Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i2.5406

Akbar Handoko, Nanang Supriadi, Septia Ningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan berpikir Kritis dan Kemampuan ilmiah yang dimiliki oleh setiap individu, pelaksanaan pembelajaran Biologi di kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung masih berfokus pada guru (teacher centered) dan penyajian materi masih bersifat satu arah serta kurang melatih dan membiasakan peserta didik untuk berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design dengan rancangan posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dan kelas IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan strategi pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan berpikir kritis biologi peserta didik kelas XI di SMA Al-Azhar 3 Bandar lampung. Dari hasil penelitian yang diperoleh pada indikator berpikir kritis dengan nilai yang paling tinggi yaitu pada indikator memberikan penjelasan sederhana.


Keywords


Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB); Kemampuan Berpikir Kritis; Sistem Reproduksi Manusia.

Full Text:

PDF

References


Agustiana, Nia, Nanang Supriadi, dan Komarudin Komarudin. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dengan Penerapan Pendekatan Bridging Analogy Ditinjau dari Self-Efficacy.” Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan 7 (1): 61–61.

Amri, Reisa Farida, dan Triani Ratnawuri. 2016. “Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (Sppkb) Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaansiswa Kelas XI Semester Genap SMK Muhammadiyah 2 Metro TP 2015/2016.” PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi 4 (1).

Anisa, A., Joko Waluyo, dan Sulifah Aprilya Hariani. 2013. “Efektivitas Strategi Pemebelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (Sppkb) Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Menggunakan Strategi Synargetic Teaching (Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMP Negeri 10 Jember).” Pancaran Pendidikan 2 (4): 100–110.

Asna, R. Hamidatul. 2014. “Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Inkuiri dengan Siklus Belajar 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis.” Jurnal Penelitian Pendidikan 14 (2).

Berutu, Arfiena Fitria, Ani Sutiani, Angeline Viska Ayurosalia, dan Febiana Wulandari. 2019. “Inovasi Problem Based Learning dengan Strategi Pembelajaran Genius Learning Menggunakan Media Peta Konsep.” Dalam Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2:264–67.

Endang, Sri Endang Sri. 2015. “Penerapan Strategi Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Paradigma Institut 1 (1).

Euis Istianah. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif matematik dengan Pendekatan model electing activities (Meas)pada siswa SMA.” Jurnal Infinity 2.

Gunawan, Imam. 2015. “Strategi Meningkatkan Kinerja Guru: Apa Program yang Ditawarkan oleh Kepala Sekolah.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Karir Tenaga Pendidik Berbasis Karya Ilmiah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 23:305–12.

HASANAH, Umi Nur, Andi Thahir, Komaruddin Komaruddin, dan Rahmahwaty Rahmahwaty. t.t. “MURDER Learning and Self Efficacy Models: Impact on Mathematical Reflective Thingking Ability.” Journal for the Education of Gifted Young Scientists 7 (4): 1123–35.

Kusairi, Sentot. 2012. “Analisis asesmen formatif fisika sma berbantuan komputer.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 16: 68–87.

Mahmuzah, Rifaatul. 2015. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing.” Jurnal Peluang 4 (1).

Mudhofir, Ali, dan Evi Fatimatur Rusydiyah. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif dari teori ke praktik. Raja Grafindo Persada.

Puspaningtyas, Nur Astuti. 2019. “Peningkatan Higher Order Thinking Skills (Hots) Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (Sppkb) Pada Pembelajaran EkonomI.” Jurnal Pendidikan dan Ekonomi 8 (2): 134–41.

Suarsana, I. M. 2013. “Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 2 (2).

Sulistiyawati, Sulistiyawati, dan Cici Andriani. 2017. “Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi berdasarkan perbedaan gender siswa.” WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan 1 (2).

Widodo, Sigit. 2016. “Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Melalui Isu-Isu Sosial Ekonomi Pasca Penggenangan Waduk Jatigede Dalam Pembelajaran Ips Di Smpn 2 Wado Kabupaten Sumedang Kelas VIII C.” International Journal Pedagogy of Social Studies 1 (2): 275–88.

Wina sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Disunting oleh M.Pd Prof.Dr.H.Wina Sanjaya. Pertama. Jakarta: Fajar Interprtama.




DOI: https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i2.5406

Article Metrics

Abstract views : 127 | PDF downloads : 81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Biosfer: Jurnal Tadris Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.