Analisis Kemampuan Berpikir Kritis: Dampak Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Roundhouse

https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i2.5443

Laila Puspita, Rijal Firdaos, Cahaya Istiqomah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis menggunakan pembelajaran creative problem solving dan roundhouse. Studi ini menggunakan metode quasi experimental design dengan desain penelitian posttest-only control design. Populasi dalam studi adalah peserta didik kelas VIII SMP Al-Huda Jati Agung. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D sebagi kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran CPS dan roundhouse dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (DI). Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian uji  tentang kemampuan berpikir kritis diketahui bahwa  karena  maka  ditolak dan  diterima, artinya terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis menggunakan pembelajaran creative problem solving dan roundhouse.

Keywords


Creative Problem Solving; Kemampuan Berpikir Kritis; Roundhouse

Full Text:

PDF

References


Budiana, I. N., Sudana, D. N., & Suwatra, I. I. W. (2013). Pengaruh Model Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswapada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Budiyanto, M. A. K., Waluyo, L., & Mokhtar, A. (2016). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran di pendidikan dasar di Malang. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 13, 46–51.

Eriyanti, E. (2018). Pengaruh Model Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Kemuning Tarik Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9).

Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Umam, R. (2019). Probing-Prompting Based On Ethnomathematics Learning Model: The Effect On Mathematical Communication Skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799–814.

Hasanah, U. N., Thahir, A., Komaruddin, K., & Rahmahwaty, R. (2019). MURDER Learning and Self Efficacy Models: Impact on Mathematical Reflective Thingking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1123–1135. Hayati, N. (2016). Peningkatan Kesadaran Metakognitif Dan Hasil Belajar Siswa Sma Melalui Penerapan Diagram Roundhouse Dipadu Modelpembelajaran Circ. EdHumanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1).

Hindrasti, N. E. K., & Prayitno, B. A. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Metode Eksperimen Disertai Teknik Roundhouse Diagram Dan Mind Map Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa. Inkuiri, 3(2).

Komarudin, K., & Permana, P. T. (2019). LKPD Berbasis Scientific Approach Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 79–91.

Komarudin, K., Sujadi, I., & Kusmayadi, T. A. (2014). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Pengajuan Masalah Matematikaditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013). Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(1).

Maftukhin, M., & Dwijanto, D. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(1).

Malahayati, E. N. (2017). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 4 Blitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 147–158.

Puspita, L., Supriadi, N., & Pangestika, A. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Disertai Teknik Diagram Vee Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Materi Fungi Kelas X Man 2 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 01–12.

Sani, A. H. (2015). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik dan Kaitannya dengan Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Impelementasi Kurikulum 2013. PT Bumi Aksara.

Sari, A. D., & Noer, S. H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1, 245–252.

Septina, N., Farida, F., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tatsqif, 16(2), 160–171. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200

Shoimin, A. (68). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Arruzz media.

Surya, M. (2016). Strategi Kognitif dalam Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Yanti, N. L. M. S. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Educative Games Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Kelas IV Di Gugus IV Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i2.5443

Article Metrics

Abstract views : 72 | PDF downloads : 61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Biosfer: Jurnal Tadris Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.