pencapaiannya Di Sma Negeri Kota Bandung Pada Tema Penyakit Manusia.” Jurnal Pengajaran MIPA 18 (1): 124–34.

Septiana, Nurul. 2016. “Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Biologi Tahun Pelajaran 2015/2016 Kelas X dan XI pada Man Sampit.” Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 4 (2).

Setiadi, Hari. 2016. “Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20 (2): 166–78.

Setiawan, Raden Heri, dan Idris Harta. 2014. “Pengaruh pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1 (2): 241–57.

Sumampouw, Herry Maurits. 2011. “Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Genetika (Artikulasi Konsep dan Verifikasi Empiris).” Bioedukasi 4 (2).

Warsiyo, Warsiyo. 2019. “Aplikasi Sistem Penilaian Pencapaian Kompetensi siswa Untuk Guru Mata Pelajaran Dan Wali Kelas Di MTs Negeri 5 Sleman.” Dalam Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika. Vol. 2.

Zubaidah, Siti. 2015. “Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay.” Dalam Prosiding Symposium on Biology Education (Symbion), 200–209.




DOI: https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i2.5327

Article Metrics

Abstract views : 152 | PDF downloads : 90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Biosfer: Jurnal Tadris Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.